7+ Contoh Potensi Kerajinan dari Kertas Sebagai Bisnis Rumahan

7+ Contoh Potensi Kerajinan dari Kertas Sebagai Bisnis Rumahan

Kerajinan dari kertas – Selamat datang kembali di portal pusat pandang (Puspa). Yap, kali ini Puspa akan kembali sharing tentang ide-ide potensi bisnis rumahan dan bisnis sampingan yang bisa dilakukan dengan modal kecil.

Puspa telah kumpulkan berbagai cara membuat bunga dari kertas yang berbeda-beda jenisnya, mulai dari kertas HVS, manila, pelangi, krep, dan kertas origami. Asal kalian tahu, kerajinan bunga hias ternyata sangat laku di pasaran lho.

Siapa sih yang tidak suka dengan bunga? Apalagi wanita, pastinya suka banget deh. Bahkan kalau mereka dikasih bunga bank, tidak butuh waktu lama. hatinya pasti langsung luluh dan klepek-klepek, hahaha…

Kombinasi Cara Membuat Bunga dari Sedotan dan Kertas

gambar-kerajinan-dari-kertas-cara-membuat-bunga-dari-sedotan-kertas
sumber: http://biftah.com/

Sebagai latihan awal, kali ini Puspa akan memberikan materi pemanasan berupa pembuatan kerajinan tangan dari sedotan dan kertas. Puspa sudah carikan materi latihan paling mudah dan sederhana, yaitu materi membuat kerajinan bunga dari sedotan plastik dan kertas.

Bahan dan alat yang dibutuhkan:

  • Sampah kertas bekas
  • Sedotan plastik atau sekotan kertas
  • Lem kertas
  • Kawat besi atau kawat jaring tipis.

Cara membuat bunga dari sedotan dan kertas bekas:

  1. Pertama-tama, gulung kertas dengan sedotan hingga bentuk gulungan kertas mampat. Setelah itu, tarik sedotan (copot) dari kertas yang menggulungnya.
  2. Ulangi cara diatas hingga kamu berhasil mendapatkan beberapa buah bunga. Baru saat bakal bunga sudah terkumbul lumayanbanyak, kamu bentuk bakal bunga tersebut menjadi lingkaran agar bentuk karya kamu menyerupai bunga asli. Caranya simpel kok, hanya dengan menyambungkan ujung satu dengan ujung lainnya.
  3. Ooo… iya, jangan lupa untuk membuat batang bunga juga ya. Cara membuat tangkai bunga sederhana kok. Cara dan langkah-langkahnya mirip dengan pembuatan bunga, kertas hanya perlu dimampatkan dengan plastik sedotan. Setelah itu, jadi deh batang, tangkai, dan ranting tanaman kamu.

 

Cara Membuat Bunga Sakura dari Kertas Krep

gambar-kerajinan-dari-kertas-cara-membuat-bunga-sakura-dari-kertas
sumber: http://rainbow-annie.blogspot.co.id

Siapa yang tidak kenal Bunga Sakura, bunga berwarna pink (merah muda) ini sangat terkenal dan populer di seluruh dunia. Bunga asli Jepang ini juga dijadikan sebagai icon khas negeri matahari terbit. Sampai-sampai dalam setiap film kartun (anime) dan manga pasti selaku ada ikon bunga ini.

Bagi kalian yang tertarik dan ingin menambah keterampilan diri, agar tidak hanya bisa membuat kreasi bunga mawar dan anggrek, berikut Puspa kasih tahu langkah-langkah cara membuat bunga dari kertas krep

Alat yang diperlukan:

  • Pensil atau bolpoin
  • Gunting
  • Cutter atau pisau lipat mini
  • Pot bunga (kami saran pilih pot kecil saja)

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Benang jahit
  • Kertas koran bekas
  • Isolasi warna (solasi)
  • Beberapa lembar kertas krep, agar bunga cantik pilihnya warna kertas krep yang berbeda-beda
  • Jangan sembarang lem, pastikan lem kuat lho, maka bisa pilih pakai lem kayu atau lem tembak

Keterampilan membuat bunga sakura temasuk ke dalam jenis skill yang lumayan sulit, sebab replika bunga ini memiliki banyak tangkai. Kamu bisa memakai kawat yang dililitkan dengan kertas atau benang supaya mirip ranting asli. Tapi apabila pusing dan kesulitan, memakai ranting kering tumbuhan disekitar kita yang sudah diawetkan bisa menjadi solusi pilihan.

