Keistimewaan Info Cegatan Jogja

Keistimewaan Info Cegatan Jogja

“Jogja… Jogja… Tetap istimewa…
Istimewa negerinya… Istimewa orangnya…
Jogja… Jogja… Tetap istimewa…
Jogja istimewa… Untuk Indonesia”

 

Petikan lirik lagu Jogja Hip-Hop Foundation tersebut, pasti tidak asing bagi telinga kita. Sebuah lirik lagu yang menggambarkan keistimewaan Jogja dibandingkan daerah lain. Semua yang ada di Jogja, pasti serba istemewa.

Keistimewaan tersebut juga termanifestasikan ke dalam berbagai komunitas yang ada di dalamnya. Jogja merupakan surganya komunitas. Ratusan komunitas tumbuh subur bak jamur di musim penghujan.

Membahas mengenai komunitas yang ada di Jogja, maka tidak bisa terlepas dari yang namanya ICJ. ICJ merupakan akronim dari Info Cegatan Jogja, sebuah komunitas edukasi-sosial yang bermula dari sebuah grup facebook.

ICJ (Info Cegatan Jogja). Stiker gabungan tiga buah huruf ini, sampai saat ini masih merajai jalanan Jogja. Stiker ICJ memiliki background berwarna hitam, dan menggunakan gambar tugu Jogja sebagai pengganti satu satu huruf akronimnya.

Keberadaan ICJ sangat diapresiasi oleh masyarakat, karena membawa manfaat yang sangat besar. Tidak kurang dari 850.000 orang (per 28 Februari 2018) menjadi anggota grup facebook komunitas ini.

Tidak hanya berasal dari Jogja, tidak sedikit anggota yang berasal dari provinsi lain. Kepopuleran komunitas ini pun kemudian menginspirasi masyarakat di daerah lain untuk membuat grup facebook sejenis.

 

Latar Pendirian Info Cegatan Jogja (ICJ)

ICJ didirikan oleh Yanto Sumantri, atau akrab dipanggil Antok. ICJ dikenal oleh masyarakat sebagai salah satu cara tukar informasi mengenai adanya razia lalu lintas yang dilakukan oleh pihak kepolisian.

“Padahal, bukan itu tujuan utama pendiriannya.”, jelas Antok

Cegatan disini mempunyai makna yang lebih luas. Bisa juga dimaknai sebagai hambatan, seperti hambatan dalam pengurusan administrasi di instansi dan sebagainya.

Lambat laun seiring dengan bertambahnya anggota, dimana disertai dengan keaktifan anggota dalam membagikan informasi. ICJ menjadi berkembang tidak sebatas membagikan informasi mengenai razia kendaraan, namun juga informasi seputar makanan khas daerah enak,  info kriminal, kecelakaan, kehilangan barang maupun orang, tempat wisata alam maupun kuliner makanan enak di Jogja, dan lain sebagainya.

 

Keistimewaan Info Cegatan Jogja (ICJ)

Sekitar 3 tahun bergabung menjadi anggota ICJ. Banyak keistimewaan yang saya temukan terdapat dalam komunitas ini. Bahkan mungkin sulit bisa ditemukan dalam komunitas sejenis atau lainnya

1) Istimewa Adminnya

Antok dan beberapa kawannya secara sukarela aktif menjadi admin di ICJ. Mereka dikenal mempunyai dedikasi tinggi terhadap grup, walaupun bekerja secara sukarela.

Sebagai komunitas dengan ratusan ribu anggota, sebenarnya sangat menggiurkan untuk dikelola secara komersiil. Sehingga bisa menjadi sumber pundi-pundi pribadi.  Namun hal ini tidak dilakukan oleh Antok dan kawan-kawan.

Selain itu, admin juga mempunyai komitmen tinggi dalam mengelola grup sebagaimana tujuannya. Sebagai sebuah grup yang cukup aktif dan ketat, admin tidak segan-segan untuk menghapus konten yang tidak sesuai.

Bahkan ketika suatu persoalan telah ditemukan solusinya, maka admin akan membatasi komentar yang ada.

2) Istimewa Anggotanya

Sebuah komunitas dengan anggota yang sangat besar, pasti tidak akan mudah dalam mengaturnya. Tapi hal ini bisa diatasi dalam ICJ, berkat keaktifan serta kepatuhan anggota dalam memenuhi peraturan yang ada.

“Sesama anggota ICJ terkenal aktif saling mengkoreksi, jika terdapat informasi yang tidak benar”

Ketika ada anggota yang menyalahi aturan, maka anggota lain tidak segan akan mereportnya. Sehingga grup bisa tetap kondusif.

Banned siap menanti kepada para pembuat gaduh maupun para spammer.”

3) Istimewa Isi Kontennya

Demi menjaga kekondusifan dan keefektifan informasi penting tersampaikan kepada member. Segala bentuk promosi barang dalam bentuk apapun, terlebih konten yang mengandung brand tertentu dilarang dilakukan.

Setiap kejadian penting yang terjadi di Jogja, biasanya dalam waktu sekejap informasi akan langsung dibagikan di ICJ.

