11+ Potensi Usaha Budidaya Ikan Air Tawar Paling Mudah Cepat Panen

11+ Potensi Usaha Budidaya Ikan Air Tawar Paling Mudah Cepat Panen

Sampai saat ini bisnis di bidang perikanan khususnya sektor ikan air tawar, boleh dikata belum digarap dengan maksimal. Terbukti dengan fakta di lapangan bahwa hasil produksi usaha budidaya ikan air tawar belum mampu mencukupi permintaan pasar.

Realitanya kalkulasi tingkat permintaan ikan yang ada, baru yang berasal dari pasar dalam negeri. Namun para peternak ikan air tawar sudah angkat tangan, padahal itu belum di tambah potensi pangsa konsumen dari luar negeri lho.

Disisi lain jika dibandingkan dengan bisnis budidaya ikan sejenisnya, seperti ikan air laut. Budidaya ikan air tawar dinilai masih memiliki banyak kelebihan, terutama bila ditinjau dari sisi kemudahan dalam proses pemeliharaan ikan.

Lalu pertanyaannya, bisnis budidaya ikan air tawar jenis apa saja yang saat ini dan kelak kedepannya bisa memiliki potensi prospek bisnis terlaris? Berikut beberapa pilihan di antaranya:

 

Ikan Gurame (Osphronemus goramy)

gambar-ikan-gurame-ikan-air-tawar-cara-budidaya-ikan-gurame
sumber: https://www.bagi-in.com

Ikan gurame adalah ikan sejuta umat, ikan ini banyak ditemui disajikan sebagai menu makanan spesial restoran terkenal. Ciri ikan gurame terletak pada rasa daging yang gurih dan tekstur daging ikan lembut.

Olahan spesial dari resep ikan gurame biasanya berbentuk ikan gurame bakar, gurame asam manis dan gurame bakar. Warna ikan gurame yang banyak dijual di berbagai pasar lokal biasanya berwarna abu-abu gelap, merah, oranye (orange), dan kuning.

Meskipun cara budidaya ikan gurame mudah, harga ikan gurame bisa dibilang lumayan mahal. Sebab kuantitas hasil produksi ikan gurame masih berada dibawah jumlah permintaan pasar terhadap ikan.

Di supermarket dan pasar ikan, jenis gurame paling diminati masyarakat umum adalah jenis gurame soang (angsa), gurame jepun (Jepang), gurame Paris. gurame Bastar. gurame kapas, dan gurame batu.

 

Ikan Lele Dumbo (Clarias)

gambar-ikan-lele-ikan-air-tawar-cara-budidaya-ikan-lele
sumber: https://www.vebma.com

Ikan yang sering disebut juga dengan nama ikan keli ini terkenal sebagai makanan merakyat. Menu ikan lele mudah ditemui diberbagai sudut kota, dijajakan di warung-warung tenda pedagang kaki lima (pkl) hingga rumah makan terkenal.

Kumis lele dan patil menjadi ciri ikan lele yang paling mudah dikenali dan khas. Pelaku budidaya ikan lele, biasanya mereka memilih untuk ternak lele jenis lele lokal, lele sangkuriang, lele phyton, lele masamo dan atau lele mutiara.

Harga ikan lele terbaru selalu mengalami kenaikan harga jual. Hal ini disebabkan karena tingginya permintaan lele konsumsi yang belum bisa dipenuhi para peternak.

Resep spesial yang biasanya menjadi hidangan favorit keluarga adalah ikan lele goreng dan pindang ikan lele.

 

Ikan Keting/ Ikan Lundu (Mystus)

gambar-ikan-keting-lundu-ikan-air-tawar-cara-budidaya-ikan
sumber: https://www.khasiat.co.id

Nama ikan air tawar diatas mungkin sedikit asing di telingan sebagian besar dari kita. Bahkan setiap daerah juga memiliki sebutan berbeda dalam penyebutan nama jenis ikan air tawar diatas, seperti kating, ririgi, libere, tendon, senggiringan, dan ndaringan.

Ciri ikan kating diantaranya adalah memiliki kumis yang panjang seperti ikan lele, memiliki 3 buah patil atau alat pertahanan diri berupa alat sengat, dan tekstur kulit yang licin.

Ikan keting biasa diolah menjadi ikan asin dan gereh pethek.  Bagi anda yang ingin mengembang biakannya, pelajari dan kuasai terlebih dahulu cara budidaya ikan keting secara mendetail dan menyeluruh. Sebab perawatan ikan sedikit ribet.

Anda semua harus waspada hati-hati dengan patil ikan yang satu ini. Karena jika salah satu anggota tubuh anda terkena patil (terpatil), anda bisa menderita nyeri tak tertahankan.

