Info Contoh Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Sedotan

Info Contoh Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Sedotan

Halo, selamat berjumpa kembali dengan pusat pandang (Puspa) masyarakat Indonesia. Kali ini Puspa akan memberikan informasi ide bisnis yang berbasis pada kerajinan tangan dari sedotan.

Jangan khawatir contoh kerajinan yang Puspa berikan pastinya simpel dan mudah dalam pebuatannya. Jadi kamu pasti juga bisa membuatnya.

Puspa memilih memberikan info tutorial lengkap pembuatan kerajinan tangan unik dan lucu dari sedotan karena barang ini memiliki potensi seni yang tinggi, disamping sedotan yang lebih sering dipandang  sebelah mata karena harganya yang sangat murah.

Baiklah tidak perlu berpanjang lebar dan bertele-tele. Berikut kumpulan ide aneka contoh kerajinan tangan dengan nilai jual tinggi yang sangat diminati pasar kerajinan, baik pasar domestik maupun pasar internasional.

Contoh Aneka Kerajinan Tangan Dari Sedotan Plastik Unik dan Keren

Produksi plastik sedotan, di tengah masyarakat sangatlah tinggi. Alat bantu minum ini  hampir tidak pernah bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat modern. Setiap kita membeli minuman botol atau bahkan minuman dalam plastik pasti juga diberi sedotan agar mudah saat meminumnya.

Maka tidak mengherankan, apabila banyak terdapat limbah sampah plastik sedotan disekitar kita, baik di tempat sampah maupun yang tercecer berserakan di berbagai sudut jalan. Padahal bila sedotan jatuh di tangan orang yang tepat, kemudian diberi sedikit sentuhan seni dan kreativitas, maka sedotan yang awalnya tidak berharga bisa berubah menjadi barang yang mempunyai nilai jual mahal.

Para perajin dan pelaku bisnis pun sekarang mulai melirik sedotan untuk dijadikan berbagai macam bentuk kerajinan. Mulai dari yang berbentuk sederhana hingga yang sangat rumit, sehingga dalam proses pengerjaannya membutuhkan waktu yang lama. Berikut beragam contoh kerajinan dari sedotan yang bisa kamu tiru dirumah:

Tas dari Sedotan

gambar-contoh-kerajinan-tas-dari-sedotan
sumber: https://id.pinterest.com

Kebutuhan tas, jangan sampai membuat kamu memaksakan diri hingga membeli tas dengan harga yang sangat mahal. Jangan hanya karena gengsi dan ingin terlihat kaya di mata orang lain, hingga memaksa diri hutang demi mendapatkan Tas Hermes dan Gucci.

Sadar diri saja, penuhi kebutuhan sesuai dengan kemampuan. Walaupun terkesan sebuah ide yang aneh, tapi tidak ada salahnya kamu mencoba memakai tas jinjing dan selempang dari sedotan.

Dengan memakai tas dari plastik sedotan akan membuat kesan kamu di mata orang lain sebagai orang yang peduli akan lingkungan. Mereka tidak akan menghina kita, biasanya yang muncul justru dukungan terhadap gerakan yang kita lakukan.

Mayoritas masyarakat telah sadar akan pentingnya menjaga lingkungan hidup. Gerakan daur ulang pun mulai digalakkan kembali, mulai dari rakyat biasa hingga artis tingkat dunia.

Menggunakan tas dari sedotan juga banyak manfaatnya, terutama dari segi finansial karena hargana yang tidak mahal. Biaya produksi tas bisa murah karena hanya bermodalkan sedotan sebagai bahan baku inti.

Banyak model yang bisa divariasikan dari tas sedotan, semua tergantung selera. Kualitas tas bisa dinaikkan unsur seni dan keindahannya dengan sedikit sentuhan kreativitas, misalnya dengan memberi tambahan variasi kain atau bunga plastik.

Vas Bunga Dari Sedotan

gambar-contoh-kerajinan-vas-bunga-dari-sedotan
sumber: https://www.wholesalepartysupplies.com

Vas bunga adalah salah satu pelengkap dekorasi ruang yang sangat penting, terlebih jika konsep dekorasi rumah anda menggunakan tambahan unsur tanaman. Sayangnya, harga vas bunga tidak bisa dibilang murah, apalagi vas berukuran besar buatan Cina.

