Info Bisnis Sampingan+ | Contoh Kerajinan Tangan Unik Dari Bambu Paling Diminati Pasar Domestik Dan Internasional

Info Bisnis Sampingan+ | Contoh Kerajinan Tangan Unik Dari Bambu Paling Diminati Pasar Domestik Dan Internasional

Bambu adalah bahan material alami dari alam yang memikili sifat karakteristik lentur dan kuat, sehingga mudah untuk diotak-atik dan bentuk. Kerajinan dari bambu sendiri sangat beragam macamnya.

Tanaman bambu meupakan salah satu jenis tanaman yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Kondisi iklim dan letak geografis yang strategis, sangat mendukung perkembangan dan persebaran bambu dengan mudah dan cepat.

Bahkan ketika anda mahir dan kreatif dalam mengolah bambu, dan bisa menciptakan beraneka bentuk kerajinan yang unik dan memiliki nilai fungsional. Karya seni yang anda hasilnya pasti memiliki nilai jual yang tinggi.

 

Contoh Kerajinan Tangan Dari Bambu    

Leluhur bangsa Indonesia sangat pandai dalam memanfaatkan tanaman bambu yang tumbuh subur di sekitar mereka. Tanaman ini dkebal sejak zaman dahulu memiliki banyak kegunaan.

Secara turun-temurun, tanaman bambu muda telah dimanfaatkan sebagai bahan makan yang bergizi dan lezat. Sedangkan batang bamboo yang sudah tua dijadikan sebagai alat bantu kehidupan sehari-hari, mulai dibuat menjadi alat masak hingga dijadikan sebagai salah satu senjata utama selama perang melawan penjajah.

Batang bambu yang bersifat lentur menjadi salah satu alasan tumbuhan ini dipilih untuk digunakan sebagai bahan baku pembuatan kerajinan tangan. Selain itu, kerajinan tangan dari bambu akan menambah keunikan dari karya seni yang dihasilkan, meskipun pengerjaannya tidak bisa dibilang mudah.

 

Gelas dari Bambu

Gelas adalah salah satu jenis perobotan rumah tangga yang vital. Sebab semua orang pasti memiliki kebutuhan minum setiap harinya.

Banyak orang yang mengkoleksi gelas, khusnya gelas dengan model bentuk unik dan memiliki nilai estetika tinggi. Gelas tersebut biasanya akan digunakan ketika ada tamu atau orang penting datang berkunjung ke rumah.

Gelas dari bambu sendiri mempunyai tingkat kuinikan yang tinggi, selian itu hanya sedikit orang yang punya. Tidak aneh, apabila kemudian banyak orang yang pingin mengkoleksi gelas dari bambu sebagai koleksi pelengkap perabotan rumah tangga mereka.

Jika anda ingin membuat sendiri gelas dari bambu, atau ingin mendalami proses produksi gelas bambu, berikut kami jelaskan langkah-langkah proses pembuatannya:

 

Cara Membuat Gelas Dari Bambu

Alat Dan Bahan:

  • Batang bambu yang sudah tua
  • Kuku bambu (cincin pemisah bambu)
  • Gergaji
  • Cutter atau pisau potong
  • Amplas
  • Cat
  • Aksesoris penghias sesuai selera

Cara Pembuatan:

  1. Keringkan beberapa batang bambu yang sudah tua (sesuai jumlah bambu dengan kebutuhan).
  2. Dari kumpulan bambu yang telah dijemur beberapa hari, pilih bambu yang berkualitas terbaik. Bambu yang jelek atau terlalu muda, biasanya akan mengemes setelah dijemur beberapa hari.
  3. Pilih dan potong pada bagian bawah yang terdapat kukunya. Kuku bambu sering dikenal juga sebagai cincin pemisah bambu, atau kalau dalam bahasa Jawa disebut “ros pring”.
  4. Ukuran panjang potongan bambu harus disesuaikan dengan ukuran tinggi gelas yang kamu inginkan.
  5. Setelah dipotong, kamu akan mendapatkan potongan batang bambu dengan bentuk dan ukuran yang hampir sama dengan gelas pada umumnya. Pada tahap ini sebenarnya potongan bambu sudah bisa digunakan sebagai temapt minum.
  6. Percantik potongan bambu dengan cara dihaluskan pada bagian luar dengan amplas. Hal ini akan mempermudah kamu dalam proses pengecatannya nanti.
  7. Setelah halus, tambahkan nilai seni pada gelas bambu dengan ukiran, kamu bisa menambahkan ukiran bunga, nama, mupun ornament lannya pada bagian mulut dan badan gelas.
  8. Percantik gelas bambu anda dengan cat warna-warni.
  9. Oiya, jangan lupa juga untuk menghaluskan bagian dalam gelas menggunakan amplas atau bantuan mesin gerinda.
  10. Setelah semua proses selesai, keringkan gelas selama beberapa hari. Gelas dari bambu pun siap anda gunakan dan pasarkan.

