Gambar Ikan dari Berbagai Jenis Ikan Hias Paling Populer

Gambar Ikan dari Berbagai Jenis Ikan Hias Paling Populer

Bagi para pecinta ikan, mengeluarkan uang dengan nominal besar bukanlah menjadi masalah demi mendapatkan ikan impian. Berbagai jenis ikan hias, baik ikan hias air tawar maupun ikan hias air asin akan mereka buru untuk menambah koleksi ikan di rumah.

….

….

Dari Wikipedia…

…..

…..

 

Ikan Hias Air Tawar

….

wikipedia…

….

…..

Jenis Ikan Hias Air Tawar Populer

….

….

Ikan Oskar

Ikan oscar meliliki bentuk ukuran tubuh yang mirip dengan ikan nila, gerakan tubuhnya juga tidak jauh beda. Nama ilmiah ikan oscar adalah Astronotus ocellatus.

Ikan air tawar ini mempunyai warna dasar hitam dengan perpaduan corak batk berwarna oren (orange). Dalam beberapa kasus juga dapat ditemukan warna ika oskar yang putih pucat (albino) dengan kombinasi warna bintik-bintik oranye.

 

Ikan Arwana

Ikan arwana adalah legend dari berbagai jenis ikan air tawar. Ikan yang memiliki nama Latin Sclerophages formous ini, ternyata juga memiliki banyak nama berbeda, seperti ikan khayangan, ikan naga, siluk merah, silok, kalikasa, kalasa, dan ikan payang.

Asal anda tahu, ikan hias air tawar jenis arwana ternyata masih temasuk ke dalam golonan ikan purba lho. Buktinya bisa dilihat dari ukuran telur ikan arwana, bentuk telur arwana besar seperti telur burung puyuh (lebih besar dari telur ikan lainnya).

Ciri-ciri ikan arwana yang paling menonjol terdapat pada bentuk ukuran tubuh yang besar dengan warna sisik ikan yang mengkilat.

Pada umumnya spesies ikan arwana dari berbagai negara di Asia Tenggara memiiki warna keperak-perakan. Bagi orang etnis Tionghoa, arwana Asia dujuluki sebagai “ikan naga (dragon fish)” karena sering dihubungkan dengan hewan naga seperti dalam mitologi cerita rakyat Cina.

Perlu diketahui, bahwa ikan arwana merupakan spesies ikan  asli sungai-sungai diberbagai negara ASEAN. Khususnya di Indonesia habitat ikan arwana dapat ditemukan di beberapa rawa dan sungai yang masih alami, seperti di Pulau Kalimantan dan Papua.

Sebenarnya beberapa spesies arwana Asia telah masuk ke dalam daftar hewan terancam punah dan dilindungi. Beberapa peneliti yang telah berhasil mengambil gambar arwana di habitat alaminya sepakat dengan pendapat ini.

Jumlah ikan arwana semakin menurun dan menjadi hewan langka. Bahkan karena harga arwana memiliki nilai jual tinggi, menyebabkan ikan ini terlalu sering diperdagangkan.

Beberapa ahli Feng Shui, bahkan berani membayar seekor ikan arwana dengan harga mahal. Terutama jenis ikan arwana super red (arwana merah), ikan arwarna cross back golden (arwana emas), ikan arwana silver (arwana perak), dan ikan arwana hijau

 

Ikan Maskoki

Jenis Ikan hias air tawar mas koki adalah salah satu spesies ikan yang banyak diminati. Terkhusus bagi kalangan pecinta ikan Indonesia.

Dilihat dari segi warna ikan mas koki, maka tidak jauh beda dengan warna ikan air tawar dari keluarga goldfish. Bisa dibilang bentuk ikan mas koki unik, namun karena keunikannya inilah membuat ikan mas koki lucu dan mengemaskan.

 

Ikan Cupang

Ikan hias cupang adalah salah satu ikan hias populer di kalangan pecinta ikan hias khas Indonesia. Bentuk tubuh ikan cupang yang indah dan cantik membuatnya banyak dipelihara di aquarium mini maupun kolam ikan.

Ciri ikan cupang terdapat pada bagian surai ekor yang berwarna-warni. Surai ekor ikan cupang bisa mengembang ketika marah merasa terganggu, atau ketika ingin kawin dengan ikan betina.

Habitat ikan cupang dapat ditemukan di beberapa daerah perairan Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Brunei, Thailand, dan Vietnam.

