[Info+] Prospek Bisnis Perikanan dari Budidaya Ikan bagi Pemula

[Info+] Prospek Bisnis Perikanan dari Budidaya Ikan bagi Pemula

Bisnis di dunia perikanan, khususnya di bidang budidaya ikan sedang naik daun akhir-akhir ini. Diluar nelayan tradisional dan para petambak ikan, para pemain baru di bidang budidaya ikan pun bermunculan. Potensi keuntungan yang besar membuat pada pendatang baru tidak henti-hentinya berdatangan.

Berikut, daftar jenis ikan yang paling banyak dibudidayakan dan diternakkan. Jenis ikan-ikan di bawah ini sangat laris di pasaran, karena banyak penikmatnya. Potensi tersebut, sangat potensial dijadikan sebagai sumber mata pencaharian yang menjanjikan hidup mapan dan hidup sukses.

 

Jenis Ikan Air Payau dan Ikan Air Tawar Konsumsi 

Ikan air tawar adalah salah satu jenis ikan konsumsi terpopuler di Indonesia. Cita rasa ikan air tawar juga tidak kalah enak dan lezat dibandingkan dengan ikan laut. Berbagai macam ikan, sangat baik untuk dikonsumsi karena kaya manfaat dan vitamin.

Tingkat konsumsi ikan masyarakat Indonesia, lebih didominasi ikan air tawar karena harga ikan air tawar lebih murah. Sedangkan olahan sepesial dari ikan gurame biasanya berbentuk ikan bakar dan ikan goreng.

Berikut ulasan lengkap tentang jenis ikan air tawar dengan harga mahal yang paling banyak disukai dan diminati pasar domestik dan internasional.

 

Ikan Gurame

gambar-ikan-gurame-cara-budidaya-ikan-gurame-ternak-ikan.gurame
sumber: http://www.ikan.info

Ikan gurame adalah ikan yang paling banyak dijumpai dalam menu makanan restoran. Kualitas gurame yang bagus akan menghasilkan daging yang padat dan gurih rasanya. Jadi jangan kaget, apabila harga ikan gurame mahal.

Di pasar tradisional, ikan gurame biasa dijual dengan kisaran harga sekitar Rp. 25.000;/ kg. Gurame asam manis dan gurame bakar merupakan menu favorit dari olahan spesial daging gurame.

 

Ikan Lele

gambar-ikan-lele-cara-budidaya-ikan-lele-ternak-ikan-lele
sumber: https://minasejahtera.com

Siapa yang tidak tahu dengan ikan ini? Ikan lele sangat terkenal karena kita sangat mudah menemui warung makan yang menjual makanan dengan menu berbahan dasar ikan lele.

Ikan lele menjadi menu masakan yang merakyat. Pada malam hari, hampir disetiap pinggir jalan raya, hampir dapat dipastikan pasti terdapat lapak pedang kaki lima warung pecel lele.

Aneka menu makanan olahan lele yang sangat digemari para pecinta lele diantaranya yakni fillet ikan lele goreng crispy dan pindang ikan lele. Kamu harus rutin makanan ikan ini karena bagus untuk pemenuhan gizi dan menjaga kesehatan tubuh.

Harga ikan lele juga termasuk terjangkau. Pedagang pasar ikan lele biasa menjual ikan lele dengan harga Rp. 24.000;/ kg. Sangat murah apabila dibandingkan dengan kandungan gizi didalamnya, seperti tingginya asam lemak omega-6 tetapi rendah asam lemak omega-3.

 

Ikan Mujair 

gambar-ikan-mujair-cara-budidaya-ikan-mujair-ternak-mujair-mujahir
sumber: http://indonesia-perikanan-tropis-negara-ku.blogspot.co.id

Harga ikan mujair kualitas super masih tergolong cukup murah. Dimana di tempat pelelangan ikan, jenis ikan konsumsi ini biasa dijual dengan harga Rp. 24.500;/ kg.

Habitat ikan mujair ada di daerah sunga dan rawa. Meskipun ikan mujair sangat bergizi dan mempunyai daging empuk yang tebal dan lezat, namun harga ikan murah karena mulai banyak orang yang membudidayakan ikan ini di tambak dan kolam.

 

Ikan Nila 

gambar-ikan-nila-cara-budidaya-ikan-nila-ternak-ikan-nila
sumber: http://mangmolto.blogspot.co.id

Bentuk ikan nila mirip dengan ikan mujahir, jadi seringkali membuat beberapa orang awam salah beli ikan. Kelezatan cita rasa masakan berbahan ikan nilai sangat menggugah selera penikmatnya.

