[Info Pengetahuan+] Gambar Alat Musik Modern dan Cara Memainkannya

[Info Pengetahuan+] Gambar Alat Musik Modern dan Cara Memainkannya

Selamat datang kembali di portal pusat pandang (Puspa), info dan berita update akan selalu Puspa dan tim sajikan bagi pembaca setia. Pada kesempatan kali ini, Puspa akan sharing informasi lengkap tentang jenis alat musik modern.

Sebagaimana kita ketahui, suara yang enak didengar bisa dihasilkan dari berbagai alat musik. Musik sendiri bagi sebagian orang, terkadang mempunyai filosofi dan makna tersendiri.

Sebagian dari kita mungkin ada yang menggunakan musik sebagai media penumbuh rasa semangat ketika down atau suntuk. Ada juga yang menggunakan musik sebgai pengiring ritual ibadah atau sebagai media meditasi.

Jadi bisa disimpulkan, bahwa alat musik sebenarnya memiliki banyak fungsi, baik sebagai sarana rekreasi maupun edukasi. Yuk untuk lebih jelasnya, langsung saja kita simak jenis alat musik modern favorit yang berkembang pesat di era sekarang ini:

 

Alat Musik Modern Dawai

Jenis alat musik dawai adalah jenis alat musik petik. Sehingga akan mengeluarkan suara bunyi nada indah ketika kita petik senar atau dawainya.

Sebagai tambahan pengetahuan mengenai dunia musik. Berdasarkan klasifikasi Hornbostel-Sachs dalam Organologi, ilmu yang fokus mempelajari cara memainkan alat musik di seluruh dunia. Alat musik senar tipe ini dinamakan dengan kordofon.

Pada dasarnya, terdapat 3 metode cara memainkan alat musik dawai modern. Suara merdu yang enak didengar akan keluar dari akan musik dawai saat kita petik, pukul, dan atau gesek.

Berikut contoh alat musik dawai modern paling populer di seluruh penjuru dunia:

 

Alat Musik Gitar

gambar-gitar-akuistik-elektrik-alat-musik-modern-alat-musik-petik
sumber: https://rastamaniapapua.blogspot.co.id

Gitar adalah alat musik petik modern paling populer dan banyak diminati sebagian besar masyarakat awam maupun mereka para pecinta musik. Cara bermain gitar juga mudah.

Kamu bahkan bisa belajar gitar otodidak di rumah lho. Cukup bermodalkan video tutorial dari youtube, dalam waktu sekejam kalian pasti sudah bisa menguasai berbagai kunci gitar dasar.

Sebagai alat bantu petik bila kuku jari kamu pendek, kamu bisa menggunakan plektrum gitar. Namun perlu diperhatikan, cara memetik gitar tidak boleh sembarangan lho.

Setiap jenis gitar memiliki cara petik sendiri, tergantung dengan tipe gitarnya. Berikut 2 tipe gitar paling populer dan paling banyak dimainkan.

 

Gitar Elektrik

gambar-gitar-elektrik-alat-musik-modern-belajar-bermain-gitar-listrik
sumber: http://www.freemake.com

Gitar elektik adalah alat musik yang cara memainkannya harus menggunakan bantuan arus listrik, sehingga jenis gitar ini lebih dikenal dengan gitar listrik. Ciri gitar listrik ditandai dengan bentuk gitar padat tanpa ada rongga lubang.

Getaran senar gitar elektrik yang terkena dengan bagian kumparan (pickup gitar) menjadi sumber suara alat musik. Canggihnya lagi, sinyal getaran suara yang dikeluarkan dari kumparan pickup gitar elektrik juga bisa diganti secara elektronik.

Para pemain gitar grup band pop dan musik rock, biasanya menggunakan bantuan alat efek gitar (guitar effect) smelakukan distorsi nada maupun reverb suara. Sehingga suara yang keluarkan dari sound sistem lebih bersih.

Jenis gitar elektrik telah dikenal luas dan biasa dijadikan sebagai instrumen alat musik utama dalam beberapa jenis genre musik favorit dan populer. Semisal genre musik pop, jazz, reggae, blues, rock, country dan sebagainya.

 

Gitar Akuistik

gambar-gitar-akuistik-alat-musik-modern-belajar-bermain-gitar-akuistik
sumber: http://www.hobimusiku.com

Pada dasarnya gitar akuistik tidaklah terlalu berbeda dengan jenis gitar klasik (classic guitar) dan gitar listrik. Ciri-ciri gitar akuistik ditandai dengan adanya lubang suara pada bagian tengah tubuh gitar.

Saat anda memetik senar gitar menggunakan jari tangan, getaran suara senar gitar akan dialirkan melalui sadel gitar dan jembatan pengikat gitar, baru kemudian masuk ke ruang suara.

Kualitas gitar akan semakin bagus apabila suara yang dihasilkan merdu dan halus alami. Sehingga kualitas senar gitar dan bahan baku kayu gitar menjadi sangat penting dalam hal ini.

