3 Cara Mengatasi Depresi Akibat Pekerjaan Secara Sederhana

3 Cara Mengatasi Depresi Akibat Pekerjaan Secara Sederhana

Kehidupan modern sering membuat manusia ibarat mesin, maka tidak aneh apabila cara mengatasi depresi akibat tekanan pekerjaan selalu menjadi topik pembicaraan. Banyak orang mengalami masalah kejiwaan ini, tanpa memandang usia mulai dari yang muda hingga lanjut usia.

Orang-orang seluruh dunia pun sadar akan masalah ini, maka setiap tanggal 10 Oktober selalu diperingati sebagai Hati Kesehatan Jiwa sedunia. Hal ini dilakukan untuk menyadarkan semua orang akan pentingnya memiliki kesehatan jiwa dalam bekerja.

3 Cara Mengatasi Depresi Paling Efektif

Berdasarkan data Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/ WHO), terdapat 300 juta orang di dunia yang mengalami depresi. Bahkan 260 juta orang diantanya mengalami rasa cemas yang berlebihan hingga mengganggu aktivitas keseharian mereka.

Tuntutan pekerjaan menjadi salah satu penyebab utama meningkatnya angka penderita depresi. Tidak main-main, angka gangguan mental dan bunuh diri terutama bagi para pekerja di dunia kreatif selalu naik setiap tahunnya.

Oleh sebab itu, jangan pernah menyepelekan masalah psikologi yang kalian alami. Cobalah beberapa cara mengatasi depresi berikut ini, jadikan hidup penuh makna dan cerita.

Konsultasi Dengan Dokter Ahli Kejiwaan

gambar-konsultasi-dokter-cara-mengatasi-depresi
Konsultasi by med.stanford.edu

Depresi adalah salah satu jenis penyakit kejiwaan yang paling banyak dialami orang modern. Penyakit ini tidak hanya menyerang orang tua, bahkan banyak juga penderita depresi dari kalangan pelajar. Penyebab depresi pun sangat beragam, bisa disebabkan karena jam belajar yang terlalu padat, kegagalan dalam pernikahan, hingga tekanan pekerjaan.

Sayangnya banyak penderita penyakit ini yang kurang memperhatikan masalah yang sedang dialami. Kebanyakan penderita depresi menganggap apa yang dialami merupakan suatu hal yang wajar, sehingga tidak mendapatkan penanganan medis.

Padahal depresi bisa sangat mengganggu dan bisa berakibat fatal apabila tidak ditangani sesuai prosedur yang ada. Mulai dari tidak bisa beraktifitas secara normal, hingga menjadi gila. Maka penting bagi mereka yang sering mengalami depresi untuk melakukan tes kepribadian dan tes kejiwaan ke psikiater terdekat.

Psikiater akan bisa memberikan solusi yang tepat terkait dengan masalah yang dihadapi pasien. Pemberian obat anti depresan dan psikoterapi disesuaikan berdasarkan tingkat kebutuhan dan jenis depresi yang dialami pasien bersangkutan.

Jaga Mood Hati Selalu Bahagia

Tekanan pekerjaan sangat sering menjadi penyebab utama timbulnya beban pikiran. Maka tidak aneh apabila banyak pekerja kantoran yang terganggu mood psikologinya, bahkan hingga mengalami depresi.

Jangan pernah menyepelekan masalah tersebut. Mood dan depresi selalu berbanding lurus dengan kuantitas dan kualitas hasil pekerjaan kita. Jangan biarkan pekerjaan kacau balau akibat kita tidak bisa bekerja secara optimal.

Cobalah luangkan waktu sebentar untuk tertawa. Bersenda gurau atau melakukan hal-hal konyol bersama kawan dan orang terdekat sangat efektif mengatasi badmood pada diri. Meski terkesan sepele, jangan pernah remehkan manfaat tertawa.

“Selain membuat tubuh menjadi rileks, tertawa juga bisa membantu menurunkan tingkat stres seseorang.”

Berikut tips untuk kalian yang merasa kesulitan untuk tertawa secara lepas:

  • Menonton cuplikan video lucu, meski hanya sebentar.
  • Ngobrol bersama rekan kerja mengenai hal-hal yang bisa menghibur.
  • Mengingat kembali hal-hal konyol yang pernah dilakukan.

Dengarkan Musik atau Lagu Favorit

Sudah sejak lama, alat musik digunakan sebagai media alat terapi anti depresi. Berdasarkan berbagai penelitian, mendengarkan musik menjadi salah satu cara mengatasi depresi terbaik yang paling murah dan mudah.

Sudah banyak yang membuktikan, memutar musik yang disenangi terbuktik ampuh merileksasi pikirian. Bahkan musik yang disertai dengan lagu-lagu yang memuat pesan positif, efektif meningkatkan mood untuk bekerja. Sayangnya masih banyak orang yang belum sadar akan manfaat musik, terutama dalam menjaga kesehatan jiwa.

“Musik tidak hanya bisa mempengaruhi jiwa (pikiran) para pendengarnya, namun juga aspek fisik (tubuh) mereka. Maka jangan heran, apabila banyak orang yang memilih menggunakan musik sebagai salah satu cara mengatasi depresi selain berobat ke psikiater”

Perbanyak Meditasi (Mendekatkan Diri Kepada Tuhan)

cara-mengatasi-depresi-dengan-dekat-kepada -allah
Ibadah by nu.or.id

Tubuh dan jiwa manusia bukanlah mesin yang bisa diforsir untuk bekerja terus selama 24 jam nonstop. Tubuh dan jiwa yang kekurangan waktu istirahat akan membuatnya tidak bisa beraktifitas secara maksimal. Oleh karena itu, sangat penting menjaga kesehatan jiwa dan raga demi hidup yang produktif.

Lakukan meditasi secara rutin minimal 15 menit dalam sehari sudahlah cukup. Meditasi sangat baik untuk rileksasi, menambah kenyamanan tubuh dan mengurangi depresi.

Cara meditasi yang paling powerfull adalah dengan beribadah kepada Allah S.W.T.. Ibadah akan mendekatkan diri kita kepada Tuhan, sehingga kita bisa lebih menerima dan bersyukur terhadap segala sesuatu yang dihadapi.

“Cobalah lakukan cara ini secara rutin sebelum mulai bekerja. Rasakan hari-hari yang penuh cinta dan terbebas dari stres di tempat kerja”

Leave a Comment