Menurut pengalaman petambak ikan, jenis ikan nila merah dan nilai hitam tergolong mudah dibudidayakan. Harga ikan nila merah pun lebih mahal dibandingkan nilai hitam.

Harga jual ikan nila hitam tergolong masuk dalam kelas menengah kebawah, nilai hitam biasa dijual denga harga Rp. 17.500;/ kg. Sedangkan harga jual nila merah masuk ke dalam kelas papan atas, karena pedagang ikan nilai menjualnya dengan harga minimal sebesar Rp. 27.000;/ kg.

 

Ikan Wader

gambar-ikan-wader-cara-budidaya-ikan-wader-ternak-ikan-wader
sumber: https://commons.wikimedia.org

Siapa yang tidak kenal dengan ikan wader? Permintaan jenis ikan wader termasuk sangat tinggi peminatnya, khususnya bagi penduduk Indonesia dan sebagian besar warga negara Asia Tenggara.

Apabila ekosistem rawa dan sunga di daerah anda masih terawat serta terjaga kealamiannya, maka ikan ini akan dengan mudah ditemukan bahkan bisa ditangkap dengan jaring.

Harga ikan wader biasa di jual oleh para pengepul ikan sejumlah Rp. 17.000;/ kg. Selain dijadikan sebagai ikan asin, beberapa ibu rumah tangga juga sering mengolah ikan wader menjadi lalapan atau sekedar makanan ringan/ camilan (snack).

 

Ikan Bawal

gambar-ikan-bawal-cara-budidaya-ikan-bawal-ternak-ikan-bawal
sumber: http://aquaticessence.com

Jangan sampai salah dalam mengidentifikasi nama ikan diatas, meski bentuk dan warna mirip ikan piranha (jenis ikan ganas/ predator). Ikan bawal sangatlah berbeda sifatnya, sebab tidak termasuk ke dalam jenis ikan pemangsa.

Cara budidaya ikan bawal sering berbarengan satu lokasi dengan udang. Harga bawal tergolong murah. Himpunan petani ikan biasa menjual ikan nilai dneganharga Rp. 13.000;/ kg.

 

Belut Sawah

gambar-belut-sawah-cara-budidaya-belut-sawah-ternak-belut-sawah
sumber: http://jayakartanews.com

Pasti banyak yang belum tahu kalau belut adalah hewan yang termasuk ke dalam jenis ikan, bukan reptil. Ikan berbentuk panjang dan licin ini dipercaya dalam pengobatan cina mempunyai banyak khasiat keguaan.

Pengobatan alternatif biasa memanfaatkan belut sebagai obat pencegah anemia, penambah stamina, sumber protein, dan sebagai obat kanker kulit dan otak, walaupun sebenarnya sangat tidak disarankan karena belum teruji secara medis dan klinis.

Belut termasuk jenis hewan hermaprodit, dimana belut bisa bereproduksi tanpa harus melakukan pembuahan lewat perkawinan. Meskipun begiru, harga belut termasuk tinggi dan mahal, para petani dan pemancing belut biasa menjualnya dengan harga Rp. 237.000;/ kg.

 

Ikan Gabus

gambar-ikan-gabus-cara-budidaya-ikan-gabusr-ternak-ikan-gabus
sumber: http://www.thebaynet.com

Sebagian penduduk daerah luar pulau jawa lebih mengenal jenis ikan gabus dengan sebutan ikan kutuk. Ikan gabus memiliki daya tahan tubuh yang sangat kuat, terbukti ikan gabus dapat bertahan hidup diberbagai tempat dan kondisi.

Hampir di setiap genangan air, kita bisa menemukan ikan jenis ini. Sebab ikan gabus dapat hidup di danau, areal persawahan, bahkan di saluran irigasi air sekitar rumah. Makanan ikan gabus adalah berudu, serangga, dan anak kodok.

Harga ikan gabus sangat murah, sebab jenis ikan ini lebih sering dianggap sebagai hama saat memasuki kolam budidaya ikan mahal.

