Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Medis Dan Alami

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Medis Dan Alami

Cara Mengatasi Rambut Rontok – Masalah rambut rontok adalah hal biasa yang sering terjadi pada setiap orang. Walaupun wajar, masalah ini tidak boleh disepelekan. Rambut rontok yang tidak tertangani secara tepat, justru bisa membuatnya semakin parah dan menjadi pemicu kebotakan.

Ketika rambut sudah menjadi petak atau botak, maka diperlukan kerja ekstra untuk menyembuhkannya seperti sedia kala.

Maka patut bagi kita untuk mengetahui cara-cara yang bisa digunakan untuk mencegah atau bahkan mengobati berbagai masalah rambut. Rambut yang sehat dan indah adalah dambaan setiap orang. Karena rambut akan menjadi salah satu penunjang kesempurnaan tampilan diri kita.

Tips Cara Mencegah Rambut Rontok

gambar-cara-mencegah-rambut-rontok
sumber: http://alexandersdayspa.com/

Rambut rontok adalah suatu hal yang biasa terjad, tetapi tidak boleh disepelekan begitu saja. Rambut rontok yang parah, bahkan bisa memicu tekanan psikologis atau stes bagi orang yang mengalaminya. Mereka khawatir, kerontokan yang terjadi terus berlanjut hingga mengarah menjadi pitak atau bahkan kebotakan.

Disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter, apabila ditemukan rambut rontok di luar kebiasaan. Langkah ini berguna agar kerontokan rambut tidak semakin parah dan mendapatkan tindakan penanganan secara tepat dan cepat.

Langkah untuk bersegera berkonsultasi dengan dokter juga memiliki banyak manfaat. Diantaranya kita menjadi bisa mengantisipasi adanya kemungkinan kondisi medis tertentu yang menyebabkan rambut rontok.

Pada kondisi normal, kasus penyebab rambut rontok tidak mesti berasal dari faktotr eksternal. Tidak jarang rambut rontok justru disebabkan oleh faktor internal, yaitu disebabkan oleh kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh orang yang mempunyai masalah rambut rontok.

Berusalah untuk melakukan berbagai cara mengatasi rambut rontok mulai dari yang mudah dan bisa segera anda lakukan. Berikut, beberapa kebiasaan yang bisa membantu anda untuk mencegah dan mengatasi masalah rambut rontok tanpa bahan kimia.

  • Hindari model penataan rambut yang mengharuskan rambut diikat dengan kencang, seperti dikucir atau dikepang.
  • Hindari kebiasaan memuntir atau menarik-narik rambut.
  • Sisir rambut dengan halus
  • Gunakan sisir bergerigi jarang, agar rambut tidak mudah kusut dan rontok.
  • Hindari menggosok rambut terlalu keras ketika keramas.
  • Hindari penggunaan alat-alat elektronik khusus tata rambut secara berlebihan, seperti hair dryer dan catok.
  • Menjaga pola makan gizi seimbang.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Bantuan Medis

gambar-solusi-cara-mencegah-rambut-rontok-secara-medis
sumber: https://menhairstyleslab.com

Mengatasi rambut dengan bantuan medis adalah pilihan cara dalam mengatasi ranbut rontok yang sering dilirik oleh banyak orang. Cara ini dipilih karena dinilai lebih efektif serta mampu memberikan hasil yang bisa dilihat dalam waktu yang singkat.

Perlu menjadi perhatian, bahwa dalam setiap tindakan medis pasti tidak bisa dilepaskan dari penggunaan bahan kimia sintesis. Bahan ini pada dasarnya bersifat asing bagi sistem metabolisme tubuh. Maka tidak jarang, penggunaan bahan kimia sering kali menimbulkan efek samping sebagai bentuk reaksi penolakan oleh tubuh.

Berikut beberapa metode yang bisa anda pilih, untuk mengatasi masalah rambut dengan bantuan medis. Pertimbangkan pula potensi efek samping yang bisa terjadi, sebelum memutuskan untuk menggunakan jenis metode tertentu.

1. Tato Atau Sulam Rambut

gambar-sulam-rambut-cara-mengatasi-rambut-rontok
sumber: http://hairocraft.com

Cara mengatasi rambut rontok dengan bantuan medis terbaik yang ada hingga saat ini adalah dengan menggunakan metode tato rambut. Proses kerja metode ini mirip dengan sulam alis. Yaitu merangsang pertumbuhan rambut. Dalam dunia kedokteran, metode tato rambut atau sulam rambut ini disebut dermatografi.

Tato rambut ini sangat efektif mengatasi masalah rambut rontok, baik pada wanita maupun pria. Bahkan tato rambut juga efektif utuk mengatasi masalah kebotakan pada pria.