 

Ikan Mas (Cyprinus carpio)

gambar-ikan-lele-mas-air-tawar-cara-budidaya-ikan-mas
sumber: http://sekuatjaringan.blogspot.co.id

Bagi kalian yang termasuk sebagai kelompok generasi tahun 90an, pasti pernah membeli ikan mas dan menjadikannya sebagai ikan hias aquarium di rumah. Warna ikan emas yang berkilau kuning keemasan menjadi ciri ikan mas dari ikan lain.

Karena hal tersebut, banyak orang yang kemudian mempelajari cara budidaya ikan mas untuk tujuan bisnis. Apalagi harga ikan emas termasuk cukup mahal, peperti jenis ikan mas putri yogya.

 

Ikan Mujair (Oreochromis mossambicus)

gambar-ikan-mujair-ikan-air-tawar-cara-budidaya-ikan-mujair
sumber: http://www.semuaikan.com

Asal anda tahu, penamaan ikan mujair ternyata berasal dari nama orang penemu ikan ini yang bernama Pak Mujair. Ciri ikan mujair salah satunya terletak pada tekstur daging yang tebal dan lembut.

Cara budidaya ikan mujair yang paling familiar adalah menggunakan kolam terpal, tambak, dan kolam tanah. Harga Ikan mujair termasuk tidak mahal. Di tempat pelelangan ikan, pedagang ikan bisa menjual dengan harga Rp 24.000;/ kg.

 

Ikan Nila (Oreochromis niloticus)

gambar-ikan-nila-ikan-air-tawar-cara-budidaya-ikan-nila
sumber: https://www.khasiat.co.id

Jenis ikan nila dibedakan menjadi dua, yaitu ikan nila hitam dan ikan nila merah. Pada dasarnya ciri ikan nilai hitam dan merah hanya terletak pada perbedaan warna kulit ikan.

Harga ikan nila hitam di pasar domestik lebih murah dibandingkan nilai merah, sebab cara budidaya ikan nila merah lebih sulit. Resep ikan nila yang paling enak adalah ikan nila goreng dan ikan nilai saus pedas.

 

Ikan Wader (Barbodes binotatus)

gambar-ikan-wader-ikan-air-tawar-cara-budidaya-ikan-wader
sumber: http://www.siamensis.org

Siapa yang tidak kenal dengan ikan wader? Ikan ini sangat populer bagi masyarakat Asia Tenggara dan sekitar samudra hindia. Ciri ikan wader mudah dikenali dari warna sirip dan ekor  ikan yang berwarna kuning.

Ikan wader biasa diolah menjadi lalapan atau digoreng menjadi makanan ringan (snack), seperti peyek ikan.

 

Ikan Bawal (Bramidae)

gambar-ikan-bawal-ikan-air-tawar-cara-budidaya-ikan-bawal
sumber: https://kumparan.com

Ikan bawal adalah jenis ikan air tawar yang paling banyak peminatnya. Biasanya orang-orang mengkonsumsi ikan bawal menjadi bawal bakar acar kuning dan bawal goreng crispy pesmol.

Untuk menghemat biaya operasional. Biasanya petani ikan menggunakan cara budidaya ikan bawal, dengan metode disandingkan beriringan bersama tambak udang.

Harga ikan bawal murah lho, hanya sekitar Rp 10.000;/ kg. Dimana bentuk yang menyerupai ikan piranha (ikan khas sungai Amazon, Brazil) menjadi ciri ikan bawal yang paling mudah dideteksi.

 

Ikan Belida (Chitala)

gambar-ikan-belida-ikan-air-tawar-cara-budidaya-ikan-belida
sumber: http://www.fisheries.go.th

Ikan Belida adalah jenis ikan khas daerah aliran sungai Musi, Provinsi Sumatera Selatan. Di beberapa daerah ikan belida disebut juga dengan sebuana nama ikan berpunggung pisau atau ikan lopis.

Meskipun habitat asli ikan belida addi pulau sematra, namun sekarang kita juga isa menemukan ikan ini daerah Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Papua, bahkan hingga Semenanjung Malaya.

Ciri ikan belida yang berbentuk pipih dimana gerakan tubuh ikan menyeruai kipas membuatnya diburu para kolekter ikan unik, meski harga ikan belida mahal.

Didaerah asalnya, makanan dari hasil olahan ikan belida yang paling terkenal adalah kerupuk ikan belida dan pempek ikan belida. Namun karena populasi ikan belida semakin berkurang dan mulai langka, maka kemudian diganti menggunakan ikan tenggiri.

