Rekaman Gempa Bali-Lombok Saat Warga Shalat Isya

Rekaman Gempa Bali-Lombok Saat Warga Shalat Isya

Gempa Bali dan Lombok- Allahu Akbar! Gempa susulan yang dengan kekuatan dahsyat terjadi lagi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), tepanya berada di Lombok Utara.

Kuatnya getaran gempa yang terjadi hingga bisa dirasaka oleh masyarakat Pulau Dewata, Bali. Berbagai rekaman detik-detik gempa pun terekam dengan jelas lewat beberapa CCTV yang ada di beberapa masjid.

Rekaman Detik-Detik Gempa Bumi Lombok dan Bali

Rekaman Detik-Detik Gempa Bali Secara Live Saat Shalat Jamaah

Masyaallah, mekipun terjadi gempa bumi, namun tetap tidak menghentikan kedahsyatan bacaan kalimatullah. Rekaman detik-detik gempa Bali diatas didapatkan dari tayangan langsung saat shalat berjamaah di Mushola As Syuhada Denpasar.

Meskipun beberapa jamaah berlari untuk menyelamatkan diri, sang imam sholat tetap melanjutkan sholat dengan melantunkan ayat kursi dengan suara yang bergetar.

Hasil Rekaman CCTV Masjid: Gempa Lombok-Bali

Suasana kepanikan jamaah sholat saat tiba-tiba terjadi gempa dengan kekuatan besar. Mari kita doakan agar saudara-saudara kita selalu berada dalam lindungan dan penjagaan Allah, amin.

4 amalan ketika terjadi gempa:
(1) Taubat kepada Allah
(2) Perbanyak dzikir, doa, dan istighfar kepada Allah
(3) Membantu para korban bencana
(4) Menegakkan Amar Ma’ruf Nashi Munkar

Rekaman Kepanikan Jamaah Pengajian Diiringi Takbir Saat Terjadi Gempa

Gempa bumi di lombok tidak hanya terjadi satu kali, gempa susulan terjadi berulang hingga puluhan kali dengan kekuatan gempa diatas 5 skala richter.

Dalam rekaman di atas, terekam secara jelas dan detail detik-detik gempa bumi yang terjadi di sebuah masjid di Pulai Lombok. Kejadian tersebut terjadi ketika berlangsung pengajian rutin setiap ahad pagi setelah sholat subuh berjamaah.

Rekaman CCTV Masjid di Bali saat Atap Roboh Akibat Gempa Bumi

Pada hari Minggu, 8 Agustus 2018, gempa yang cukup besar terjadi di pulau seribu masjid, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Durasi getaran gempa lombok terjadi cukup lama dan besar, hingga getarannya juga bisa dirasakan oleh masyarakat di Pulau Bali. Seperti pada rekaman video klip diatas.

Berdasarkan rekaman cctv Masjid Agung Bangli, gempat terjadi saat umat Islam sedang mengerjakan sholat isya pada hari minggu malam. Terlihat jamaah yang lumayan panik.

Alhamdulillah ketika atap masjid roboh sudah tidak ada jamaah yang tertimpa.

 

Hukum Membatalkan Sholat Saat Gempa (Kondisi Bahaya)

Sebagai manusia biasa, kita pasti tidak bisa memprediksi kapan terjadi suatu marabahaya. Sesuatu hal yang berbahasa bisa terjadi kapan pun waktunya dan dimapun tempatnya, termasuk ke ketika melaksanakan sholat.

“Terus bagaimana kalau terjadi gempa saat sholat, seperti kejadian di Bali dan Lombok? Apakah kita boleh membatalkan sholat wajib?”

Terkait kasus seperti tersebut diatas. Para ulama sepakat untuk diperbolehkannya membatalkan sholat wajib dalam kondisi bahaya atau genting, sebagaimana yang terjadi pada video di atas.

Namun apabila jamaah sudah yakin akan kekuatan konstuksi masjif yang ada, maka melanjutkan sholat juga tidak dilarang (tidak masalah tetap melanjutkan sholat). Bahkan apabila tempat sholat tiba-tiba hancur atau ambruk dan jamaah sholat meninggal dunia, maka insyaallah syahid.

Yang jadi masalah (kondisi yang dilarang melanjutkan sholat saat bahaya) adalah kondisi dimana jamaah sudah tahu bahwa konstruksi masjid atau tempat sholat yang ditempati tidak rapuh dan pasti bakal ambruk kalau terjadi gempa. Namun justru sengaja menunggu agar bangunan hancur dan ambruk menimpa dirinya, maka hal ini termasuk tindakan bunuh diri alias mati konyol.

Leave a Comment