Metode untuk mengatasi rambut rontok ini sangat diminati, meski biaya yang dibutuhkan untuk untuk setiap terapi tergolong mahal. Berikut beberapa penyebab metode tato atau sulam rambut sangat diminati masyarakat.

  • Hasil tato atau sulam rambut dapat dilihat dalam waktu yang singkat.
  • Hasil tato atau sulam rambut dapat bertahan dalam kurun waktu yang lama.
  • Persentase tingkat kegagalan metode tato atau sulam rambut sangat kecil.

2. Terapi Sinar Ultraviolet

gambar-terapi-sinar-ultraviolet-cara-mencegah-rambut-rontok
sumber: https://depositphotos.com

Rambut yang lembab pada wanita, termasuk para wanita berjilbab sangat berpotensi menjadi penyebab rambut rontok. Penanganan masalah yang tidak tepat, justru bakal mempermasalah kerontokan rambut yang terjadi.

Banyak metode penanganan rambut rontok yang bisa dilakukan, tergantung dengan kondisi dan tingkat keparahannya. Salah satu metode yang bisa dilipih sebagai cara mengatasi rambut rontok adalah dengan terapi sinar ultraviolet.

Sebelum diterapi, bagian kulit kepala pasien akan diberi obat psoralen untuk meningkatkan tingkat sensitivitas kulit terhadap sinar. Terapi sinar ultraviolet dilakukan dengan cara memberikan radiasi paparan sinar UV A dan UV B pada bagian kulit kepala yang bermasalah.

Cara mengatasi rambut rontok menggunakan metode penyinaran ultraviolet masih jarang dilakukan. Biaya yang cukup mahal menjadi salah satu penyebabnya. Bahkan waktu yang diperlukan untuk melihat hasil dari terapi secara maksimal dibutuhkan waktu hingga satu tahun.

Banyak pasien masalah rambut rontok kurang tertarik dengan metode terapi sinar ultraviolet, alasan tersebut didasar oleh beberapa hal berikut:

  • Perhitungan antara biaya dengan waktu penyembuhan dinilai tidak seimbang.
  • Menimbulkan efek mual.
  • Pigmen kulit akan berubah.
  • Berpotensi meningkatkan risiko kanker kulit.

3. Imunoterapi

gambar-imunoterapi-cara-mengatasi-rambut-rontok
sumber: https://www.medicalnewstoday.com

Imunoterapi bisanya diberikan pada pasien yang sudah menglami kerontokan rambut dalam kategori sangat parah. Terapi ini terbukti efektif untuk digunkan sebagai salh satu cara mengatasi rambut rontok yang sudah mulai menjurus menjadi pitak atau bahkan kebotakan.

Imunoterapi adalah jenis obat oleh oles yang berguna untuk meningkatkan kesenstivifan kulit. Obat ini mengandung diphencyprone (DPCP) dan termasuk ke dalam kategori obat keras. Oleh sebab itu, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum menggunakannya.

Penggunaan imunoterasi adalah cukup dengan mengoleskannya pada bagian kulit kepada yang bermasalah (pitak atau botak). Karena tergolong jenis obat keras, maka selama 24 jam setelah pengoelesan, bagian yang diobati harus dilindungi dari paparan sinar matahari. Hasil akan mulai terlihat setelah rutin melakukan terapi selama 12 minggu.

Sebagai obat keras, pasti imunoterapi memiliki efek samping. Efek ini harus menjadi perhatian para penggunanya, agar tidak kaget dan panik ketika efek tersebut muncul.

  • Menyebabkan vertigo.
  • Perubahan pigmen kulit.
  • Ruam pada kulit.
  • Berhenti terapi bisa menyebab dermatitis bahkan memperparah kerontokan.

4. Terapi Steroid

gambar-kortikosteroid-topical-cara-mengatasi-rambut-rontok
sumber: http://www.india.com

Terapi steroid adalah salah taru cara mengatasi rambut rontok paling efektif. Sayangnya, terapi jenis ini tidak bisa dilakukan secara suka-suka atau sembarangan. Hanya orang dengan kriteria tertentu saja yang diperbolehkan menggunakan terapi steroid untuk mengatasi masalah rambut rontok.

Terapi steroid hanya dianjurkan bagi mereka yang mengalami masalah rambut rontok akibat efek autoimun dari sindrom alopesia areata.

Autoimun adalah keadaan dimana tingkat kekebalan tubuh seseorang terlalu tinggi. Akibatnya, berdampak pada terganggunya sistem kinerja bagian tubuh lainnya. Sedangkan alopesia areata adalah keadaan dimana akar rambut rusak akibat adanya kekeliruan fungsi kinerja dar kekebalan tubuh.