 

Kerajinan  Lampion, Kap Lampu Kamar, dan Lampu Hias Dari Bambu

Bagi sebagian orang, mungkin ide pengolah batang bambu menjadi lampu hias ini terdengar sedikit aneh dan lucu. Sebab pada zaman dahulu, orang-orang lebih sering memanfaatkan batang tanaman bambu sebagai obor (alat bantu penerangan tradisional).

Fungsi dari ide pembuatan lampu hias dar bambu, sebenarnya juga tidak terlalu jauh berbeda dengan fungsi dasar obor, sama-sama sebagai alat penerangan. Hanya saja lebih terkesan modern, dan memiliki nilai seni tinggi serta unik.

Desain unik dengan kesan mewah, dimana harga yang ditawarkan relatif murah. Menjadi penyebab jumlah permintaan pasar akan barang produk kap lampu, lampu kamar dan lampu hias dari bambu terus naik.

Para pengrajin dan pengusaha seharusnya jeli untuk melihat potensi peluang usaha yang menjajikan ini.

 

Cara Membuat Kap Lampu Kamar Hias Dari Bambu

Alat Dan Bahan:

  • Batang bambu dewasa berukuran besar
  • Lampu tertentu lonjong atau menyesuain desain yang telah dibuat.
  • Tali tambang atau rantai berukuran kecil
  • Penutup karet

Cara Pembuatan:

  1. Potong batang bambu untuk dijadikan rumah lampu.
  2. Bambu yang dipotong untuk dijadikan rumah lampu haruslah memiliki ukuran yang cukup besar agar muat dimasuki lampu.
  3. Pilih lampu yang sesuai dengan ukuran diameter potongan bambu rumah lampu.
  4. Gunakan tali tambang atau rantai berukuran kecil sebagai pengerat karet.
  5. Sambungkan kap lampu kamar hias dengan kabel dan pasang pada lokasi yang diinginkan.

 

Ayunan Kayu

Kerajinan mainan ayunan dari bambu bisa menjadi alternatif hiburan murah meriah yang menyenangkan bagi keluarga. Selain asik untuk bermain anak, kerajinan ayunan bambu ini juga bisa menjadi hiasan dekorasi taman yang menarik.

 

Boneka Bambu

Contoh kerajinan tangan boneka dari bambu adalah jenis kerajinan boneka hasil inovasi masyarakat Jepang. Rakyat Jepang memang sudah mahsyur sebagai pioner inovator, tidak hanya di bidang teknologi namun juga kerajinannya.

Kerajinan boneka bambu bahkan dijadikan sebagai oleh-oleh khas Jepang. Meskipun cara membuat boneka bambu sederhana, tidak sesulit jika dibandingkan membuat boneka dari kerajinan kain flanel. Tetapi setiap pengunjung selaku membeli barang ini ketika mereka berkunjung ke Negeri Sakura.

 

Gitar dari Bambu

Siapa yang tidak tahu gitar. Alat musik petik ini sangan popular bagi semua kalangan masyarakat, baik yang bisa bermain gitar maupun mereka yang hanya menjadi pendengar setia saja.  Bahan dasar pembuatan alat musik gitar pada umumnya terbuat dari kayu pohon nangka.