 

Ikan Belut Sawah (Monopterus albus)

gambar-belut-sawah-ikan-air-tawar-cara-budidaya-belut-sawah
sumber: https://mancing-enak.blogspot.co.id

Pasti bakal banyak yang heran dan baru tahu kalau ternyata belut temasuk ke dalam golongan jenis ikan air tawar konsumsi. Ciri belut hampir sama dengan ular, berbentuk panjang dan cara jalannya melata, hanya saja belut licin dan tidak beracun.

Meskipun belut termasuk hewan hermaprodit, memiliki 2 alat kelamin jantan dan betika yang bisa berfungsi secara sempurna. Sehingga memungkinkannya untuk berkembang biak tanpa harus melakukan proses kawin dengan hewan lain sejenis.

Harga belut masih sangat mahal. Para petani belut merasa kewalahan dalam memenuhi permintaan pembeli. Sebab mereka belum berhasil menemukan cara budidaya belut secara efektif dan efisien yang bisa menaikkan tingkat produksi belut.

Sebagimana ikan pada umumnya yang kaya akan kandungan gizi, berikut manfaat ikan belut yang baik bagi kesehatan metabolisme tubuh.

  • Pencegah anemia (penyakit kekurangan darah)
  • Sumber penambah stamina
  • Sumber protein hewani
  • Obat kanker (kanker serviks, kanker payudara, kanker tak, kanker darah)

 

Ikan Betok (Anabas testudineus)

gambar-ikan-betok-ikan-air-tawar-cara-budidaya-ikan-betok

Ikan yang juga dikenal dengan nama ikan betik ini sebenarnya mengandung banyak gizi sesuai yang dibutuhkan tubuh manusia. Namun karena ciri ikan batik salah satunya adalah memiki banyak duri di bagian daging, membuat ikan betik kurang digemari.

Oleh karena itu, budidaya ikan betik menjadi kurang diminati disamping harga ikan betik murah dan kurang laku dijual. Padahal dengan trutin konsumsi ikan betok, banyak khasiat yang sebenarnya bisa tubuh kita peroleh, diantaran adalah:

  • Pencegah penyakit pikun dan mengurangi tingkat kepikunan
  • Meningkatkan kecerdasan otak anak
  • Mencegah osteoporosi, dan masiih bayak lagi

Habitat ikan betok sangat mudah ditemukan karena berada disekitar kita. Kamu bisa dengan mudah menemukannya di daerah sungai, areal persawahan, hutan rawa, ataupun parit sekalipun.

Bagi kamu yang ingin mengisi waktu luang dengan kegiatan memancing ikan betok, gunakan umpan ikan berupa cacing dan atau jangkrik.

 

Ikan Betutu (Oxyeleotris marmorata)

gambar-ikan-betutu-ikan-air-tawar-cara-budidaya-ikan-betutu

Ikan air tawar jenis betutu mungkin belum terkenal sebagai mana jenis ikan konsumsi lainnya. Namun perlu dicatat, nama ikan betutu sudah sangat dikenal pecinta kuliner sea food di berbgai belahan dunia.

Ciri ikan betutu yang hampir sama rupa dan bentuknya dengan ikan kerapu. Ditambah harga ikan betutu yang mahal seperti ikan kelas premium lainnya. Membuat orang awam sering salah beli.

Bagi anda yang baru mulai terjun ke dalam bisnis perikanan. Maka cara budidaya ikan betutu yang paling efektif dan murah adalah dengan memilih budidaya keramba apung.

 

Ikan Biawan Kalimantan (Helostoma temminckii)

gambar-ikan-biawan-ikan-air-tawar-cara-budidaya-ikan-biawan
sumber: https://www.infoikan.com

Orang luar lebih mengenal jenis ikan hias air tawar ini sebagai “kissing fish“. Sebab ciri ikan kissing fish selalu melakukan kontak mulut (seperti berciuman) ketika bertemu dengan ikan yang sejenis.

Minat masyarakat terhadap budidaya ikan beliwan masih terbilang sedikit, sebab jenis ikan beliwan sangat mudah ditemui dan tersebar merata di seluruh wilayah kabupaten Kutai Kertanegara.

Di musim kemarau, sungai dan rawa akan mengering, sehingga banyak ikan belikan yang terjebak di genangan air. Masyarakat pulau Kalimantan biasanya menangkap ikan ini menggunakan jaring yang telah dimodifikasi dengan pelampung dari ban truk.

 

Ikan Bilih (Mystacoleucus padangensis) 

gambar-ikan-bilihikan-air-tawar-cara-budidaya-ikan-bilih

Jenis ikan bilih, oleh masyarakat di luar daerah Minangkabau lebih dikenal dengan nama ikan bilis. Ikan bilih adalah salah satu jenis ikan konsumsi yang sangat populer dan cukup penting di daerah Provinsi Sumatra Barat.