Sebelumnya ,siapkan terlebih dahulu kertas krep minimal 7 warna, seperti hijau, hitam, putih,peach, navy, dan pastel. Kemudian ikuti tahapan-tahapan di bawah ini:

  1. Potong kertas krep berwarna kuning dan hijau dengan ukuran 1 cm x 20 cm, potong juga kertas krep warna merah muda menjadi ukuran 5 cm x 10 cm.
  2. Lipat kertas krep warna pink, gunting menjadi lima bagian berbentuk lonjong memanjang menyerupai kelopak bunga sakura.
  3. Sedangkan kertas krep warna kuning digunakan sebagai bahan pembuatan putik bunga sakura. Bentuk lipatan kertas krep berwarna kuning sedikit memanjang agar memudahkan kita saat melekatkan kelopak bunga di ranting.
  4. Lengketkan satu per satu kelopak bunga yang sebelumnya sudah jadi pada kertas berbentuk putik hingga bentuknya mirip mahkota bunga.
  5. Gunakan kertas warna hijau untuk melapisi dan membungkus batang, sehingga tangkai bunga tampak asli.
  6. Ulangi cara diatas untuk membuat bunga sakura pada setiap bagian ranting lainnya, hingga seluruh ranting terisi penuh dengan hiasan bunga yang indah.

 

Membuat Bunga Tulip dari kertas Lipat

gambar-kerajinan-dari-kertas-cara-membuat-bunga-tulip-dari-kertas
sumber: https://www.inspirasi.co

Bunga tulip adalah bunga khas Belanda, memiliki bentuk bunga unik dengan warna yang sangat indah dan dapat memukai siapa saja yang melihatnya. Bagi anda yang tertarik untuk mengisi luang di rumah dengan hal-hal positif dan produktif. Tutorial cara membuat origami bunga dari kertas lipat berikut patut anda ikuti:

  1. Sediakan 3 lembar kertas lipat warna-warni. Pilih warna-warna cerah agar bunga cantik saat dilihat. Sebagai tambahan, agar bunga anda lebh kuat dan tahan lama tidak mudah rusak. Kertas lipat bisa dila[isi terlebih dahulu dengan kertas karton.
  2. Buat kelopak bunga memakai kertas lipat. Setiap bagian kelopak bunga dibuat dari dua lapisan kertas beda warna dan beda ukuran potongannya. Kelopak bunga berukuran kecil diletakkan d depan, sedangkan yang berukuran agak besar ditaruh di belakang. Untuk jumlah kelopak bunga sendiri bisa kamu sesuaikan dengan rencana konsep dasar yang sudah kamu buat rencananya terlebih dahulu.
  3. Satukan bunga berukuran kecil dengan bunga berukuran besar. Jangan sampai tertukar posisi, posisi bunga yang memiliki ukuran kecil harus berada di depan bunga yang memiiki ukuran lebih besar.
  4. Setelah proses pembuatan Bungan selesai, baru deh beralih untuk membuat tangkainya. Tangkai bunga akan lebih bagus kalau dibuat dari bahan kawat yang sudah dilapisi dengan selotip warna atau alat perekat lainnya, bisa juga tangkai dihias menggunakan kertas warna. Cara membuat tangkai bunga sangat mudah, tinggal buat lubang di bagian tengah bunga menggunakan guntung atau jarum. Kemudian masukkan bagian bagian ujung tangkai bunga tepat ke bagian tengah mahkota bunga.
  5. Agar tangkai tidak mudah lepas, cukup dengan membuat lipatan/ bengkokan/ lekukan yang telah diberi simpul di bagian ujung tangkainya.

Contoh kerajinan tangan bunga tulip anda telah jadi. Sekarang tinggal memasukkan karya seni anda dalam sebuah vas bunga atau pot tanaman, jadikan sebagai hiasan dekorasi rumah dengan cara menaruhnya di ruang tamu atau depan rumah anda.

Leave a Comment