“Bahkan sudah lumrah, hanya dalam waktu hitungan menit setelah kejadian. Informasi sudah menyebar yang biasanya diikuti updatetan terbaru oleh anggota lain melalui kolom komentar.”

Kecepatan informasi yang dibagikan di ICJ, menjadikannya seolah-olah paparan kondisi Jogja secara realtime.

Hebatnya lagi, meskipun puluhan atau bahkan ratusan informasi baru selalu diposting setiap harinya di ICJ, jarang ditemukan informasi hoax disini.

Tidak heran, informasi dari ICJ selalu dinanti. Bahkan tidak hanya oleh anggota grup, wartawan hingga instansi pemerintahpun turut memantaunya.

===

Jangan ragukan manfat keberadannya. Member ICJ terkenal solid dan tinggi rasa kepeduliannya. Mereka siap membatu anda ketika berada di Jogja. 24 jam non stop. Dan yang terpenting free alias gratis.

Tak jarang member ICJ menolak pemberian uang tips dari orang yang dibantunya. Prinsip mereka tulung tinulung, mereka lebih berhadap ridho Gusti Allah.

“Cobalah buktikan sendiri kehebatan grup ini. Pasti bergetar hati kalian. Dizaman yang serba materialistis seperti sekarang ini, ternyata masih banyak orang-orang yang rela membantu demi kebermanfaatan kepada sesama.”

“Coba saja buktikan ketika di Jogja. Posting minta bantuan di grup mereka. Terserah bisa pagi, sore, atau bahkan dini hari. Seperti: maaf lur, bensin saya habis atau ban kendaraan saya bocor adakah yang bisa membantu? Maka tak lama kemudian pasti ada member grup yang datang membawa solusi bagi masalah kalian.”

Keistimewaan Konten Info Cegatan Jogja Hari Ini (Info Jogja Update)

Berdasarkan penilaian saya, setelah sekitar tiga tahun menjadi anggota ICJ. Alasan utama grup ini bisa menjadi fenomenal adalah karena informasi yang ada di dalamnya sangat informatif dan dapat dihandalkan keakuratannya.                                                     

Berikut jenis informasi-informasi penting yang sering diposting di ICJ:

  • Info Razia Kendaraan

Kalau informasi ini, bagaikan pisau bermata dua. Di lain di sisi bisa menghambat pihak kepolisian terutama dalam hal pemberantasan curanmor. Namun di sisi lain juga sangat membantu masyarakat umum.

Pengguna kendaraan bermotor yang belum mulai bepergian, menjadi teringatkan untuk mengecek surat kendaraanya sudah dibawa atau belum. Dan bagi yang tertinggal surat-suratnya, mereka bisa cari jalan alternatif, sehingga perjalanannya tidak terhambat. 🙂

“Tapi kita tetap harus usahakan bawa terus SIM dan STNK lho ya.”

  • Kasus Kecelakaan

Informasi ini termasuk informasi yang paling sering diposting. Biasanya korban tidak membawa tanda pengenal, atau membawa tanda pengenal tapi keluarga tidak bisa dihubungi karena HP terkunci.

“Dalam banyak kasus, seringkali keluarga korban mengetahui berita bahwa keluarganya mengalami kecelakaan ya dari grup ini.”

  • Kehilangan Barang

Postingan kehilangan barang mayoritas adalah kendaraan bermotor, biasanya karena tindak pencurian. Beberapa kasus setelah diposting, kendaraan merekapun bisa diselamatkan. Walaupun kendaraan hilang jarang ditemukan.

  • Penemuan barang

Barang yang biasa ditemukan adalah HP, dompet, atau yang sedikit lucu adalah tertukarnya barang antar penumpang bus. Biasanya karena yang kehilangan dan yang menemukan adalah anggota ICJ. Barangpun akhirnya terselamatkan.

  • Info Kriminal Jogja

Dibandingkan kota besar lainnya, kondisi Jogja sebenarnya relatif lebih aman dan kondusif. Jarang terdengar terjadi tindak kekerasan maupun keributan sebagaimana yang terjadi di daerah lain.

Di sisi lain, ternyata hampir setiap minggu selalu ada postingan mengenai tindak penipuan yang dishare di grup facebook ICJ. Modus para penipu biasanya dengan minta tolong karena habis kecopetan. Modus ini biasanya bisa ketahuan karena setelah sang penolong memposting informasi terkait di grup. Member lain memberi komentar bahwa dirinya juga pernah dimintai tolong oleh orang yang sama, dengan waktu dan lokasi yang berbeda.

“Selain modus, tindak kriminal yang sering diposting dalam akun ICJ adalah aksi klitih.

Klitih adalah tindakan melukai orang lain menggunakan senjata tajam. Motivasi mereka bukan uang, tetapi hanya untuk mencari eksistensi di kalangan mereka.

“Biar terlihat berani dan tidak dianggap cemen.”

“Parahnya lagi, kebanyakan dari pelaku ini masih duduk di bangku SMA. Bahkan pernah tertangkap pelaku yang masih SMP.”

Leave a Comment