Solusi bagi anda yang tidak punya uang, namun ingin menghias ruangan di rumah, kamar kost, atau kantor menggunakan vas bunga, maka info kerajinan dari sedotan ini bisa menjadi rujukan anda.

Vas bunga dari pipet sedotan bisa dibuat dengan mudah dan cepat, tanpa perlu keahlian khusus. Cukup dengan kesabaran dan keuletan, maka vas bunga bisa kamu buat sendiri.

Kamu bisa meniru cara membuat vas bunga dari sedotan berikut. Pertama-tama cukup pilih dan tentukan warna plastic sedotan apa saya yang kamu sukai. Susun sedotan sedemikian rupa hingga menyerupai bentuk vas, dan rekatkan susunan sedotan yang sudah dibuat menggunakan bantuan lem perekat dan tali. Vas bunga antik dan unik pun sudah bisa anda produksi secara mandiri.

Blower Pesta dari Sedotan

gambar-contoh-kerajinan-blower-pesta-dari-sedotan
sumber: https://www.youtube.com

Alat pelengkap pesta yang keren itu ternyata bisa dibuat hanya dari sebuah plastic sedotan. Untuk menghemat anggaran uang, kamu bisa memeriahkan pesta uang tahun sahabat atau orang terdekat dengan membuat sendiri blower dari plastik sedotan.

Tidak perlu repot-repot berburu (hunting) hadiah perta ulang tahun, cukup dengan modal plastic sedotan kamu sudah bisa perta dengan meriah dan semarak.

Cara membuat blower dari sedotan cukup mudah. Hanya perlu kertas tisu, kertas bermotif lem, kilip dan alat bantu lainnya sesuai dengan variasi yang sudah kamu konsep.

Kerajinan Tirai dari Sedotan

Tampilan jendela pada umumnya, biasanya selalu diperindah hanya menggunakan gorden. Tentu saja hal ini sering kali membuat jenuh orang-orang tertentu yang menginkan suasana baru.

Cobalah untuk berani menjajal tampilan baru pada jendela rumah anda, tentunya agar tampilan tidak monoton. Daripada mengeluarkan uang banyak demi membeli korden yang bentuknya itu-itu saja. Tidak ada salahnya, sekarang mencoba beralis pasang tirai jendela dari sedotan.

Banyak toko online yang menjual produk kerajinan tirai ini. Kalau ingin mencoba membuatnya sendiripun sebanrnya mudah, mungkin yang sedikit ribet hanya pada bagian proses pembuatan pernak-pernik bunga penghias.

Sedangkan untuk rekomendasi tempat pemasangan, tidak ada ketentuan atau patokan yang pasti. Tetapi berdasarkan percobaan yang telah dilakukan. Tirai jendela ternyata sangat serasi dan cocok ketika dipasang sebagai tirai jendela kamar tidur.

Anting dan Kalung dari Sedotan

gambar-contoh-kerajinan-gelang-kalung-anting-dari-sedotan
sumber: http://www.ohohblog.com

Kaum wanita pasti akan selalu silau ketika disuguhi aksesoris pernak-pernik penunjang penampilan, termasuk dengan anting dan kalung. Berkembang pesatnya trend fashion dunia, tidak hanya berpengaruh terhadap pilihan model baju tetapi juga aksesoris wanita.

Gaya pakaian modern ternyata sekarang juga memanfaatkan kalung dari sedotan sebagai penunjang penampilan di depan khalayak umum. Hal ini mungkin terkesan sedikit aneh dan nyeleneh, tetapi persepsi anda tersebut pasti akan langsung berubah ketika sudah melihat produk yang dijelaskan.

Kerajinan tangan kalung dari sedotan banyak dilirik karena unik dan masih sedikit orang yang memakainya.

Cara membuat kalung dan anting dari sedotan cukup simpel. Hanya memerlukan sedotan yang mempunyai tengkuk fleksibel, sehingga ujung kepala sedotan mudah untuk dilipat dan dibentuk. Contoh jenis sedotan ini bisa kita jumpai pada produk susu botol.

Kalung sedotan biasanya dibentuk dari sambungan beberapa sedotan lipat bertengkuk, yang dibentuk menjadi sebuah bangun segitiga. Dimana kemudian ujung sedotan yang sudah berbentuk segitaga akan dilubangi sebagai tempat menaruh besi pengait.

