5 Daftar Pantai di Jogja Yang Belum Terekspos Keindahannya

5 Daftar Pantai di Jogja Yang Belum Terekspos Keindahannya

Rekomendasi wisata pantai di Jogja- Jogja memang istimewa, istimewa orangnya, istimewa kotanya. Disamping Jalan Malioboro, Tugu Jogja, dan Keraton Jogja, masih banyak objek wisata yang tidak akan membuat kalian kecewa saat mengunjungi Kota Budaya ini.

Objek wisata di Jogja sangat beragam jenis dan jumlahnya sangat banyak sekali. Seakan-akan objek wisata di Jogja tidak pernah ada habisnya untuk dijelajahi. Mulai dari wisata edukasi, wisata budaya, dan tentu saja wisata alamnya.

Jangan khawatir uang di kantong kalian akan terkuras habis, biaya hidup di Jogja masih tergolong murah kok. Apalagi sekarang banyak paket wisata yang ditawarkan kepada para pelancong dengan berbagai promo menariknya. Liburan kalian pasti akan semakin menyenangkan, hemat dan praktis.

Tidak mau kalah dengan Pulau Dewata Bali, Jogja juga mempunyai destinasi pariwisata pantai yang instagramable juga lho. Kebanyakan pantai di Jogja terletak di wilayah selatan, tepatnya di Kabupaten Gunung Kidul.

Mungkin kalian pernah menikmati deretan pantai pasir putih, seperti Pantai Krakal, Sundak maupun Kukup? Atau justu lebih suka menjelajahi pantai di daerah Bantul yang terkenal dengan pasir gelapnya, seperti Pantai Samas dan Goa Cemara.

Jika kalian belum pernah main ke pantai tersebut, paling tidak pasti nama-namanya tidak asing di telinga kan?  Terdengar mainstream kalau orang sekarang nyebutnya.

 

Daftar Pantai di Jogja Berpasir Putih yang Masih Sepi Kunjungan Wisatawan

Biasanya pantai yang mainstream juga tidak pernah sepi kunjungan wisatawan. Liburan yang seharusnya menyenangkan menjadi menyebalkan. Tertarik dengan pantai-pantai indah berpasir putih yang masih sepi pengunjung dan mudah untuk dikunjungi?

Berikut rekomendasi destinasi lima pantai dengan pemandangan luar biasa, tentunya bakal membuatmu terpesona. Pantai-pantai ini sangat layak kamu kunkungi untuk refreshing sekaligus menghabisakan waktu liburanmu di Yogyakarta.

 

1. Pantai Sadeng

gambar-pantai-di-jogja-pantai-sadeng
sumber: https://www.instagram.com

Pantai ini cukup jauh dari Kota Jogja, berada di daerah pinggiran tepatnya berada diperbatasan provinsi. Pantai Sadeng terletak di wilayah administrasi 2 desa, yaitu Desa Pucung dan Songobanyu, Kecamatan Girikarto Kabupaten Gunung Kidul.

Pantai Sadeng lebih dikenal sebagai pantai nelayan, banyak nelayan yang menyandarkan perahu mereka disana. Pasir pantai di Sadeng selain halus juga berwarna putih lho.

Meskipun jaraknya cukup jauh, berada di perbatasan wilayah Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Kalian tidak akan pernah kecewa dengan suguhan pemandangan alamnya.

Sesampainya di Pantai Sadeng, cobalah main di sekitar bagian pemecah gelombang.

Naik dan jalanlah di atas susunan batu berbentuk kotak yang digunakan sebagai pemecah gelombang ombak. Hamparan pemandangan laut biru akan terpampang indah memanjakan mata kalian.

Dari atas pemecah ombak, saat kalian putar badan 180 derajat, maka deretan perahu-perahu nelayan yang tersusun rapi tidak kalah indahnya untuk dinikmati.

 

2. Pantai Wohkudu

gambar-pantai-di-jogja-pantai-wohkudu-gunung-kidul
sumber: tempatwisataindonesia.id

Kalian tertarik dengan pantai yang masih perawan dan sepi pengunjung? Pantai Wohkudu adalah pilihan yang tepat. Para pecinta alam pasti juga dengan trek menuju Pantai Wohkudu, jalan akses menuju pantai sangat menantang, hingga serasa melakukan jelajah alam.

Saat menuju pantai Wohkudu, kalian harus menyusuri jalan setapak terlebih dahulu. Akses jalan setapak menuju Pantai Wohkudu dikelilingi ladang  pertanian warga yang memberikan kesan asri dan menentrankan hati.

Pantai ini sangat cocok bagi kalian yang suka dengan hal-hal yang berbau petualangan. Bagi kalian yang tidak atau belum terbiasa jalan kaki melewati trek jalan terjal yang dipenuhi dengan rerimbunan tanaman liar, ada baiknya kalian harus ekstra berhati-hati.

 

3. Pantai Kesirat

gambar-pantai-di-jogja-pantai-kesirat-gunung-kidul
sumber: https://www.instagram.com

Pantai Kesirat berada tidak jauh dengan Pantai Wohkudu. Jarak keduanya hanya sekitar satu kilometer. Sehingga kalau kalian berencana mengunjungi Pantai Kesirat, tidak adanya salahnya sekalian saja mampir juga ke Pantai Wohkudu.