Harga ikan cupang biasanya ditentukan berdasarkan keindahan bentuk dan warna sirip serta ekor ikan. Semakin panjang ekor ikan cupang, maka semakin anggun dan semakin mahal pula harga jual ika cupang.

Cara budidaya ikan cupang terbilang mudah, apalagi cara memelihara ikan cupang. Ikan ini terkenal memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Meski disimpan di botol yang minim sirkulasi udara, ikan cupang tetap bisa bertahan hidup.

 

Ikan Diskus (Symphysodon sp.)

Ikan hias discus adalah jenis ikan hias kecil yang berasal dari daerah Amerika Selatan. Ciri ikan discus yang berbentuk unik dan memiliki warna cantik, membuat ikan khas sungai Amazon ini banyak digemari orang.

Meskipun tidak mudah dalam merawat dan memelihara ikan discus, harga ikan discus mahal di pasar ikan lokal dan global. Bahkan gara-cara cara budidaya ikan discus yang sulit menyebabkan semakin hari harga jual ikan discus semakin melambung tinggi.

Namun tidak ada salahnya, bagi kalian yang ingin memelihara ikan hias, ikan hias cantik ini bisa kamu jadikan sebagai ikan hias aquarium di rumah.

Ikan Guppy

Ikan guppy adalah jenis ikan hias air tawar asli hutan belantara Barnados, Brazil. Ciri ikan guppy terletak pada warna sirip ikan yang indah dengan warna-warni yang mempesona.

Umumnya variasi kombinasi warna ikan guppy terdiri dari warna kuning, hijau, merah, dan hijau. Cara membedakan ikan betina dan jantan, bisa dilihat pada bagian sirip ikan.

Harga ikan guppy yang murah, menjadikannya cocok untuk dijadikan sebagai ikan hias aquarium murah meriah. Apalagi cara budidaya ikan guppy dan cara memeliharanya yang mudah, membuat ikan guppy cocok menjadi bahan praktek peternak pemula.

Ikan Koi

Ikan koi secara ilmu taksonomi masih memiliki hubungan kekerabatan (satu famili) dengan ikan mas koki dan ikan mas. Ikan koi memiliki bentuk tubuh bulat agak lonjong dan memanjang, sehingga menyerupai bentuk torpedo kapal selam.

Pada umumnya, warna ikan koi didominasi oleh corak warna merah, putih, hitam, kuning, perak, dan keemasan.

Disebabkan ikan hias ini tidak memiliki kemampun menyimpan asupan kelebihan makanan dalam bentuk lemak, pemilik ikan koi harus cermat dalam memberi makan ikan koi peliharaannya.

 

Ikan Louhan

Ikan hias ini terkenal dengan warna sisik dan benjolan khas di bagian kepala, hal tersebut sekaligus menjadi ciri ikan louhan yang mudah dikenali.

Menurut orang Taiwan, ikan louhan dipercaya sebagai sumber keberuntungan. Sehingga di negara Taiwan berbagai cara budidaya ikan louhan dikembangkan dan diteliti dengan serius. Makanya harga ikan louhan super bisa mencapai ratusan juta.

Ikan Sapu-Sapu

Belum banyak orang yang tahu, bahwa ikan sapu-sapu ternyata termasuk ke dalam jenis ikan hias air tawar lho. Ikan ini ternyata tidak hanya berwarna hitam seperti yang sering kita lihat.

Warna ikan sapu-sapu memang cenderung berwarna gelap. Tapi pada jenis spesies tertentu ada yang berwarna terang dengan kombinasi titik putih polkadot di seluruh tubuhnya.

Jenis ikan hias air tawar ini ternyata tergolong jenis ikan omnivora, hewan pemakan segala. Cara budidaya ikan sapi-sapu sangat mudah, karena ikan tersebut bisa makan alga, kutu air, dan juga lumut.

 

Jenis Ikan Hias Air Laut

……

…..

Ikan Badut

Tanpa perlu dijelaskan gambar ikan hias diatas, kalian pasti sudah tahu namanya. Yap, nama jenis ikan hias air laut diatas adalah ikan nemo. Kenapa disebut ikan nemo? Karena ikan ini menjadi tokoh utama dalam film kartun “Finding Nemo”.

Padahal nama asli ikan hias itu adalah ikan Badut Clownfish atau Amphiprioninae. Dinamakan ikan badut lantaran corak warna ikan “nemo” mirip dengan warna kostum badut. Habitat ikan badut berada di daerah karang bawah laut.

Leave a Comment