Aksesoris Hiasan Pesta Bintang Hasil Kerajinan Dari Sedotan

gambar-contoh-kerajinan-hiasan-pesta-bintang-dari-sedotan
sumber: https://www.youtube.com

Sifat sedotan yang elastis membuatnya bisa dibentuk menjadi beragam jenis kerajianan tangan. Salah satu ide kerajinan dari sedotan yaitu dengan membentuk menjadi hiasan berbentuk bintang. Pemilihan sedotan dari dua warna atau lebih akan tambah memperindah pantulan cahanya bintang yang dibuat.

Kita bisa menggunakan contoh kerajinan ini, untuk mempercantik ruangan disaat ulang tahun anak. Bisa juga digunakan sebagai hiasan pohon natal disaat perayaan natal dan paskah.

Ketika menjelang tahun baru, tambahan lampu neon berbagai warna disekitar hiasan bintang pasti akan menambah kemariahan pesta tahun baru. Semua itu menjadi penting dan krusial karena tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam, he… he… he…

Kerajinan Taplak Meja dari Sedotan

gambar-contoh-kerajinan-taplak-meja-dari-sedotan
sumber: https://www.bukalapak.com

Kamu ingin mencoba suasana tampilan baru dari ruang tamu atau ruang keluarga di rumah, maka ide dari Puspa bisa kamu pertimbangkan. Cobalah rubah suasana tampilan rumah dengan mengganti taplak meja, meski terkesan kecil tapi hal ini bisa membawa pengaruh yang besar.

Apalagi sekarang mulai dipasarkan taplak meja model baru, yaitu taplak meja dari sedotan. Taplak dari sedotan sangat cocok bagi kamu yang males dan capek cuci kain taplak tiap habis makan.

Kerajinan tangan taplak meja dari sedotan memiliki banyak keunggulan dibandingkan taplak kain pada umumnya. Taplak sedotan tidak perlu dicuci dengan sabun untuk proses pembersihannya, namun cukup disiram ada direndam dengan air. Sungguh sangat praktis.

Figura atau Bingkai Foto dari Sedotan

gambar-contoh-kerajinan-figura-bingkai-foto-dari-sedotan
sumber: https://www.youtube.com/

Bingkai foto adalah jenis kerajinan tangan yang mudah dalam proses pembuatannya. Kita semua pasti bisa membuat sendiri bingkai foto dari pipet di rumah. Caranya pun tidak jauh berbeda kok dengan cara membuat bingkai foto hasil kerajinan dari kertas koran bekas.

Cukup dengan merangkai sedotan yang telah dipotong dalam ukuran yang sama pada sebuah potongan kardus atau kertas tebal seberti kertas manila dan kertas kuarto. Kemudan tinggal direkatkan menggunakan lem. Sangat sinpel kan? Kalian pasti bisa membuatnya sendiri.

Sekedar saran, pilihlah bahan sedotan pembuatan figura foto yang memiliki motif dan ukiran, kalau perlu pilih yang memiliki warna cerah dan berwarna-warni. Sehingga corak pigura foto yang dibuat bisa indah dan menarik perhatian.

Kap Lampu Gantung Hias dari Sedotan

 

Mungkin sebagian dari kita pernah salah dalam memilih besaran watt cahaya lampu di rumah. Akibatnya tentu saja cahaya lampu yang dihasilkan menjadi terlalu terang.

Jika hal itu kamu alami, cobalah untuk memanfaatkan produk kerajinan penutup lampu hias dari sedotan sebagai solusinya. Penutup lampu dari sedotan bisa dengan mudah anda peroleh secara online, atau bisa juga dengan mencoba membuat kap lampu dari sedotan sendiri.

Caranyapun cukup gampang, tinggal mengumpulkan sedotan yang berukuran besar dan panjang. Kemudian potong sesuai dengan variasi yang diharapkan. Jika kamu cukup kreatif, lampu hias dengan bentuk seperti lampu-lampu di istana kerajaan juga bisa dibuat dari sedotan.

Penghias Kue Ucapan Selamat Ulang Tahun Special

 

Kue ulang tahun merupakan hadiah spesial yang tidak boleh terlewatkan dalam momen spesial hari kelahiran orang-orang disekitar kita. Terdapat begitu banyak jenis kue pesta populer dan favorit yang masyarakat Indonesia, kue black forest, opera cake, sheese cake, chocolate cake, dan red velvet.