Kerontokan rambut akibat alopesia areata hanya bersifat sementara (temporer). Rambut penderita akan kembali tumbuh normal setelah satu tahun sembuh dari alopesia areata.

Dalam kasus ini, terapi streroid bertujuan untuk menekan kinerja kekebalan tubuh penderita agar bisa kembali menjadi normal. Selain menekan kekebalan tubuh, penggunaa steroid juga efektif untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Jenis steroid yang biasa digunakan dalam terapi rambut rontok adalah steroid jenis kortikosteroid. Larutan kartikosteroid dinilai sebagai jenis streroid yang paling efektif untuk mengatasi pitak atau kebotakan.

Terapi kartikosteroid bisa dilakukan dengan dua acara, dioles langsung pada bagian kulit dan dengan cara disuntikan.

Kortikosteroid topical adalah jenis produk dari kortikosteroid oles. Streroid jenis ini, berupa obat dengan bentuk krim atau salep. Durasi pemakaian obat, untuk mendapatkan hasil yang memuaskan sesuai harapan adalah selama 3 hingga 4 bulan.

Terapi kortikosteroid tidak disarankan untuk diaplikasikan pada bagian wajah, sebab akan membuat kulit menipis dan berjerawat. Efek lain yang biasa timbu dari terapi steroid adalah timbulnya rasa nyeri pada bagian yang disuntuk steroid hingga terjadinya penipisan kulit kepala.

5. Mengkonsumsi Tablet Finasterida

gambar-tablet-finasterida-cara-mengatasi-rambut-rontok
sumber: https://www.anabolic-steroids.biz

Finasterida adalah jenis obat yang sangat terkenal untuk mengatasi masalah rambut, khususnya masalah kebotakan pada pria. Obat ini bekerja dengan cara mencegah perubahan hormon testosterone menjadi dihydrotestosterone (DHT). Dimana hormon dihydrotestosterone (DHT) inilah yang menjadi penyebab terjadinya kebotakan.

Obat ini kurang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh wanita, khususnya wanita hamil. Hasil akan terlihat setelah 3-6 bulan pemakaian.

Banyak pria yang berhasil mengatasi masalah kebotakan rambut yang mereka alami. Kebanyakn dari mereka juga tidak merasakan efek samping dari penggunaan obat ini. Tetapi penggunaan finasteride tetap harus digunakan seara hati-hati. Karena dalam brosur tertulis bahwa efek samping finasteride bisa mengakibatkan penurunan gairah seks, disfungsi ereksi, hingga potensi kanker prostat.

6. Akupuntur Rambut

gambar-akupuntur-rambut-cara-mengatasi-rambut-rontok
sumber: http://penumbuhanrambut.com/

Akupuntur adalah metode pengobatan alternatif tradisional yang berasal dari daratan Cina. Pengobatan ini telah dikenal sejak ratusan tahun lalu dan dipercaya dapat mengobato berbagai macam penyakit.

Akupuntur rambut adalah salah satu metode cara mengatasi rambut rontok yang paling diminati. Akupuntur rambut dinilai sebagai pengobatan yang nyaris tanpa efek samping, karena bersifat alami.

Akupuntur pada bagian kulit kepala akan membuat peredaran darah menjadi lancar. Peredaran darah yang lancar disertai hormon tubuh yang seimbang, akan memperbaiki kemampuan rambut dalam menyerap nutrisi.

7. Terapi Oles Minoxidil

gambar-minoxidil-cara-mengatasi-rambut-rontok
sumber: http://www.rogaine.com

Minoxidil adalah obat yang sangat terkenal dalam dunia perambutan. Mulai digunakan sebagai solusi rambut rontok, masalah kebotakan, hingga digunakan sebagai salah satu cara menumbuhkan brewok maupun rambut-rambut pada bagian tubuh lainnya.

Minoxidil bisa digunakan oleh semua kalangan, baik pria maupun wanita. Kandungan dalam minoxidil khusus pria dan pria juga berbeda. Untuk pria biasanya menggunakan produk yang mengandung 5% minoxidil, sedangkan pada wanita hanya terkandung 3% minoxidil.

Produk ini tidak disarankan oleh mereka yang masih berusia dibawah 18 tahun. Digunakan dengan ara dioleskan pada bagian yang bermasalah 2 kali sehari. Pada umumnya hasil sudah terlihat signifikan setelah 3 bulan pemakaian.

8. Transplantasi Rambut

gambar-transplantasi-rambut-cara-mengatasi-rambut-rontok
sumber: http://wsbuzz.com

Transplantasi rambut adalah salah satu cara dalam mengatasi rambut rontok dengan cara mencangkok rambut. Metode ini sangat diminati oleh banyak pasien masalah rambut. Sayangnya kebanyakan dari mereka belum bisa melakukannya, karena terkendala biaya transplantasi rambut yang tinggi.

