Tips Cara Bisnis Ikan Hias Air Tawar Aquarium Untung Ratusan Juta

Tips Cara Bisnis Ikan Hias Air Tawar Aquarium Untung Ratusan Juta

Seperti yang kita ketahui, negara kita (Indonesia) kaya akan keragaman sumber hayati. Termasuk dalam kekayaan ragam jenis ikan air tawar konsumsi dan jenis ikan hiasnya. Banyak sekali jenis ikan hias yang beragam motifnya. Baik itu ikan hias air laut maupun ikan hias air tawar.

Di waktu kecil, saya dan anda pasti pernah membeli ikan hias. Biasanya dijajakan pedagang asongan keliling di depan pintu gerbang sekolah waktu SD. Umumnya sih, jenis ikan mas koki dan ikan cupang. Benar tidak?

Orang disekitar anda juga mungkin sudah banyak yang memulai budidaya ikan hias. Baik untuk tujuan dijual maupun sekedar hobi mempercantik dekorasi rumah menggunakan aquarium hias.

Pada kesempatan kali ini, tim pusat pandang (Puspa) akan sharing tentang jenis ikan hias air tawar indah yang potensial untuk dijadikan bisnis menguntungkan bagi keluarga anda. Berikut daftar pilihan ikan hias mahal yang bisa anda pilih dalam bisnis ternak ikan:

 

Jenis Ikan Arwana Termahal

gambar-ikan-arwana-bagus-indah-cantik-ikan-hias-air -tawar

Ikan arwana adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang populer bagi para pecinta ikan hias dan kolektor. Nama latin ikan arwana adalah Scleopages sp. Warna sisik ikan arwana terkenal sangat cantik.

Sering kali ikan arwana dijuluki sebagai ikan naga (dragon fish), barramundi, saratoga, kelesa, siluk, kayangan, peyang, tangkelese, dan arowana. 

Sebuah mitos yang dipercayai orang Cina, katanya dengan memelihara ikan arwana bisa mendatangkan keberuntungan dan menjaga rumah dari arwah pengganggu. Namun itu hanya mitos, faktanya ikan arwana memang indah.

Habitat alami ikan arwana berada di daerah rawa-rawa yang tersebar di berbagai negara asia tenggara. Di indonesia, ikan arwana tersebar di rawa hutan belantara Pulau Papua dan Kalimantan.

Ciri ikan arwana diantaranya bisa dilihat dari bentuk tubuh ikan yang memanjang dan ramping menyerupai pisau. Selain itu, ikan arwana juga memiliki ciri khas berupa dua buah sungut yang berada di bibir bawahnya.

Sungut ikan arwana (kumis Ikan) berfungsi sebagai sensor getar alat pendeteksi gerakan dan posisi mangsa.

Berdasarkan semua keunggulan ikan arwana dibandingkan jenis ikan hias air tawar lainnya, maka tidak aneh apabila kemudian harga jual ikan arwana sangat tinggi. Berikut kumpulan gambar ikan arwana berkualitas super yang berpotensi untuk dijadikan sarana investasi:

1. Ikan Arwana Super Red (Ikan Arwana Merah)

gambar-ikan-arwana-super-red-merah-ikan-hias-air -tawar
sumber: https://www.emaze.com

Jenis ikan arwarna super red adalah jenis ikan arwana asli Indonesia. Habitat ikan arwana super red berada di Sungai Kapuas dan Danau Sentarum, daerah Provinsi Kalimantan Barat.

Sesuai dengan namanaya, warna arwana ini memang didominasi warna merah, baik pada bagian sirip, ekor, dayung , dan kumis ikan atau sungut ikan.

Ikan arwana super red berkualitas unggul cenderung memeliki warna sisik merah cabe atau merah darah. Sedangkan kualitas arwana super red tingkat paling rendah biasanya memiliki warna merah orange (oren/ oranye) dan merah emas.

Untuk mengakali hal ini, biasanya para penghobi ikan arwana akan melakukan beberapa tips dan trik untuk mempercepat keluar dan tumbuhnya warna merah pada tubuh ikan arwana.

