Inspirasi Tanaman Hias Bunga Untuk Dekorasi Rumah Minimalis

Inspirasi Tanaman Hias Bunga Untuk Dekorasi Rumah Minimalis

Pemanfaat tanaman hias bunga beraneka warna dalam mendekorasi rumah, masih jarang dilakukan oleh masyarat umum. Ide ini sangat cocok untuk diterapkan bagi anda penyuka warna-warna cerah. Bagi anda penyuka warna monokrom, dekorasi ruangan menggunakan tanaman hias juga tetap bisa anda gunakan. Tanaman bunga memiliki warna yang beragam, cukup pilih warna bunga yang sesuai dengan keinginan anda.

Dekorasi rumah menggunakan tanaman hias mulai dilirik beberapa dekade kebelakang, sebab banyak orang yang merasakan suasana gersang di dalam rumah mereka. Kebanyakan orang mengatasi masalah ini dengan melakukan pengganti warna cat pada bagian dinding yang diinginkan.

Penggantian warna cat dalam dekorasi ruangan memang berpengaruh secara signifikan. Namun perlu diperhatikan bahwa nuansa ruangan atau rumah yang semarak bukanlah jaminan rumah terasa hidup.

Salah satu cara yang dianggap tepat untuk menghidupkan suasana rumah adalah dengan menambahkan tanaman hias. Para arsitek dan ahli dekorasi beranggapan bahwa penyebab sebuah rumah terasa kering, tandus dan suasananya kurang hidup disebabkan oleh kurangnya penggunaan unsur-unsur organik dalam penataan ruang.

Anda bisa memilih jenis tanaman hias yang sesuai dengan konsep tata ruang rumah anda. Banyak jenis tanaman hias dipasaran yang bisa anda pilih, mulai dari tanaman hias daun, tanaman hias bunga, hingga tanaman hias gantung.

Jenis-Jenis Tanaman Hias Bunga

gambar-macam-macam-tanaman-hias-bunga
sumber: https://www.countryliving.com

Tanaman hias bunga mungkin sedikit asing bagi telinga kebanyakan dari kita, namun tidak bagi mereka para penggemar tanaman bunga. Orang-orang penggemar bunga, biasanya menjadikan tanaman ini sebagai penghias taman rumah sehingga suasana terlihat semakin indah dan asri.

Suasana rumah akan semakin nyaman dan alamai apabila disekitarnya banyak ditumbuhi beraneka tanaman yang mempunyai bunga dengan warna-warna yang indah. Pemilik rumah pun akan betah di rumah, sebab mereka bisa melepas penat dan beristirahat dengan tenang setelah lelah beraktivitas di luar.

Dekorasi rumah menggunakan tanaman hias bunga biasanya dilakukan dengan cara menanamnya langsung pada lahan tanah (contohnya: taman di rumah) atau dengan cara menempatkannya ke dalam pot.

Buatlah semacam taman mini di sudut-sudut rumah. Ciptakan suasana asri dengan cara menambahkan bunga dari jenis yang berbeda serta warna yang beragam.

1. Bunga Anggrek

gambar-tanaman-hias-bunga-anggrek-orchid-flower
sumber: http://www.top4themes.com

Anggrek adalah bunga khas Indonesia. Bunga anggrek dijuluki oleh masyarakat umum sebagai puspa pesona.

Jenis anggrek di Indonesia sangat banyak jumlah. Terdapat sekitar 5000 – 6000 jenis bunga anggrek di seluruh nusantara, selain tumbuh secara liar, sebagian bunga anggrek juga disengaja dibudidayakan.

Banyak orang yang kagum terhadap pesona keindahan warna yang dimiliki tanaman hias ini. Keindahan bunga anggrek sering diidentikan sebagai simbol dari sebuah keindahan dan kemewahan.

Meskipun bunga anggrek dapat tumbuh subur di Indoesia. Sebagian besar dari sekitar 5000 – 6000 macam anggrek ternyata tergolong sebagai tanaman langka. Contoh jenis anggrek yang tergolong langka adalah anggrek koribas, anggrek kebutan dan anggrek hitam.