Namun seiring dengan pesatnya perkembangan ilmu sen kriya. Sekarang kita bisa dengan mudah menemukan alat musik gitar yang terbat dari bambu. Hebatnya lagi, semua mengakui bahwa gitar bambu ternyata memiliki suara yang lebih merdu dan nyaring dibandingkan gitar dari kayu pohon.

Kelemahan gitar bambu hanya ada satu, yaitu harga jualnya masih terbilang tinggi. Harga jual gitar bambu mahal, karena masih sedikitnya jumlah yang bisa diproduksi, dan terbatasnya orang yang memiliki jiwa seni tinggi untuk turut membuat gitar dari bambu.

 

Pot Bunga dari Bambu

Pekarangna rumah yang ditanami berbegai jenis tanaman tumbuh-tumbuhan hijau akan membuat rumah anda terkesan tampak asri. Apalagi ketika bunga dan tanaman yang ada anda ditanam pada pot bambu, maka tanaman hias di taman anda akan lebih terlihat tersusun rapi. Anda bisa bersantai, membaca buku, dan menikmati secangkir teh atau kopi.

 

Vas Bunga dari Bambu

Vas bunga terkenal sebagai barang yang cukup mahal, terlebih vas yang berukuran besar dan buatan industri pabrikasi Cina. Jika itu adalah masalah yang yang menjadi kendalamu. Cobalah menggunakan alternatif vas bunga dari bambu.

Produk kerajinan vas bunga ini bisa kamu peroleh dengan mudah di berbagai toko online. Bisa juga kamu produksi sendiri. Cara membuat vas bunga dari bambu pun terbilang mudang dan simpel.

Untuk kamu yang senang melakukan berbagai kreasi seni, tambahan ukiran bisa kamu tambahkan pada kerajinan bambu ini. Vas bambu dengan tambahan ornamen ukir dan lukis akan menjadi sangat indah dan keren ketika diletakkan di meja pojok ruangan.

 

Kotak Pensil dari Bambu

Tempat pensil dari bambu adalah jawaban penuh kreasi dari kebanyakan kotak pensil yang proses pembuatannya selalu tepaku dengan bahan plastik dan kaleng  seperti yang ada di pasaran.

Jika kamu ingin menciptakan suatu hal yang berbeda, maka kamu bisa mencoba membuat kotak pensil dari bambu. Ide seni kriya ini pasti akan menjadi sebuah karya kerajinan yang sangat unik dan natural, sebab cara membuat kotak pensil dari bambu juga tidak bisa dianggap ringan dan mudah.

 

Bingkai Foto dari Bambu

Figura foto dari kerajinan bambu sebenarnya sudah tidak asing lagi bagi sebagian anak muda. Kerajinan bingkai foto sangat diminati pasar domestik dan internasional.

Pemanfaatan kerajinan bingkai pada sebuah foto akan membuat objek foto terlihat mewah dan berkelas. Karena cara membuat bingkai foto dari bambu butuh kecerdikan dan kesabaran, maka harga bingkai foto lumayan mahal.

 

Tempat Lilin Aroma Terapi

Malam malam romantis (candle light diner) adalah sebuah momen yang sangat dinanti oleh setiap pasangan kekasih. Kegiatan ini efektif untuk merekatkan dan menghangatkan lagi hubungan yang telah lama terjalin.

Ditemani cahaya temaran dari lilin-lilin aroma terapi akan membuat suasana malam menjadi semakin intim. Sebelum eksekusi, konsep dulu persiapan makan malam berdua kalian secara matang.

Kalau perlu siapkan berbagai surprise buat dia, seperti kata-kata romantis yang dipahat di tempat lilin. Cari saja tutorial cara membuat tempat lilin dari bambu di internet, pasti pasti bisa meniru dan membuatnya sendiri.

 

Hiasan Dinding dari Bambu

Hiasan dinding sangat jamak diaplikasikan sebagai dekorasi taman rumah minimalis. Sayangnya penggunaan hiasan dinding bambu masih langka digunakan di Indonesia. Padahal sangat banyak fungsi dari karya hasil kreasi kerajinan tangan dari bambu yang satu ini.

Kamu bisa memanfaatkan hiasan bambu sebagai penyanggah pot di taman rumah. Bahkan permukaan bambu juga dapat dilukis menjadi sebuah karya seni hiasan dinding yang baru.