Salah satu cara membuat tubuh ikan arwana menjadi merah adalah dengan melakukan tanning, memberikan pakan tambahan berkualitas, atau dengan menjemur ikan di tempat yang memungkinkan terkena sinar matahari langsung.

 

2. Ikan Arwana Cross Black Golden / X Black Golden

gambar-ikan-arwana-cross-black-golden-ikan-hias-air -tawar
sumber: https://www.monsterfishkeepers.com

Jenis ikan arwana cross back golden atau x black golden, sebenarnya merupakan salah satu jenis ikan arwana golden yang berasal dari Malaysia. Ciri Ikan arwana golden terdapat pada munculnya ring yang melingkar melewati punggung kepala ikan.

Warna ikan arwana golden, sebenarnya sangat beragam tidak hanya berwarna emas. Ada yang blue basepurple basesilver base hingga gold base.

 

3. Ikan Arwana Red Tail Golden / Golden Red

gambar-ikan-arwana-red-tail-golden-ikan-hias-air -tawar
sumber: https://alihamdan.id

Jenis ikan arwana red tail golden adalah salah satu jenis arwana golden asli Indonesia, yatu berasal dari Pekan Baru, Kepulauan Riau. Ciri Ikan arwana red tail golden terletak dari sifat ikan yang lebih agresif daripada arwana cross black golden.

Sedangkan untuk keragaman warna ikan arwana red tail golden, lebih didominasi warna-warna dasar seperti blue basegreen base dan gold base.

Meskipun harga ikan arwana red tail golden lebih murah dari harga ikan arwana super red, namun memelihara ikan arwana ini tetap mempunyai kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya.

 

4. Ikan Arwana Silver (Ikan Arwana Brazil)

gambar-ikan-arwana-silver-platinum-brazil-ikan-hias-air -tawar
sumber: https://aquaticmag.com

Jenis ikan arwana silver (ikan arwana perak) adalah ikan arwana yang paling banyak dipelihara sebagai ikan hias aquarium. Hal tersebut disebabkan karena harga jual ikan arwana perak biasanya dijual dengan harga yang terjangkau.

Arwana silver berasal dari negara Brazil dan merupakan ikan khas Sungai Amazon. Meskipun demikian, ikan arwana ternyata sudah bisa berhasil ditangkarkan dan dikembang biakkan di berbagai negara.

Dan dari beberapa uji coba perkawinan silang ikan arwana, para peneliti berhasil menciptakan varietas arwana baru dengan warna platinum silver di sekujur sisik ikan. Tentu saja harga arwana platinum silver menjadi jangan jauh lebih tinggi daripada ikan hias air tawar arwana silver biasa.

 

5. Ikan Arwana Hijau (Arwana Golden Pino/ Green Arwana)

gambar-ikan-arwana-golden-pino-hijau-ikan-hias-air -tawar
sumber: http://tips-ikanhias.blogspot.co.id/

Pada dasarnya warna arwana golden pino lebih didominasi oleh warna hijau semi perak yang sekaligus menjadi ciri ikan arwana hijau. Ikan hias air tawar ini merupakan ikan khas Indonesia, seperti ikan arwana jardini (arwana papua) dan ikan arwana banjar.

 

6. Ikan Arwana Black Golden

gambar-ikan-arwana-black-golden-emas-ikan-hias-air -tawar
sumber: http://tips-ikanhias.blogspot.co.id

Jenis arwana black golden masih sejenis dengan arwana golden. Sama-sama berasal dari luar negeri, sebagaimana jenis ikan arwana afrika (african arwana) dan arwana arapaima gigas.

Ikan arwana black golden bisa kamu temukan di beberapa spot di negara Malaysia, seperti Johor Baru, Bukit Merah, Trengganu, dan Perak. Ciri arwana black golden dapat diketahui dari sisik ikan tebal berwarna hitam yang dibalut warna emas.

Karena termasuk ke dalam jenis ikan arwana langka, harga arwana black golden menjadi lebih mahal dibandingkan dengan jenis ikan arwana lainnya.