2. Tanaman Hias Bunga Mawar

gambar-tanaman-hias-bunga-mawar-rose-flower
sumber: http://natbg.com

Bunga mawar pasti sangat familiar bagi kita. Bunga yang memiliki warna serta aroma yang khas ini, sering digunakan sebagai wujud simbol cinta dan kasih sayang.

Meskipun sangat popular. Masih banyak orang yang terbatas ilmu pengetahuannya mengenai tanaman hias ini. Mayoritas dari kita hanya mengetahui bahwa bunga mawar hanya memiliki dua warna, yaitu warna merah dan putih. Padahal tanaman yang memiliki ciri khas duri di bagian batangnya ini memiliki lebih dari 1000 spesies. Warna bunga mawar pun sangat beragam, mulai dari warna biru, peach hingga warna pink.

Bunga mawar adalah bunga yang memiliki banyak manfaat, selain dapat memberikan kesan indah juga bermanfaat bagi kesehatan kita. Masalah depresi dan stress dapat diatasi lewat aroma harum yang terdapat pada bunga mawar. Bahkan zat kimia dalam bunga mawar terbukti efektif sebagai media terapi mengatasi sakit kepala.

3. Tanaman Hias Bunga Melati

gambar-tanaman-hias-bunga-melati-jasmine-flower
umber: http://www.hdflowerwallpaper.com

Bunga melati adalah salah satu jenis bunga yang sangat popular bagi masyarakat Indonesia. Bunga ini sering kali digunakan dalam upacara tradisional, seperti halnya digunakan sebagai penghias rambut pengantin dalam adat pernikahan suku Jawa dan Sunda.

Jenis bunga melati putih, bahkan ditetapkan sebagai salah satu bunga nasional Indonesia bersamaan dengan penetapan serupa  terhadapa bunga anggrek bulan dan rafflesia arnoldi. Maka tidak aneh apabila gambar bunga ini juga dapat ditemukan dalam koin mata uang rupiah.

Bunga melati sangat digemari oleh masyarakat karena memiliki aroma harum khas serta dapat membuat rileks bagi mereka yang mencium aromanya. Selain itu, tanaman ini juga sangat mudah untuk ditaman maupun dibudidayakan karena tidak memerlukan perawatan khusus. Perawatan bunga melati hanya cukup dengan melakukan pemangkasan secara rutin sehingga bagian ranting bisa tumbuh dengan rapi.

4. Bunga Kamboja (Tanaman Adenium)

gambar-tanaman-hias-bunga-kamboja-frangipani-flower
sumber: https://www.bhg.com.au

Bunga kambija adalah bunga yang sering diidentikan denga hal-hal yang berbau mistis, karena tanaman ini sering tumbuh di area tempat pemakaman. Padahal disamping itu, banyak juga orang yang menjadikan bunga kamboja sebagai tanaman hias di area rumah mereka.

Jenis bunga kamboja yang paling sering digunakan sebagai tanaman hias adalah jenis adenium waterfall dan adenium windmill. Tanaman kamboja banyak digemari karena bunganya memiliki bentuk yang unik dan warna yang indah.

Selain indah, ternyata bunga kamboja juga memiliki manfaat bagi kesehatan manusia. Seperti penyakit TBC, hepatitis, dan disentri yang bisa dihambat dan disembuhkan lewat perantara zat yang terkandung pada bagian bunga dan getah kamboja.

Banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan menanam tanaman hias bunga kamboja ini. Selain berfungsi sebagai tanaman hias, juga bisa dijadikan sebagai media obat beberapa jenis penyakit. Bahkan di daerah Bali, bunga kamboja memiliki nilai ekonomis ynag lebih tinggi karena biasa dijual sebagai pelengkap dalam berbagai upacara adat tradisional masyarakat Bali.

5. Bunga Kenanga

gambar-tanaman-hias-bunga-kenanga-ylang-flower
sumber: http://blog.mundodosoleos.com

Bunga kenanga merupakan jenis tanaman hias yang dijadikan sebagai identitas dari Provinsi Sumatra Utara. Nama ilmiah bunga kenanga adalah Cananga odorata.

Bunga kenanga memiliki ciri khas kelopak bunga yang berwarna kuning, dimana ketika masih muda kelopak akan berwarna hijau. Selain itu, bunga ini juga memiliki bau yang sangat harum. Dimana aroma dari keharuman bunga kenanga bisa menjadikan rumah maupun anda yang menghirupnya menjadi terasa lebih tenang.