 

Ikan Patin

gambar-ikan-patin-cara-budidaya-ikan-patin-ternak-ikan-patin
sumber: https://annanatahainz.blogspot.co.id

Ikan patin dalam ilmu tosonomi bahasa ilmiah masih termasuk satu keluarga dengan si kumis lele, hehehe…

Ikan patin memiliki kandungan gizi yang tidak kasih lengkap dibandingkan ikan bandeng, bahkan rasanya pun juga sangat enak. Maka untuk para ibu, jangan lupa untuk menyediakan menu sarapan ini kepada anak anda.

Sang buah hati dijamin akan lahap menyantap hidangan olahan ikan patin anda. Apalagi ikan ini juga cocok diolah dan dimasak seperti cara membuat bandeng presto. Apalagi harga ikan patin cuma Rp. 17.000;/ kg.

 

Jenis Ikan Air Asin

 

 

Ikan Tuna

gambar-ikan-tuna-cara-budidaya-ikan-tuna-ternak-ikan-tuna
sumber: http://www.majalahikan.com

Ciri ikan tuna terdapat pada bagian daging ikan yang berwarna merah merona, ikan ini tidak hanya populer di pasar ikan lokal, tetapi tersohor hingga pasar ikan di seluruh dunia.

Beberapa makanan khas tradisional Indonesia juga sering menggunakan campuran daging tuna lho. Seperti pada campuran sup. bakso. ikan kering. sambal telur balado saus tiram, abon, dan sayur kuah kuning.

Bahkan di Negeri Matahari Terbit (Negara Jepang), tingkat konsumsi ikan tuna penduduk Jepang menjadi yang paing tinggi di dunia. Di Jepang, daging ikan tuna segar biasa diolah menjadi sushi, sashimi, tempura, mie ramen, soba, dan udon.

Karena keistimewaan kualitas dan kayanya kandungan manfaat dari ikan tuna, maka tidak aneh bila kemudian harga ikan tuna sangatlah mahal.

 

Ikan Kerapu 

gambar-ikan-kerapu-cara-budidaya-ikan-kerapu-ternak-ikan-kerapu
sumber: http://serbafresh.com

Jenis ikan kerapu bebek dan kerapu tikus merupakan varian ikan kerapu yang mempunyai harga jual tinggi. Dampaknya, banyak nelayan lokal yang kemudian beralih profesi sebagai petani budidaya ikan kerapu.

Harga ikan kerapu macan di pasar ikan internasional bahkan bisa mencapapai 4 juta rupiah per kilogramnya.

Namun mohon tenang,harga mahal ikan kerapu sepadan dengan kualitas dagingnya kok. Dijamin berbagai masakan olahan ikan keraou dijamin enak dan mantap.

 

Ikan Kakap 

gambar-ikan-kakap-cara-budidaya-ikan-kakap-ternak-ikan-kakap
sumber: http://www.keprifishingclub.com

Sudah tidak perlu diragukan lagi, kalau ditanyakan tentang rasa menu ikan kakap. Ikan kakap putih yang harganya lebih murah saja sudah bisa membuat ketagihan, apalagi ikan kakap merah?

Seperti namanya, ciri ikan kakap merah terletak pada warna sisik yang merah pula. Pada dasarnya, habitat asli  ikan kakap merah berasal dari teluk Meksiko dan samudra Atlantik bagian utara Karibia.

Di pesisir pantai Indonesia sendiri, banyak nelayan yang membudidayakan ikan kakapa, mungkin hal ini diakibatkan karena harga ikan kakap yang mahal di pasar ikan mancanegara.

 

Ikan Tongkol

gambar-ikan-tongkol-cara-budidaya-ikan-tongkol-ternak-ikan-tongkol
sumber: https://lifestyle.okezone.com

Ikan tongkol adalah ikan yang sangat populer dan terkenal bagi berbagai lapisan masyarakat Indonesia. Ikan tongkol bisa dikatakan sebagai contoh jenis ikan khas Indonesia.

Orang asing lebih mengenal ikan tongkol dengan sebutan little tuna, mackerel tuna, false albacore, dan kawakawa. Para nelayan sendiri sering berlayar mencari ikan tuna di daerah perairan Indonesia bagian barat samudra pasifik.

 

Ikan Cakalang (Skipjack Tuna)

gambar-ikan-cakalang-cara-budidaya-ikan-cakalang-ternak-ikan-cakalang
sumber: http://www.ikanricarica.com

Komoditas ekspor berupa ikan calakang merupakan salah satu penopang ekonomi Indonesia. Panjang ikan cakalang dewasa bisa mencapai 1 meter dengan bobot berat rata-rata 18 kilogram.