 

Lonceng Angin dari Bambu

Tujuan ide membuat lonceng angina yakni sebagai media sarana relaksasi dan hiburan diri dari perasaan jenuh akibat aktivitas hidup yang menguras pikiran dan tenaga. Suara lonceng bambu yang gemerisik merdu mampu menghiptonis pendengarnya.

Bunyi lonceng bambu yang bergoyang pelan setelah tertiup hembusan angin akan menimbulkan perasaan pikiran dan hati yang damai.

 

Pembatas dan Pagar Tanaman

Taman dengan aneka macam bunga dan tanaman yang indah memerlukan perjuangan yang ekstra dalam merawat dan membuatnya. Hal ini tentu saja akan membuat kita tidak rela apabila taman indah kita rusak akibat diinjak-injak.

Untuk mengatasi hal tersebut, biasanya kita akan melindungi taman kita dengan sebuah pagar pembatas. Anda kamu bisa memanfaatkan bambu yang disusun  rapi membentuk pagar, sehingga orang lain menjadi tahu batas antara halaman denngan tamanmu.

 

Meja Taman dan Kursi dari Bambu

Saya yakin, dirumah anda pasti adalah furniture atau mebel perabotan rumah tangga yang terbuat dari bahan bambu. Biasanya furniture yang terbuat dari bambu adalah kursi santai, meja, lemari, bahkan tempat tidur.

Fakta tersebut diatas, menunjukkan bahwa pesona tanaman bambu bersifat abadi, tidak lekang dimakan waktu.

Meski zaman telah berubah, minat masyarakat terhadap perabotan rumah tangga berbahan dasar bambu tidak pernah habis. Pengusaha mebel di Indonesia pun menerima jasa pemesanan furniture dari bambu, tidak lain tidak bukan karena kerajinan tangan furniture dari bambu masih banyak dicari masyarakat.

 

Pancuran Air dari Bambu (Air Mancur)

Banyak orang ingin memiliki rumah di daerah pegunungan, dengan latar belakang pemandangan air terjun yang indah dan asri. Suara gemericik air terjun sangat digemari, karena bisa bikin suasana hati menjadi tenang dan relax.

Karena tidak semua orang bisa mewujudkan mimpi tersebut, maka kemudian para arsitek mengakali keterbatasan yang ada dengan menciptakan sebuah pancuran air bambu. Bahkan di negara Jepang, hampi setiap rumah penduduk selalu dihiasi dengan dekorasi pancuran air dari bambu.

Manfaat miniatur air terjun dari bambu ini ternyata bisa menimbulkan kesan sejuk dan damai, apalagi dikombinasikan dengan taman yang dibentuk dari kumpulan tanaman hijau dan berbagai jenis bunga berwarna indah dan terang khas Indonesia.

 

Kandang Burung dari Bambu (Sangkar Burung)

 

 

Kerajinan Bingkai Hiasan Cermin dari Batang Bambu

Cermin merupakan salah satu peralatan perabotan rumah tangga yang pasti terdapat di setiap rumah, bahkan di kantor dan mall pun juga pasti ada. Sayangnya bentuk cermin yang monoton, itu-itu saja acap kali membosankan. Untuk mengatasinya, cobalah desain cermin dari bambu.

Kerajian cermin dari bambu ini sangat unik dan masih jarang orang yang mempunyainya. Kerajinan tangan cermin dari bambu bisa pula digunakan sebagai penghias dekorasi ruangan. Sayangnya, cara membuat cermin batang bambu yang rumit berdampak pada harga jual yang tinggi.

 

Contoh Kerajinan Miniatur Dari Bambu (Bamboo)

Sebagaimana  keunggulan bambu yang memilki 1001 kegunaan, mulai dari bagian akar bambu, batang bambu, daun bambu, hingga bambu muda yang bisa diolah menjadi makanan bercita rasa enak.

Dalam kesempapatan kali ini, kami akan menyajikan info mengenai produk miniatur yang bisa dibuat dari bambu. Mengapa membahas tentang kerajinan miniatur dari bambu? Karena banyak miniatur yang mencari dan mengkoleksi berbagai macam miniatur.