Berdasarkan semua penjelasan diatas, maka tidak aneh apabila bunga kenanga juga dijasikan sebagai salah satu tanaman khas Indonesia.

6. Bunga Bougenville

gambar-tanaman-hias-bunga-bougenvil-bougenville-flower
sumber: https://id.pinterest.com

Bunga  bougenville merupakan tanaman yang berasal dari daerah Amerika Selatan. Meskipun demikian bunga bougenville juga dapat dengan mudah ditemi di Indonesia, sebab tanaman ini termasuk ke dalam jenis tanaman tropis.

Tanaman hias bunga bougenville memiliki ciri khas pada bagian bunga yang berwarna ungu. Warna tersebut dapat menjadikan kesan eksotis pada bagian rumah yang dihiasi dengannya.

7. Bunga Amarilis

gambar-tanaman-hias-bunga-amarilis-flower
sumber: http://hai.grid.id

Tanaman bunga amarilis merupakan tanaman khas daerah tropis yang memiliki bermacam-macam warna. Bunga ini akan tumbuh dengan baik dan subur di daerah yang dapat terkena sinar matahari secara langsung.

Bunga amarilis sering dimanfaatkan sebagai tanaman pengusir nyamuk, tentunya disamping sebagai tanaman hias. Oleh sebab itu bunga amarilis sering ditanam dengan menggunakan pot, sehingga memudahkan ketika ingin ditempatkan atau dipindahkan di berbagai sudut ruangan di dalam rumah.

8. Bunga Kembang Sepatu (Hibiscus Flower)

gambar-tanaman-hias-bunga-kembang-sepatu-hibiscus-flower
sumber: https://www.palmers.co.nz

Nama Latin bunga kembang sepatu adalah Hibiscus rosasinensis. Meskipun bernama kembang sepatu, tanaman bunga ini tidak sedikit kemiripan pun dengan sepatu. Bentuk bunga kembang sepatu sama seperti bentuk bunga pada umumnya, hanya saja ia memiliki warna merah muda yang sangat indah.

Tumbuhan bunga kembang sepatu termasuk ke dalam kelompok jenis tumbuhan tropis. Sehingga bunga ini hanya dapat tumbuh subur di daerah yang terkena sinar matahari secara langsung.

Penanaman bunga kembang sepatu sebagai tanaman hias di rumah disarankan untuk menanamnya dengan menggunakan media pot. Sebab karakteristik tanaman ini bisa tumbuh menjadi sangat besar. Sehingga dengan menggunakan pot, pertumbuhan tanaman akan menjadi lebih mudah dikendalikan.

9. Bunga Kemuning (Murraya paniculata)

gambar-tanaman-hias-bunga-kemuning-murraya-paniculata
sumber: http://www.greeners.co

Nama Latin bunga kemuning adalah Murraya paniculata. Bunga ini biasa disebut oleh masyarakat sebagai tiruan dari bunga melati. Tumbuhan ini sangat menyukai sinar matahari.

Kekhasan tanaman hias bunga kemuning terletak pada aroma wangi yang bisa dihasilkan olehnya. Bahkan aroma wangi dari bunga kemuning akan semakin kuat baunya diwaktu malam hari.

Tanaman ini biasa tumbuh liar di tepi hutan atau semak belukar. Bunga kemuning sangat cocok ditanam sebagai tanaman hias sekaligus dijakikan tanaman pagar.

Perawatan bunga kemuning pun sangat mudah. Cukup diberi sedikit pupuk untuk memastikan dapat tumbuh dengan subur dan disiram seara rutin.

10. Bunga Geranium

gambar-tanaman-hias-bunga-geranium-flower
sumber: https://pixabay.com

Tanaman bunga geranium sangat cocok dijadikan sebagai tanaman hias. Berwarna ungu dengan pepaduan hitam di bagian tengahnya, menjadikan bunga ini sangat indah untuk dilihat.

Karena memiliki karakteristik dapat tumbuh secara terus-menerus hingga menjadi besar, disarankan untuk menanam bunga geranium dengan menggunakan pot.