Ikan cakalang mengandung protein hewani yang tinggi, sehingga bagus untuk menjaga kesehatan jantung anda, terkhusus mencegah serangan jantung dan penyakit jantung koroner. Tak heran jika harga ikan cakalang termasuk mahal.

Bagi sebagian penduduk Indonesia bagian barat, makanan pokok mereka adalah ikan. Seperti makanan khas Maluku dan Manado yang menggunakan olahan ikan cakalang asap sebagai bahan makanannya.

Orang Maluku dan Nusa Tenggara Timur lebih suka mengolah ikan cakalang menjadi ikan asap dan ikan asin kering, selain lebih cocok di lidah hal tersebut juga merupakan salah satu cara mengawetkan ikan.

Sebagai tambahan pengetahuan, orang luar lebh mengenal ikan cakalang dengan nama kausa, turinga, karamojo, kambojo, dan cakalan.

 

Jenis Ikan Hias

 

Ikan Arwana (Scleropages Formonus)

gambar-ikan-arwana-cara-budidaya-ikan-arwana-ternak-ikan-arwana
sumber: http://duniaseputarikanhias.blogspot.co.id

Berbagai jenis ikan hias air tawar dapat kita jumpai di Asia Tengara, termasuk juga wilayah Indonesia. Jenis ikan hias air tawar arwana memiliki nama julukan sebagai ikan naga (dragon fish), sesuai kisah mitologi cerita rakyat Cina.

Bentuk kepala ikan arwana mirip dengan kepala naga, karena memiliki dua sungut (semacam kumis/ antena) yang berada di bawah bibir ikan arwana. Sungut ikan berfungsi untuk mendeteksi mangsa saat berburu hewan lain sebagai makanan.

Berdasarkan hal tersebut, ikan arwana termasuk ke dalam golongan hewan predator atau hewan pemangsa yang ganas.

Habitat ikan arwana berada di perairan Papua dan Kalimantan, khususnya di daerah rawa-rawa pedalaman yang masih berupa hutan belantara. Sebenarnya arwana merupakan salah satu contoh hewan terancam punah.

Ikan arwana termasuk ke dalam jenis hewan langka yang dilindungi, sehingga tidak sedikit orang yang mencoba berbagai metode budidaya ikan arwana. Karena terpesona keunikan dan keindahan ikan arwana, banyak orang ingin memiliki ikan hias air tawar khas Indonesia ini.

Tidak mengherankan, jika kemudian harga ikan arwana sangat mahal. Ikan hias ini sangat cocok dijadikan sebagai sarana investasi dan bisnis yang menggiurkan.

Berikut 5 jenis ikan arwarna termahal yang paling laku dan memiliki nilai jual tinggi, diantranya adalah ikan arwana super red (arwana merah), ikan arwarna cross back golden (arwana emas/ x back golden), ikan arwana golden red/ red tail golden, ikan arwana silver (arwana perak), dan ikan arwana hijau.

 

Ikan Koi (Cyprinus Carpio)

gambar-ikan-koi-cara-budidaya-ikan-koi-ternak-ikan-koi
sumber: https://mediatani.co

Jenis ikan hias air tawar koi berasal dari negerinya doraemon, naruto dan anime one piece, yakni Jepang. Di Jepang, ikan koi dijadikan sebagai lambang pesahabatan dan simbol cinta.

Bentuk tubuh ikan koi, ditunjang dengan warna ikan koi yang terang membuat banyak orang berminat untuk memeliharanya di aquarium maupun kolam ikan di rumah. Harga ikan koi paling tinggi adalah jenis ikan koi bastar.

 

Ikan Louhan

gambar-ikan-louhan-cara-budidaya-ikan-louhan-ternak-ikan-louhan
sumber: http://gambarkeren.co

Ikan louhan merupakan jenis ikan hybrid, ikan jenis baru hasil persilangan ikan cichild. Ikan tersebut sempat booming dan tenar karena warna ikan louhan indah dan menarik, bahkan terkadang beberapa kombinasi warna sisik ikan louhan bisa membentuk sebuah sebuah tulisan unik penuh makna.

Salah satu ciri ikan louhan terdapat pada jenong atau benjolan di bagian kepala ikan. Bahkan dari jenis benjolan di kepala ikan itulah yang menyebabkan harga ikan louhan bisa mencapai harga ratusan juta.

Leave a Comment