Miniatur dianggap sebagai sebuah produk kerajinan tangan yang luci, unik dan bernilai seni tinggi. Biasanya orang-orang memutuskan untuk membeli jenis miniatur tertentu karena ingin mengkoleksinya, menjadi sebagai cidera mata acara tertentu, atau bahkan ingin dijadikan sebagai bahan dekorasi penghias ruangan di rumah.

 

Miniatur Motor

Miniatur motor dari bambu, merupakan wujud kreativitas para perajin dan pelaku seni di Indonesia. Banyak diantara kita yang belum sadar, kalau potongan bambu ternyata bisa diolah menjadi bentuk motor.

Cara membuat miniatur motor dari bambu termasuk gampang-gampang susah. Bambu dan kayu yang ada cukup dibentuk menjadi roda, stang, dan badan motor, kemudian tinggal disusun rapi.  Agar tidak mudah rusak dan hancur susunan rangkaiannya, manfaatan benang dan tali tambang untuk mengikatnya secara kuat.

 

Miniatur Mobil

Miniatur mobil dari kayu dan bambu sudah lama eksis dalam dunia kerajinan miniatur di tanah air, bahkan juga sudah lama berkembang pula miniatur mobil truk. Miniatur mobil dari bambu ini sangat cocok untuk diletakkan di pojokan ruangan sebagai hiasan, maupun sebagai media belajar dan bermain anak.

 

Miniatur Sepeda

Miniatur sepeda dari bambu cukup populer seperti miniatur motor. cara membuat miniatur sepeda dari bambu juga mirip, sehingga ketika kamu bisa membuat miniatur motor, pasti juga bisa membuat miniatur sepeda.

Siapkan bebarapa potong bambu, olah bambu yang ada menjadi bentuk roda sepeda, stang sepeda, dan tentunya juga badan sepeda. Gunakan tali tambang atau lem untuk merekatkan rangkaian susunan bambu.

 

Miniatur rumah dari Bambu

Jenis miniatur yang paling banyak dibuat oleh para pengrajin adalah rumah. Proses pembuatan miniatur rumah bambu tidaklah terlalu rumit, akan tetapi tetap saja membutuhkan skill dan jiwa seni yang mumpuni.

Harga miniatur rumah dari bambu bisa dibilang cukup murah. Namun ketika anda melakukan pemesanan khusus untuk dibuatkan minimatur rumah adat atau miniatur rumah khas daerah, jangan kaget apabila harga yang ditawarkan sangat mahal.

Sebab cara membuat miniatur rumah dari bambu membutuhkan keahlian yang tinggi, kesabaran dan ketelitian.

 

Miniatur Kapal Dari Bambu (Kapal Pesiar – Kapal Pinisi)

Miniatur kapal layar merupakan hiasan yang sering diburu oleh para kolektor untuk dipajang sebagai hiasan di rumah mereka. Biasanya kerajinan botol berisi kapal pinisi yang paling banyak diproduksi dan diminati para wisatawan.

Karena cara membuat kapal dari bambu perlu perjuangan dan curahan perhatian yang tidak sedikit, miniatur kapal pun banyak diburu orang meski memiliki harga yang mahal.

 

Contoh Kerajinan Anyaman Bambu

Pemanfaatan bambu secara tradisional yang masih terus dilestarikan dan digunakan hingga saat ini adalah dalam bentuk  kerajinan anyaman. Saking banyaknya jenis dan macam kerajinan anyaman bambu di Indonesia, setiap daerah memiliki macam corak anyaman khas sendiri.

Jenis motif anyaman bambu berbeda-beda setiap daerah, mengikuti pengaruh dari budaya dan adat istiadat yang berkembang di daerah setempat.

 

Piring dari Anyaman Bambu

 

 

Kerajinan Tas dari Anyaman Bambu

 

 

Kerajinan Topi dari Anyaman Bambu

 

 

Kerajinan Nampan dari Anyaman Bambu

 

 

Tutup Nasi dari Anyaman Bambu (Kerajinan Tudung Saji)

Leave a Comment