Transplantasi rambut dilakukan dengan cara melakukan operasi kecil pada bagian kulit kepala. Sebagian kecil bagian kulit kepala yang masuh sehat dan subur akan rambut akan diambil, kemudian dicangkokkan pada bagian kulit kepala yang bermasalah.

Proses transplantasi dilakukan secara bertahan bagian per bagian, dengan jeda antar operasi sekitar 9 bulan hingga 1 tahun. Efek dari metode ini yaitu sama seperti efek tindakan operasi pada umumnya, yaitu risiko infeksi dan pendarahan.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

gambar-cara-mengatasi-rambut-rontok-secara-alami
sumber: https://www.thedailyfashioninspiration.com

Rambut adalah salah satu bagian tubuh terpenting bagi setiap manusia. Khusus bagi wanita, rambut dianggap sebagai sebuah mahkota yang bakal memepercantik penampilannya.

Prokuk perawatan rambut pun sangat beragam jenisnya, sangat banyak bak jamur tumbuh di musim hujan Meski produk perawatan rambut bisa dengan mudah diperoleh. Namun masih banyak orang yang memilih menggunakan produk alami untuk merawat mauoun mengatasi masalah rambut.

Produk alami atau herbal dipilih karena dinilai lebih aman dari efek samping, selain itu juga terbukti efektif hasilnya. Berikut beberapa tips mengatasi rambut rontok menggunakan berbagai macam bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar kita.

1. Minyak Kemiri

gambar-minyak-kemiri-cara-mengatasi-rambut-rontok
sumber: http://blog.lezatacademy.com

Kemiri adalah jenis tumbuhan yang sering dimanfaatkan sebagai bahan rempah atau untuk diambil minyaknya. Minyak kemiri sudah sangat melegenda sebagai solusi masalah seputar rambut.

Kandungan zat aktif dalam minyak kemiri akan mambantu menjaga kesehatan rambut, menghitamkan rambut, sekaligus mengatasi masalah rambut rontok. Selain itu, minyak kemiri juga terbukti mampu merangsang pertumbuhan rambut pada bagian kulit kepala.

Cara menggunakan minyak kemiri cukup dengan mengoleskannya pada bagian rambut dan kulit kelapa. Tunggu sekitar 15-30 menit, sebelum akhirnya rambut dibersihkan atau keramas menggunakan shampoo.

2. Lidah Buaya (Aloe Vera)

gambar-lidah-buaya-cara-mengatasi-rambut-rontok
sumber: https://www.news18.com

Lidah buaya adalah tumbuhan asal Afrika yang sudah sangat terkenal memiiki banyak manfaat. Lidah buaya sering digunakan sebagai penyubur rambut, membantu merawat kulit, dan penyembuh luka.

Beberapa hasil penelitian, menemukan bukti bahwa lidah buaya mengandung banyak komponen yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Lidah buaya kaya akan enzim, asam amino, vitamin, mineral dan zat lain yang bermanfaat bagi tubuh.

Berkaitan dengan masalah seputar rambut, manfaat lidah buaya tidak hanya untuk mengatasi rambut rontok dan menghilangkan ketombe sahat. Senyawa aktif dalam kandungan lidah buaya juga bisa menguatkan akar rambut, menghitamkan serta membuat rambut berkilau.

Cara menggunakan lidah buaya untuk mengatasi masalah rambut, dumulai dengan membersihkan rambut terlebih dahulu. Setelah rambut bersih dan kering, usapkan lendir yang terdapat pada bagian daging lidah buaya secara merata pada bagian rambut dan kulit kepala. Biarkan selama  sekitar 15 menit, sebelum dibilas. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu.

3. Minyak Zaitun (Olive oil)

gambar-minyak-zaitun-cara-mengatasi-rambut-rontok
sumber: https://lifestyle.okezone.com

Zaitun adalah salah tumbuhan yang beberapa kali disebutkan di dalam kitab suci Al-Qur’an. Baik zaitun maupun minyak zaitun sama-sama mempunyai banyak khasiat.

Manfaat minyak zaitun bisa dirasakan mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki.

Untuk mengatasi masalah rambut rontok, cukup oleskan secara merata 1 sendok makan minyak zaitun ke bagian kulit kepala. Jangan lupa oleskan secara merata mulai dari bagian kulit kelapa, pangkal rambut, hingga ke bagian ujung rambut.

Penggunaan minyak zaitun akan lebih efektif, apabila dibarengi dengan pijatan lembut pada bagian kepala saat proses pengobatan. Sebelum rambut dibersihkan, biarkan  sekitar 30 menit supaya kandungan minyak zaitun dapat terserap secara sempurna oleh bagian kulit kepala dan rambut.

Leave a Comment