Gitar akuistik lebih identik dipakai dalam pertunjukan musik solo. Terutama bagi mereka yang ingin menjunjukkan skill bermain gitar dengan tehnik fingerpicking komprehensif.

 

Biola

gambar-biola-alat-musik-modern-belajar-bermain-biola-dawai-senar
sumber: http://altrimenti.lu

Alat musik biola adalah alat musik asli negara Spanyol, dimana cara bermain biola yaitu dengan cara digesek. Kunci biola sendiri terdiri dari 4 buah nada lagu sesuai dengan jumlah senar biola, kunci nada biola tersebut diantanya adalah kunci G-D-A_E.

Bagi anda yang baru belajar bermain biola. Kunci chord biola yang menghasilkan nada rendah adalah kunci biola G. Walaupun hanya terdiri dari 4 buah senar, alat musik ini tetap bisa mengiringi semua genre lagu lho.

Banyak para violinis terkenal yang sukses unjuk gigi perform memainkan genre musik terkenal, seperti pop, klasik,dan, dan rakyat.

 

Alat Musik Modern Tiup

Alat musik modern tidak hanya terdiri dari jenis alat musik dawai saja, ada juga alat musik tiup modern. Dari namanya saja kita bisa dengan mudah menyimpulkan bahwa alat musik ini sangat berbeda dengan alat musik dawai.

Bunyi alat musik tiup dihasilkan karena adanya bunyi dari gerakan getaran bibir dan lidah pemain musik saat alat musik tersebut ditiup. Untuk lebih jelasnya, berikut daftar alat musik modern tiup populer dalam pertunjukan opera, orkestra dan simfoni.

 

Saksofon

gambar-saksofon-alat-musik-modern-belajar-bermain-saksofon-saxophone-tiup
sumber: https://sukawu.com

Orang luar lebih mengenal alat musik saksofon dengan sebutan saxophone. Saksofon pertama kali ditemukan di negara Belgia pada tahun 1840. Penamana alat musik saxophone diambil dari penemu alat musik ini, yang  bernama Adolpe Sax.

Pada awal penemuannya, saksofon hanya dipakai sebagai instrumen alat musik marching band militer dan orchestra. Sebab saksofon memiliki suara logam dengan jangkauan ekspresi nada besar.

Seiring dengan semakin maju dan pesatnya perkembangan dunia musik dunia. Bunyi saksofon juga diperdengarkan sebagai latar suara genre musik jazz, pop, dan big band musik.

 

Terompet

gambar-terompet-alat-musik-modern-belajar-bermain-terompet-musik-tiup
sumber: https://sukabacainformasi.blogspot.co.id

Pembahasan selanjutnya yakni tentang alat musik terompet. Bahan baku dasar pembuatan terompet berasal dari bahan logam-logaman dan kuningan. Ciri terompet terletak pada pengaturan nada yang hanya terdiri dari 3 tombol.

Jenis alat musik terompet unik karena bisa menghasilkan suara indah hanya dari 3 tombol nada pengaturan suara. Namun cara bermain terompet tidak bisa sembarangan, cara meniup dan penekanan harus dilakukan dengan teratur.

Karena terompet merupakan alat musik tiup. Maka syarat wajib supaya bisa memainkan alat musik tiup ini, kita harus memiliki nafas panjang dan kuat.

Oleh karena itu, bagi kalian yang ingin belajar bermain terompet, sangat disarankan untuk rajin berolahraga. Hindari hal-hal yang kurang baik bagi kesehatan dan berpotensi membuat nafas pendek, seperti merokok.

 

Harmonika

gambar-harmonika-alat-musik-modern-belajar-bermain-harmonika-musik-tiup
sumber: https://www.howcast.com

Alat musik harmonika adalah hasil pengembangan alat musik tradisional Cina yang sudah ada sejak zaman kekaisaran Cina pada 5000 tahun yang lalu. Orang Cina lebih mengenal  alat musik tiup harmonika ini dengan nama “cheng”.

Meskipun termasuk dalam golongan jenis alat musik tiup modern, cara memainkan harmonika sedikit berbeda dibandingan dengan alat musik tiup tradisional dan modern lainna.

Bagi kamu yang masih pemula dan baru berlajar bermain harmonika, pasti akan sedikit kesulitan dan kagok dalam memainkan harmonika. Harmonika dimainkan dengan cara meniup dan menghisap pada bagian kubang yang ada.

 

Alat Musik Modern Tuts (Pencet)

Baiklah pembaca setia pusat pandang, setelah kita membahas tentang lat musik tiup harminika modern. Sekarang saatnya Puspa akan membahas mengenai alat musik tuts.