 

Jenis Ikan Koi Hias 

gambar-ikan-koi-bagus-indah-cantik-ikan-hias-air -tawar

Ikan koi termasuk dalam jenis ikan Karper Cyprinuscarpio. Sebagai ikan hias air tawar, koi merupakan hewan peliharaaan lucu dan indah untuk dipandang. Tak heran bila kemudian ikan koi dikoleksi oleh para penggemar ikan hias.

Walaupun dianggap sebagai ikan khas Jepang, ikan koi sebenarnya juga  tumbuh dan berkembang di berbagai negara asia, tepatnya yang berada disekitar samudra pasifik.

Masyarakat Jepang percaya, ikan koi merupakan simbol persahabatan dan cinta. Kepercayaan tersebut didasari karena ikan koi termasuk sebagai hewan homofon.

Bahkan penduduk negeri sakura juga percaya, memelihara ikan koi akan membawa keberuntungan dalam hidup mereka. Maka tidak aneh bila kemudian kolam ikan koi indah selalu ada disetiap rumah penduduk negeri matahari terbit.

Jadi tidak aneh, meskipun cara budidaya ikan koi telah berkembang pesat di Jepang. Harga jual ikan koi juga mahak, karena ikan koi yang dijual adalah jenis koi varietas unggul.

Pada dasarnya jenis ikan koi sendiri sangat banyak jumlahnya. Tidak mengherankan apabila kemudian banyak orang yang merasa kesulitan dalam membedakan ciri-ciri ikan koi dari setiap jenisnya.

Sebab corak dan warna ikan koi hampir-hampir mirip antara jenis yang satu dengan jenis yang lainnya. Namun pada dasarnya, hanya ada 3 warna dasar ikan koi, yakni warna putih, oranye dan hitam.

Berikut kumpulan gambar ikan koi dari berbagai jenis ikan koi unggulan yang memiliki nilai jual tinggi.

 

1. Ikan Koi Kohaku Juara

gambar-ikan-koi-kohaku-juara-ikan-hias-air -tawar
sumber: http://birdbody.blogspot.co.id

Jenis ikan koi kohaku adalah jenis ikan koi tertua dibandingkan koi lainnya, dan termasuk pilihan favorit dalam breeder koi. Warna ikan koi kohaku didominasi oleh warna dasar putih dengan tambahan corak merah diatasnya.

Ciri ikan koi kohaku berkualitas terbaik ditandai dengan corak warna merah terang. Harga ikan koi kohaku termasuk mahal,  terlebih spesies koi jenis Tancho Kohaku, Maruten Kohaku, dan Gin Rin Kohaku.

 

2. Ikan Koi Taisho Sanke 

gambar-ikan-koi-sanke-taisho-ikan-hias-air -tawar
sumber: http://www.ikankoi.org

Secara kasat mata, ikan koi taisho sanke hampir sama dengan kohaku. Ciri ikan koi sanke sekaligus pembeda dari jenis lainnya terletak pada pola warna merah yang dikombinasi dengan corak warna putih.

 

3. Ikan Koi Shiro Utsuri

gambar-ikan-koi-shiro-utsuri-ikan-hias-air -tawar
sumber: https://gilakoi.com

Ciri ikan koi shiro utsuri sekaligus sebagai pembeda utama dengan ikan koi lain teletak pada warna ikan koi utsuri yang mempunyai warna dasar hitam dengan corak warna putih.

Harga ikan koi shiro utsuri yang paling mahal adalah spesies shiro utsuro terbaik yang memiliki parpaduan warna hitam dan putih di bagian kepala.

 

4. Ikan Koi Showa Sanshoku

gambar-ikan-koi-showa-sanshoku-ikan-hias-air -tawar
sumber: http://bradjustusblog.com

Jenis koi showa sekilas agak mirip dengan sanke. Hanya saja, harga koi showa lebih mahal.

Ciri ikan koi showa sekaligus pembeda dari koi sanke terdapat pada hitam yang ada pada bagian kepala ikan. Pola hitam pada koi showa menyebar keseluruh tubuh, sedangkan pada koi sanke hanya ada pada bagian atas saja.