Bunga geranium biasa dijadikan sebagai tanaman hias dengan cara menanamnya ke dalam pot kemudian digantungkan.

11. Bunga Terompet Emas/ Bunga Lonceng (Alamanda Cathartica)

gambar-tanaman-hias-bunga-lonceng-alamanda-cathartica
sumber: http://amdpstory.blogspot.co.id

Tanaman hias dengan nama latin alamanda cathartica ini lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai bunga terompet  emas atau bunga lonceng. Bunga ini sangat popular di Indonesia karena mudah di temui.

Bunga alamanda tidak memiliki bau aroma yang khas, tetapi bunga ini memiliki warna kuning yang indah dan sangat menarik perhatian. Tanaman ini sangat mudah untuk ditanam dan dikembangbiakan, biasa tumbuh secara bergerombol dan sangat cepat perkembangannya.

Macam-Macam Tanaman Hias Daun

gamabar-dekorasi-ruang-rumah-menggunakan-tanaman-hias-daun
sumber: https://www.aliexpress.com

Dekorasi ruangan atau rumah menggunakan tanaman hias, ternyata tidak hanya bisa menggunakan tanaman hias bunga saja. Banyak orang, khusunya cowok merasa kurang percaya diri apabila dekorasi ruangan atau rumahnya menggunakan bunga. Bagi sebagian cowok, penggunaan bunga dalam hal dekorasi membuat mereka terkesan kurang maskulin dan hilang kewibawaannya.

Untuk mengatasi hal tersebut. Maka dekorasi ruang atau rumah menggunakan tanaman hias daun bisa menjadi solusinya. Terdapat begitu banyak tanaman daun yang memiliki corak indah, bahkan beberpa tanaman juga memilki bentuk yang unik, sehingga hal ini bisa menambah kesan artistis ruangan atau rumah anda.

1. Tanaman Kaktus

gambar-tanaman-hias-daun-kaktus-cactus
sumber: http://www.duniaagro.com

Kaktus adalah jenis tanaman yang tidak memeperlukan perawatan secara khusus. Perawatan kaktus sangat mudah untuk dilakukan, cukup dengan menyiraminya sedikit air seminggu sekali dan tanaman ini tetap akan hidup.

Tanaman kaktus sangat cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias. Bentuk kaktus yang sangat unik akan sangat cocok apabila ditambahkan sebagai pelengkap dekorasi rumah anda.

2. Palem Kuning / Yellow Palm (Ypsis Lutescens)

gambar-tanaman-hias-daun-yellow-palm
Palem Kuning / Yellow Palm (Ypsis Lutescens)

Tumbuhan palem kuning telah sejak lama digunakan sebagai tanaman hias untuk mempercantik dekorasi rumah. Daun-daun yang berukuran kecil dan ramping serta batang berwarna kuning cerah membuat tanaman palem kuning mampu membuat pekarangan rumah tambah lebih ceria dan asri.

Suasana teduh dan asri akan semakin dirasakan para penghuni rumah ketika sinar matahari menyerot rimbunnya dedaunan tanaman ini disertai hembusan angin yang sepoi-sepoi.

3. Lidah Mertua (Sansevieria)

gambar-tanaman-hias-daun-lidah-mertua-sansevieria
sumber: http://sansevieria.ru

Tanaman lidah mertua berasal dari benua Afrika. Tanaman hias ini sangat cocok bagi anda yang suka akan hal-hal simpel dan tidak ribet. Tanaman sansevieria tidak memerluka keterampilan khusus dalam hal perawatannya. Tanaman hias ini sudah bisa tumbuh optimal hanya dengan mendapatkan air dan sinar matahari secara cukup.

Tanaman hias hias lidah mertua dinilai banyak orang mempunyai nilai artistik yang tinggi. Daun tanaman ini memiliki corak yang unik, sehingga bisa memberikan kesa yang dinamis pada daerah sekitarnya.

Lebih hebatnya lagi, selain berguna sebagai tanaman hias,  ternyata lidah mertua juga bermanfaat menangkal polusi, radikal bebas, dan mengurangi racun yan gada di udara (seperti CO2, kloroform, dan benzene). 

 

 

Leave a Comment