Ide Bisnis Rumahan: Contoh Kerajinan Tangan Paling Diminati Pasar

Ide Bisnis Rumahan: Contoh Kerajinan Tangan Paling Diminati Pasar

Perkembangan teknoogi yang semakin maju dan pesat, menyebabkan seluruh sendi kehidupan kita mengalami perubahan yang cepat pula. Termasuk dalam hal pekerjaan.

Kemajuan teknologi menyebabkan beberapa jenis pekerjaan kemudian digantikan dengan menggunakan mesin. Akibatnya angka pengangguran yang semakin tinggipun tidak bisa dihindari. Tingginya angka pengangguran yang dibarengi dengan semakin sempitnya lowongan pekerjaan yang tersedia, menuntut kita untuk harus cepat beradaptasi dan terus mengembangkan skill sesuai dengan perkembangan zaman.

Pilihannya hanya dua, kita harus berubah atau kita rela tergilas oleh perubahan. Maka dari itu, sudah bukan saatnya lagi manaruh harapan pada pekerjaan formal. Kemajuan dunia teknologi bisa kita manfaatkan secara maksimal untuk dijadkan sebagai lading pekerjaan skaligus sumber pendapatan.

Internet bisa kita gunakan sebagai sarana pomosi produk secara murah, maupun sbeagai sarana mencari inspirasi ide-ide baru.

Ide Bisnis Rumahan Dari Kumpulan Contoh Kerajinan Tangan Popular

Bagi anda yang belum mendapatkan pekerjaan atau anda para ibu rumah tangga, sekarang ini banyak orang yang sudah bisa menghasilkan uang tanpa harus keluar dari rumah.

Anda bisa menggunakan ide bisnis ini sebagai salah satu sumber pendapatan sampingan, atau bahkan sumber pendapatan pokok. Banyak hal yang bisa anda lakukan di rumah. Salah satunya dengan membuat kerajinan tangan.

Kerajinan tangan yang pada zaman dahulu dipandang sebelah mata, sekarang mulai dilirik dan diapresiasi oleh masyarakat. Produk hand made atau kerajinan tangan bahkan memiliki nilai jual yang lebih tinggi, dibandingkan produk sejenis hasil pabrikasi.

Produk hand made dianggap lebih memiliki nilai seni yang tinggi disamping nilai kemanusiaan yang terkandung didalamnya. Sebab proses pembuatan hand made juga turut menghasilkan banyak lapangan pekerjaan baru, sehingga mampu menghidupi hajat hidup orang banyak.

Berikut inspirasi berbagai model kerajinan tangan yang bisa dibuat dari berbagai macam barang yang ada di sekitar kita. Semoga selain bisa menjadi sumber pendapatan, juga bisa menjadi sarana membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat sekitar.

 

Contoh Kerajinan Tangan Dari Kardus  

Kardus adalah barang yang sering kali tidak diharapkan keberadaannya oleh sebagain orang. Kardus dinilai menjadi salah satu penyebab perusakm pandangan dalam sebuah ruangan, sebab kurang enak indah untuk dilihat.

Sering kali kita ingin membuang kardus bekas, karena terkadang kardus bisa menjadi sumber sekaligus sarang kuman dan bakteri penyebab berbagai macam penyakit. Tetapi hal tersebut terkadang kita urungkan karena ragu apabila di kemudian hari membutuhkan.

Solusi sekaligus alternatif masalah diatas yaitu dengan cara merubah kardus bekas yang ada menjadi sebuah karya seni. Dibawah ini, beberapa informasi mengenai contoh cara membuat kerajinan tangan dari kardus bekas.

Contoh Kerajinan Tangan Dari Sedotan

Bagi anda yang sudah lama terjun dalam dunia seni kriya atau kerajinan tangan. Pasti tidak asing lagi dengan pemanfaatan sedotan sebagai sebuah karya seni kerajinan tangan yang indah untuk dijadikan sebagai penghias dekorasi sekaligus menambah nilai sedotan menjadi memiliki nilai ekomis yang tinggi.

Bahan sedotan sangat mudah untuk ditemukan, anda bisa membeli sedotan di warung kelontong sekitar rumah atau tempat penjual minuman. Ditangan orang yang kreatif, sedotan bisa dijadikan berbagai kreasi barang yang bermafaat dan dapat diajdikan untuk mempercantik dekorasi ruangan di rumah anda.

 

Contoh Kerajinan Tangan Dari Kain Perca

Untuk sebagian besar pelaku usaha konveksi, kain perca lebih sering dianggap sebagai sampah limbah yang tidak memiliki harga dan nilai. Kain ini dianggap sebagai limbah karena ukuran kain perca sangat kecil dan bentuk tidak teratur, sehingga tidak bisa dimanfaatkan lagi dalam dunia konveksi.

Tidak heran, apabila tumpukan kain perca yang menggunung kemudian menjadi limbah dan berakhir di tempat sampah.