Tuts adalah alat musik yang terdiri dari susunan papan nada, dimana cara memainkan alat musik ini dengan cara ditekan dengan jari-jari tangan kita. Berikut kumpulan alat musik tekan populer dalam dunia musik modern:

 

Keyboard

gambar-keyboard-alat-musik-modern-belajar-bermain-keyboard-tuts-tekan
sumber: https://talkinmusic.com

Alat musik keyboard adalah alat musik tuts modern yang berfungsi sebagai penyelaras nada (orchestrator) dan pengatur nada aransemen dalam suatu pertunjukan permainan musik.

Untuk anda yang baru belajar bermain keyboard, anda akan semakin cepat menguasai keyboard dan menjadi ahli (keyboardist) bila sebelumnya telah punya basic bermain piano.

Sebab cara memainkan keyboard hampir sama dengan cara memainkan piano. Hanya saja suara piano terbatas, tidak bisa mengeluarkan suara mirip alat musik lain sebagaimana keyboard, seperti suara seruling, terompet, gitar, perkusi, hingga suara biola.

Selain itu, keyboard juga merupakan salah satu jenis alat musik elektrik, sehingga membutuhkan daya listrik agar dapat menyalan dan dimainkan. Suara keyboard pun juga bisa diatar volume keras rendahnya.

 

Piano

gambar-piano-alat-musik-modern-belajar-bermain-piano-tuts-tekan
sumber: https://www.flowkey.com

Alat musik tuts piano adalah adalah alat musik pencet modern hampir sama dengan keyboard. Bunyi suara nada piano akan muncul ketika papan tuts (papan nada) piano kita tekan.

Perbedaan piano dengan keyboar yaitu terletak pada jumlah tuts piano lebih banyak daripada tombol tuts keyboard. Jumlah tuts piano sebanyak 88 buah. Selain itu, ukuran piano juga lebih besar dibandingkan ukuran keyboard.

 

Organ

gambar-organ-alat-musik-modern-belajar-bermain-organ-tuts-tekan
sumber: http://www.porticoards.com

Alat musik organ adalah alat musik tekan modern yang mirip dengan piano dan keyboard. Alat musik tuts modern organ, dapat menghasilkan suara nada-nada tertentu dengan menekan tuts organ.

Perbedaan organ dengan piano dan keyboard terletak pada perbedaan suara yang dihasilkan dari masing-masing alat musik tersebut.

Ciri organ yang paling mudah dikenali sekaligus sebgai pembeda dari yang lain terdapat pada unsur suara khas organ. Dimana bunyi suara organ tidak akan mengecil dan terus berbunyi saat kita menekan  terus tombol tuts organ.

Fungsi organ lebih sering digunakan sebagai pengiring kejuaraan pelombaan paduan suara non musisi. Sebab karakteristik organ memiliki tempo yang terbilang lemah, namun memiliki lokalisasi frekuensi bagus.

 

Alat Musik Modern Pukul

Siapa yang tidak kenal dengan jenis alat musik pukul modern? Dalam banyak acara di berbagai stasiun televisi lokal dan nasional. Banyak pertunjukan seni musik yang menampilkan alat musik pukul modern ini.

Dalam sebuah permainan alat musik, keberadaan alat musik pukul memegang peran dan fungsi vital dalam mengatur harmoni musik. Berikut beberapa contoh alat musik pukul populer beserta penjelasan lengkapnya:

 

Drum

gambar-drum-alat-musik-modern-belajar-bermain-drum-musik-pukul
sumber: https://www.amazon.com

Drum adalah contoh alat musik pukul modern yang masih tergolong dalam jenis perkusi. Fungsi drum dalam kolaborasi musik memegang peran kunci harmonisasi nada suara.

Dengan alat musik drum, kita dapat mengatur tempo permainan musik, baik diatur menjadi bertempo cepat maupun bertempo lambat. Maka tak aneh, bila banyak orang yang menganggap alat musik drum merupakan jantung pertunjukan musik.

Untuk kamu yang lagi ambil les belajar bermain drumm selain memperlajari cara memainkan drum, sebaiknya kumu juga upgrade pengetahuan seputar dunia drum.

Berikut, info jenis drum yang sering dipakai dalam sebuah pertunjukan pentas musik. Diantaranya adalah tapan, table mridangambodhrancajon, davul, chenda,  ashiko, conga dhol, djembe, dunun, aburukawa, bougarabou, taiko, dan timpani timbales dan djembe.

 

Vibraphone

gambar-vibraphone-alat-musik-modern-belajar-bermain-vibraphone-musik-pukul
sumber: https://www.kata.co.id

Sekilas alat musik pukul modern vibraphone mungkin terlihat sama dengan alat musik Kolintang khas Manado, Sulawesi Utara. Cara mamainkan vibraphone yaitu dengan cara dipukul pada bagian bilahan metal menggunakan mallet (alat bantu pukul khusus vibraphone).

***

Demikian ringkasan daftar gambar alat musik modern beserta cara memainkannya. Mudah-mudah bermanfaat dalam menambah wawasan anda. Terima kasih.

Leave a Comment