Pantai Kesirat terletak di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul. Keistimewaan sekaligus ciri khas Pantai Kesirat terletak pada adanya sebuah pohon ketapang yang tumbuh di atas tebing di bagian bibir pantainya.

Selain dihiasai dengan hamparan pasir putih, bentang alam berupa deretan tebing yang langsung bersentuhan dengan laut turut mempercantik Pantai Kesirat.

Bagi kamu para penggemar “mancing mania”, tidak ada salahnya meluangkan waktumu untuk menyalurkan hobi memancing di pantai ini. Jangan lupa bawa pelaratan pancingmu dari rumah, karena disini tidak ada toko perlengkapan memancing.

Jika kamu lebih suka bersantai, menikmati segarnya angin laut dan enggan berbasah ria, Pantai Kesirat merupakan destinasi pilihat yang tepat lho. Apalagi dikala sore hari, sunset yang terlihat dari Pantai Kesirat benar-benar menakjubkan dan romantis.

 

4. Pantai Gesing

gambar--pantai-di-jogja-pantai-gesing-gunung-kidul
sumber: https://www.instagram.com

Pantai Gesing terletak di Dusun Ponjomulyo, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul. Meski merupakan pantai nelayan, pasir Pantai Gesing terlihat masih bersih.

Jadi jangan kaget, jika saat berkunjung kesana terdapat banyak perahu nelayan yang berjajar di bibir pantainya, apalagi pantai ini juga menjadi salah satu pelabuhan ikan di Yogyakarta.

Meski demikain, jangan khawatir kalian tidak bisa bermain dan berlari-lari menyusuri pantai pasir putih disana bersama orang terkasih atau keluarga. Hamparan pasir putih yang lebih luas dibandingkan Pantai Wohkudu, membuat kalian bisa bermain sepuasnya disana.

Bagi kamu yang suka dengan hal-hal yang berbau dengan fotografi, kamu bisa menjadikan perahu-perahu nelayan disana sebagai objek fotomu. Kamu bisa mencoba menaiki perahu dan menikmati pemandangan laut dari atasnya.

Sebagai pantai sekaligus pelabuhan ikan, kamu juga membeli hasil laut yang masih segar dengan harga yang lebih murah. Jangan khawatir takut tidak bisa memasaknya, banyak warung yang menyediakan jasa masak di sepanjang Pantai Gesing. Wisata kuliner makanan enak sea food khas daerah pesisir pun siap memanjakan lidah kalian.

 

5. Pantai Ngeden (Ngedan)

gambar-pantai-di-jogja-pantai-ngeden-ngedan-gunung-kidul
https://penginapan.net

Pantai Ngeden adalah pantai yang sangat istimewa dan wajib untuk dikunjungi saat berlibur ke Jogja. Pantai Ngeden terletak di Dusun Belado, Desa Krambil Sawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul.

Berbeda dengan kebanyakan pantai pada umumnya yang hanya mengandalkan pemandangan gelombang air laut.

Pantai Ngeden menyuguhkan pasir putih yang lembut dan bersih serta gelombang yang tidak besar sehingga cocok umtuk dijadikan tempat bermain air. Bahkan pemandangan sunrise di pagi dari Pantai Ngeden sudah sangat terkenal keindahannya.

Pantai Ngeden sangat cocok bagi para penikmat sunrise, terutama bagi kalian yang tidak kuat mendaki gunung untuk menikmati keindahan matahari terbit.

Pantai Ngeden juga sangat cocok untuk kegiatan camping lho. Bagian atas bukit di sekitar bibir pantai yang tidak terlalu terjal  bisa dijadikan sebagai tempat mendirikan tenda.

Pokoknya pantai ini sangan recommended deh, bagi kalian para pecinta alam. Cocok menjadi lokasi untuk menikmati sunrise dari atas bukit di pagi hari, tetapi juga bisa berenang di pantai yang berada di bawah bukit pada sore harinya.

Menyenangkan bukan? Maka nikmat Tuhanmu yang mana lagikah yang akan kau dustakan?

***

Jangan lupa, saat berkunjung ke Jogja jangan sampai kelewatan untuk menikmati wisata kuliner dan wisata budayanya lho.

Wisata kuliner di Jogja sudah terkenal memiliki cita rasa lezat kok, meskipun biasanya menu yang dihidangkan merupakan makanan tradisional seperti Gudeg. Daluhu, makanan dari buah nangka yang banyak digemari pecinta kuliner ini, hanya boleh dibuat dan dihidangkan khusus untuk Raja Jogja lho.

Sedangkan kalau kamu ingin menikmati betapa adiluhungnya budaya Jawa pada khususnya, datang saja ke Keraton Yogyakarta. Disana, selain kamu bisa menikmati keindahan arsitektur bangunan istana kerajaan tempo dulu. Suguhan tari tradisional, upacara adat sakral dan pengalaman mencoba menjadi Abdi Dalem Keraton pun bisa kamu ditemukan disana.

 

Leave a Comment