Kain yang tidak berguna ini, ternyata bisa menjadi sebuah “harta karun” yang menyilaukan mata ketika disentuh oleh tangan pelaku usaha kreatif. Kain perca biasa disulap menjadi produk aksesoris khusus wanita dan aneka ragam produk fungsional yang bernilai jual mahal, seperti beberapa contoh berikut:

Contoh Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas 

Botol plastik adalah barang yang samgat lekat dan tidak bisa dipisahan dari kehidupan masyarakat modern. Di berbagai lokasi bisa dengan mudah kita temukan barang ini. Botol plastik dipilih mayoritas orang modern karena dianggap lebih simpel dan praktis.

Barang sekali pakai ini bisa langsung dibuang setelah habis isinya, tanpa perlu membawa pulang balik karena harga botol palstik juga murah. Bahkan hampir semua produk komersil menggunakan botol plastik sebagai kemasan, seperti produk bumbu, sambal, kecap, makanan, minuman dan berbagai produl lain.

Botol plastik bekas lebih sering dianggap sebagai sampah oleh kebanyakan orang. Barang ini belum dilirik sebagi potensi salah satu sumber penghasilan yang menguntungkan. Bukan hal yang aneh, apabila kemudian anda melihat botol plastik berserakan di jalan-jalan dan tong sampah.

Padahal disisi lain, botol plastik mempunyai sifat sulit untuk diurai oleh tanah. Oleh sebab itu, masalah tersebut di atas bisa menjadi masalah yang besar apabila sampah botol plastik tidak ditangani secara tepat.

Sudah saatnya kita harus memulai langkah nyata menyelamatkan lingkungan hidup kita, demi terjaganya kelangsungan hidup anak cucu. Langkah yang paling mudah adalah dengan mengurangi penggunaan botol plastik serta melakukan daur ulang pada botol bekas yang ada menjadi sebuah seni kerajinan tangan yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

 

Contoh Kerajinan Tangan Dari Kain Flannel

Kain flanel adalah kain yang memiliki tekstur sedikit kaku saat dipegang, namun ada juga yang lembut karena mimiliki kualitas yang lebih bagus dan harga yang lebih mahal. Jenis kain flanel ini sekarang sedang populer dan menjadi tren dalam pembuatan kerajinan tangan.

Kerajinan tangan dari kain flannel sangat digemari oleh para wanita dan ibu rumah tangga. Selain karena faktor rasa senang dengan kesibukan membuat kerajinan tangan, ternyata hasil karya seni dari kain flanel laku dijual dengan harga tinggi.

Contoh Kerajinan Tangan Dari Koran Bekas

Ketika membahas tentang barang bekas, biasanya barang yang langsun g muncul dalam di pikiran kita adalah kertas koran bekas. Barang ini lebih sering langsung di buang ke dalam tempat sampah ketika sudah dibaca.

Barang bekas seperti koran, sebenarnya bisa dirubah menjadi suatu barang dengan nilai seni tinggi. Ketika berada di tangan yang tepat, sangat mudah merubah koran bekas menjadi barang yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

Berikut beberapa inspirasi hasil kreasi dari kertas koran bekas yang bisa kamu jadikan sebagai salah satu sumber pendapatan sampingan. Sekaligus berpartisiasi dalam gerakan selamatkan bumi (safe earth) dengan ikut mengurangi produksi jumlah sampah, serta melakukan daur ulang sampah barang bekas.

 

Contoh Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas

Kebiasaan masyarakat umum selama ini, ketika mempunyai barang bekas yang telah using dan tidak bisa dipakai biasanya akan langsung membuangnya ke tempat sampah. Barang bekas lebih sering dipandang sebelah mata, akibatnya cenderung dijual dengan harga yang sangat murah atau terkadang malah cuma dibuang percuma.

Tahukah kamu, dengan sedikit sentuhan tangan dan tambahan seni, barang bekas bsa dibuat menjadi berbagai macam kerajinan tangan yang layak jual dengan harga mahal. apalagi kerajinan dari barang bekas yang memiliki banyak fungsi sedang menjadi trend dan sangat digemari masyarakat.

Ide bisnis sampingan ini, selain bisa menjadi sumber pendapatan juga membantu upaya gerakan penyelamatan lingkungan hidup dengan turut serta membantu mengurangi sampah plastik. Dibawah ini, kumpulan contoh kerajinan tangan yang bisa dihasilkan dari berbagai jenis barang bekas.

 

Contoh Kerajinan Tangan Dari Tutup Botol Kaca

Seni kerajinan ternyata tidak hanya bisa dihasilkan dari botol bekas saja. Tutup botol kaca dan plastik yang selama ini luput dari perhatian kita ternyata tidak kalah manfaat juga untuk dijadikan sebagai sebuah karya seni.

Ahli desain dan dekorasi modern, mereka mulai fokus memciptakan hunian yang ramah lingkungan. Belum lama ini, para ahli dekorasi mengenalkan penggunaan tutup botol sebagai dekorasi penghias dinding rumah yang menawan.

