Tips Sukses Budidaya Ikan Nila Cepat Panen dengan Modal Usaha Kecil

Tips Sukses Budidaya Ikan Nila Cepat Panen dengan Modal Usaha Kecil

Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan primadona dalam dunia perikanan. Setiap tahun jumlah petani budidaya ikan nila selalu mengalami peningkatan secara drastis.

Ikan dengan nama ilmiah Oreochromis niloticus ini merupakan salah satu jenis ikan air tawar. Secara ilmiah, khususnya dalam ilmu taksonomi ikan nila termasuk dalam family Cichlidae, Sub-ordo Percoidea, Ordo Percomorphi, Sub-kelas Acanthoptherigii.

Sebagai ikan konsumsi, ikan nila merupakan salah satu jenis ikan yang paling sering dikonsumsi oleh orang Indonesia. Data statistik menunjukkan, bahwa tingginya tingkat konsumsi ikan nilai menyebabkan permintaan terhadap ikan nila sangat tinggi.

Bagaimana tidak setiap lapak pedagang kali lima (PKL), warung sea food, warung pecel lele, warung lamongan, dan warung lesehan di pinggir jalan, selalu menyajikan ikan nilai bakar sebagai salah satu menu makannya.

Begitu juga dengan Rumah Makan Padang Sederhana dan restoran-restoran besar di berbagai kota yang tidak pernah ketinggalan menyediakan menu makanan ikan nila goreng.

Disisi lain, ketersedian stok ikan nila nasional masih belum dapat mencukupi jumlah permintaan dalam negeri. Bahkan meskipun setiap tahun jumlah produksi ikan nilai naik secara signifikan, para petani ikan dan petambak masih kewalahan memenuhi permintaan ikan nila yang begitu besar.

Melihat kondisi tersebut, peluang bisnis di bidang perikanan menjadi sangat menjanjikan. Terkhusus yang berkaitan dengan ternak ikan nila, maka dapat berpotensi mendatangkan pundi-pundi rupiah yang menguntugkan.

7 Langkah Cara Budidaya Ikan Nila

Pada dasarnya cara budidaya ikan nila tidaklah sesulit cara budidaya jenis ikan hias air tawar. Hanya saja, anda harus paham tentang bagaimana cara pemeliharaan ikan nila yang tepat dan efektif.

Sebagai tambahan informasi, jenis ikan nila yang berkembang di tengah masyarakat dan banyak diketahui khalayak umum adalah jenis ikan nila hitam dan ikan nilai merah.

Namun baru-baru ini, sebagai langkah pernaikan genetik, pemerintah melalui BPPT telah berhasil mengembangkan jenis ikan nilai baru, diantaranya yakni nila ESIT, nila LARASTI, nila JICA, nila BEST, nila NIRWANA, dan nila JATIMBULAN.

Bagi anda yang masih pemula dan baru memulai terjun dalam dunia perikanan Indonesia. Untuk mendapatkan hasil yang panen ikan yang maksimal, silahkan ikuti langkah-langkah cara budidaya ikan nila berikut ini:

 

 

 

Leave a Comment