Resep masakan ikan bilih, lebih sering diasinkan dalam proses pengolaannya. Selain dijadikan ikan asin, terkadang juga diolah menjadi ikan asap. Selain cita rasa ikan lezat juga sekaligus membuat daya tahan ikan lebih awet lewat proses pengawetan alami.

Meskipun selalu dikonsumsi, bahkan juga di ekspor ke berbagai benua eropa, amerika, dan australia. Jumlah ketersediaan ikan bilih di Danau Singkarak sangatlah melimpah, bahkan tanpa perlu dilakukan budidaya ikan bilih, produksi ikan bilih naik mencapai 350 ton.

 

Ikan Gabus (Channa striata)

gambar-ikan-gabus-ikan-air-tawar-cara-budidaya-ikan-gabus
sumber: http://thetanjungpuratimes.com

Ikan gabus sering dikenal juga dengan nama ikan kutuk. Dinamakan demikian bukan karena ciri ikan gabus seperti styrofoam ya! Tapi karena daging ikan gabus lembut. Ikan ini lebih sering diolah menjadi sayur kuning dan sop kepala ikan.

Walaupun rasa daging enak, jumlah ikan gabus yang terlalu banyak di alam liar menyebabkan harga ikan gabus rendah. Bahkan malah sering kali dianggap sebagai hama ketika memasuki kolam budidaya ikan jenis lain.

Ikan gabus dianggap sebagai hama perikanan karena makanannya adalah berudu (anak kodok), serangga, hingga ikan berukuran kecil. Sehingga sangat dimungkinkan ikan gabus bakal memangsa benih ikan budidaya, seperti bibit lele dan bibit nila.

 

Ikan Patin (Pangasius)

gambar-ikan-patin-ikan-air-tawar-cara-budidaya-ikan-patin
sumber: http://www.semuaikan.com

Dari namanya saja, ikan air tawar ini sudah mirip dengan alat sengat ikan lele “patil lele”. Itu semua karena ikan patin masih satu keluarga (satu famili kalau dalam ilmu taksonomi biologi) dengan ikan lele.

Ikan patin tidak pernah terlewatkan dalam menu hidangan istimewa keluarga. Ikan patin memiliki kandungan gizi tinggi, sehingga cocok digunakan sebagai asupan tambahan pendukung tumbuh kembang anak kesayangan anda.

Harga ikan patin yang dijual Rp 17.000;/ kg oleh para petani budidaya ikan patin, tidak sebanding dengan manfaat yang kita peroleh.

 

Ikan Tawes (Barbonymus gonionotus)

gambar-ikan-tawes-ikan-air-tawar-cara-budidaya-ikan-tawes
sumber: https://www.kata.co.id

Ikan tawes lebih dikenal orang luar negeri dengan sebutan ikan silver barb dan java berb fish. Jumlah konsumsi ikan tawes termasuk besar, sehingga banyak pelaku budidaya ikan tawes di kolam terpal, kolam tanah, maupun kolam beton.

Ciri ikan tawes yang berkulit bersih, menyebabkan banyak orang tidak merasa jijik dan saat membersihkannya. Ikan ini masih satu kerabat dengan ikan nilem lho.

Di Indonesia sendiri, sangat banyak julukan berbeda dari setiap daerah untuk menyebut jenis ikan air tawar konsumsi ini. Seperti sebutan ikan badir oleh orang jawa, ikan lawak atau lalawak oleh orang melayu, dan ikan turub huwu atau lampan jawa oleh orang sunda.

 

Ikan Sepat (Colisa)

gambar-ikan-sepat-ikan-air-tawar-cara-budidaya-ikan-sepat
sumber: http://jualikansepat.blogspot.co.id

Jika kamu pecinta ikan asin. Pasti sangat kenal dengan gambar ikan diatas karena sering mengkonsumsi ikan sepat. Yup, benar sekali. Ikan sepat memang sering olahan menjadi menu ikan asin.

Sejumlah orang, malah terkadang hanya menjadikan ikan sepat sebagai hiasan aquarium. Mungkin mereka belum tahu manfaat besar dari daging ikan sepat.

  • Mengurangi risiko stroke
  • Mengurangi risiko penyakit kanker
  • Menstabilkan darah dan mencegah darah tinggi
  • Kaya kandungan zat omege 3 yang efektif mencegah penuaan dini
  • Kaya vitamin B2 dan vitamin D yang bagus untuk kesehatan kulit dan tulang.

Leave a Comment