Untuk merealisasian ide ini, bisa kita mulai dengan mengumpulkan limbah tutup botol. Jenis tutup botol bisa dipilih sesuai dengan selera serta konsep dekorasi yang ingin kita terapkan pada dindng rumah kita. Tutup botol bisa seragam warnanya, namun bisa juga berwarna-warni disesuaikan dengan konsep awal.

 

Contoh Kerajinan Tangan Dari Bamboo (Bambu)

Sejak zaman dahulu, tanaman bambu telah dimanfaatkan para leluhur nenek moyang bangsa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari, Mulai dari dimanfaatkan sebagai pelalatan makan, pelatanan memasak, bahkan hingga dijadikan sebagai senjata andalan dalam  berperang melawan dan mengusi penjajah.

Kerajinan tangan dari bambu (bamboo) adalah salah satu wujud dari tingginya tingkat kreatifitas masyarakt dalam memanfaatkan apa yang ada di alam sekitar. Batang bamboo (bambu) mempunyai karakteristik sifat yang kuat namun juga fleksibel untuk dibentuk menjadi beraneka produk seperti berikut ini:

 

Contoh Kerajinan Tangan Unik Dari Kaset VCD Film

Zaman kejayaan kaset VCD player telah terlewati. Masyarakat modern mulai beralih ke flash disk, hard disk, google drive, dan media sejenisnya sebagai sarana penyimpanan data digital. Hal ini mengakibatkan koleksi kaset VCD yang kita miliki menjadi tidak berguna lagi.

Tapi jangan tergesa-gesa untuk langsung memutuskan membuang kepingan kaset VCD bekas anda. Kepingan kaset VCD bekas ternyata bisa juga dimanfaatkan sebagai penghias barang-barang disekitar kita.

Beberapa seniman pun mulai memanfaarkan limbah kepingan kaset VCD bekas yang sangat banyak jumlahnya sebagai sebuah karya seni yang mengagunkam. Kepingan-kepingan VCD biasa digunakan untuk memperindah dekorasi pot, bingkai kaca cermin, hiasan dinding, dan berbagai jenis barang bernilai seni tinggi lainnya.

 

Contoh Kerajinan Tangan Lucu Dan Unik Dari Batu Kali

Jika anda termasuk orang yang memiliki ide dan tingkat kreativitas yang tinggi, maka inpirasi membuat seni kerajinan tangan dari batu kali ini patut anda coba. Masih sedikit jumlah orang yang memanfaarkan batu kali sebagai bahan kerajinan tangan, cendera mata maupun aksesoris, sebenarnya menjadi sebuah peluang yang besar bagi anda untuk menjadi pioneer sekaligus pengusa pasar kerajinan tangan batu kali.

Batu kali yang mempunyai bentuk, ukuran dan warna yang saat beragam, dapat dikresikan menjadi sebuah karya seni yang menarik, beda dari pada yang lain, dan unik. Anda dapat melihat beberapa ide kreatif berikut, untuk dijadikan sebagai gambaran memciptakan kreasi karya seni baru:

 

Contoh Kerajinan Tangan Dari Stik Es Krim (Ice Cream Stick)

Untuk kalian yang suka makan es krim (ice cream). Kami sangat sarankan untuk jangan membuat tongkat atau stik es krim tersebut. Soalnya kamu bisa manfaatkan kembali menjadi sebuah kerajinan tangan.

Banyak variasi karya seni yang bisa dihasilkan dari stik es krim, seperti tempat HP, hiasan dinding, miniatur, dan sebagainya. Hasil karya kerajinan tangan dari stik es krim akan sangat unik laku jual di pasaran apabila ditambah kombinasi dengan jenis bahan lain.

Bagi kamu yang tertarik dengan ide ini, berikut kumpulan ide kerajinan stik es krim yang bisa anda buat di rumah:

 

Contoh Kerajinan Tangan Dari Batok Kelapa (Tempurung Kelapa)

Pesatnya perkembangan seni kriya di dunia membuat para seniman dan pengrajin semakin kreatif dalam menciptakan karya seni baru. Sekarang para perajin mulai memanfatkan batok atau tempurung kelapa sebagai media menyalurkan kreativitas mereka.

Batok kepala yang pada awalnya dianggap sebagai limbah kelapa yang kurang bermanfaat dan tidak memiliki nilai jual, kemudian dirubah 180 derajat. Limbag batok kelapa oleh para pengrajin dan seniman kemudian diolah dengan kreatif menjadi sebuah karya yang menarik dan memiliki nilai jual.

Kreativitas yang maksimal adalah kunci terpenting dalam membuat kerajinan dari batok kelapa. Namun jangan khawatir, bagi kalian yang sering kesulitan untuk mendapatkan ide baru. Kami telah sediakan refensi berbagai karya yang bisa dihasilkan dari pengolahan limbah batok kelapa.

 

Leave a Comment