 

Jenis Ikan Louhan

Ikan hias louhan adalah jenis ikan hias air tawar yang habitat aslinya sebenarnya hanya ada di Negara Taiwan dan Malaysia. Bagi yang belum tahu, nama latin ikan louhan adalah A. trimaculatus dan dalam bahas inggris disebut Flowerhorn.

Namun karena banyak orang yang suka dengan warna dan bentuknya, ikan louhan kemudian menjadi primadona ikan peliharaan orang-orang pecinta ikan hias dari berbagai negara di dunia.

Warna sisik yang terkesan hidup ditambah dengan adanya benjolan di kepala membuat ikan ini dijuluki ikan jenong. Bahkan kecantikan ikan louhan dan har jual jual ikan louhan akan semakin meroket bila benjolan di kepala ikan semakin besar.

Ikan louhan termasuk ke dalam jenis ikan predator (ikan pemangsa), sehingga terkenal memiliki sifat agresif. Untuk mempermudah anda dalam mengenali dan mengidentifikasi jenis ikan louhan terpopuler. Berikut ulasan lengkap ikan louhan kualitas super.

 

1. Ikan Louhan Golden Red

gambar-ikan-louhan-cencu-unggulan-ikan-hias-air -tawar-indah
sumber: http://f15louhan.blogspot.co.id

Ikan louhan golden red merupakan salah satu jenis ikan louhan termahal dan tercantik di seluruh dunia ikan hias air tawar. Louhan golden red berasal dari negara Thailand, sebagimana jenis ikan louhan SRD dan ikan louhan kemalau.

Sesuai namanya, ciri ikan louhan golden red ditandai dengan perpaduan warna merah dan emas disekujur tubuh ikan. Sayangnya warna ikan louhan golden red masih belum terlihat jelas saat masih berupa anakan ikan louhan, sehingga sulit melakukan deteksi dini.

Seiring dengan penambahan hormon kulit dan  perubahan warna sisik yang semakin terang dan jelas. Harga ikan louhan di pasar ikan hias bisa mencapai kisaran Rp 3.500.000; per ekor untuk louhan dewasa.

 

2. Ikan Louhan Kamfa

gambar-ikan-louhan-kamfa-unggulan-ikan-hias-air -tawar-indah
sumber: http://bahasikan.com

Ikan louhan kamfa adalah juara bertahan di dunia ikan hias air tawar louhan. Sebab, meskipun kejayaan dan ketenaran budidaya ikan ouhan mulai redup, penggemar ikan louhan jenis ini bisa dikatakan masih banyak jumlahnya.

Warna ikan louhan kamfa yang sangat cantik hingga menyerupai bunga hias jenis mawar merupakan ciri ikan louhan kamfa. Dimana pada bagian sirip dan ekor ikan dihiasi dengan bintik-bintik pola polkadot berwarna putih.

Harga ikan louhan kamfa, sekarang dibanderol dengan harga minimal Rp 3.500.000,00. Masih ebih murah dibandingkan harga ikan louhan rainbow king dan ikan louhan bonsai.

 

3. Ikan Louhan Cencu

gambar-ikan-louhan-cencu-unggulan-ikan-hias-air -tawar-indah
sumber: http://www.bebeja.com

Penting sebagai tambahan pengetahuan perikanan, nama louhan cencu juga memiliki sebutan nama lain yaitu ikan louhan mutiara. Sedangkan kalau untuk jenis louhan cencu sendiri dibagi menjadi 2, yaitu ikan lohan cencu modern dan cencu klasik.

Ciri ikan louhan cencu adalah memiliki dua warna berbeda pada bagian tubuhnya. Bagian kepala louhan cencu hingga pertengahan tubuh berwarna warna, sedangkan bagian tengah sampai ekor berwarna kuning keemasan.

Harga ikan louhan cencu tergolong murah. Jadi sangat cocok bagi kalian yang ingin memulai belajar memelihara ikan hias louhan.

Leave a Comment