Tidak ada salahnya, kamu sedikit memberikan tampilan yang berbeda pada kue yang akan diberkan ke dia. Cukup dengan menancapkan dua buah sedotan kertas dan lilin di bagian atas kue. Kemudian pasang tulisan dengan kata-kata romantis dibagian tengah, terserah sesuai dengan imaginasi ide yang muncul.

Misalnya, Happy birthday to you. I hope you can happy inyour special moment. Jangan lupa ikat tulisan menggunakan tali di kedua ujung sedotan. Hadiah kejutan kue ulang tahun keren, siap menjadi surprise tidak terlupakan untuk orang spesial kamu.

Hiasan Dinding dan Gantungan Kunci Ikan dari Sedotan

gambar-kerajinan-gantungan-kunci-dari-sedotan
sumber: https://www.youtube.com

Contoh kerajinan dari sedotan yang paling lucu dan unyu adalah aksesoris bentuk ikan. Modek kerajinan ini bisa dijadikan hiasan dinding, gantungan kunci, bahkan hiasan magnet kulkas.

Jenis kerajinan ikan dari sedotan ini sangan familiar di kalangan anak sekolah dasar (SD). Karena dalam mata pelajaran muatan lokal atau keterampilan ada materi tentang prakarya menggunakan barang bekas, termasuk pemanfaatan sedotan di dalamnya.

Contoh Anyaman Sedotan Plastik Paling Laris

Ide kerajinan anyaman dari sedotan ini, saya rasa layak menjadi karya seni kerajinan tangan paling bagus. Walaupun agak memakan waktu dan keuletan di dalam proses pembuatannnya. Tetapi aneka bentuk anyaman yandihasilkan sangat fenomenal.

Berbagai karya produk fungsional bisa diciptakan dari barang remeh seperti sedotan. Seperti kerajinan tangan anyaman sedotan yang digunakan sebagai tempat hp, tempat tisu bahkan sebagai besek tradisional seperti besek anyaman bambu yang biasanya kita lihat.

Anyaman Nampan dari Sedotan

 

Hasil kerajinan tangan dari sedotan ternyata juga bisa menghasilkan karya seni berupa nampan. Pasti banyak dari kita yang belum mengetahui, kalau anyaman sedotan bisa juga diguanakn sebagai tempat membawa gelas dan makanan (nampan).

Kerajinan anyaman sedotan ini sangat keren dan unik, semoga orang pasti kagum dan ingin memilikinya. Tamu ketika pasti akan tercengang ketika ketika meyuguhi mereka dengan nampan antik ini.

Mengingat sifat sedotan yang lentur, maka sebisa mungkin pilihlah sedotan yang agak kuat dan kaku, sehingga kuat untuk menopang gelas.

Prakarya Kerajinan Tangan Anyaman Keranjang dari Sedotan

gambar-contoh-kerajinan-keranjang-anyaman-dari-sedotan
sumber: https://bilpil.com

Kreasi kerajinan tangan dari sedotan model ini bisa dikata merupakan karya yang paling banyak manfaatnya. Keranjang dari sedotan plastik mempunyai fungsi yang tidak jauh berbeda dengan anyaman dari bambu.

Bila kamu memiliki banyak waktu dan ada stok sedotan melimpah, tidak ada salahnya mempraktikan mencoba membuat keranjang sedotan plastik ini di rumah. walupun termasuk sulit dalam proses pembuatannya, tapi jika kamu berhasil pasti akan merasakan kepuasan tersendiri yang tidak ternilai harganya.

Cara Membuat Tempat Pensil dari Sedotan

gambar-contoh-kerajinan-tangan-kotak-tempat-pensil-dari-sedotan
sumber: https://www.zanrooz.com

Sebuah ide yang sangat luar biasa menginspirasi, merubah sedotan menjadi tempat pensil. Karya seni ini akan membuat perlengkapan dan peralatan tulis kita tersusun lebih rapi.  Bagi kalian yang ingin mempunyai kotak pensil dari sedotan untuk ditaruh di samping meja belajar atau meja kerja, berikut langkah-langkah proses pembuatannya:

  1. Sediakan sebuah botol air mineral, boleh aqua, club, cleo, le mineral, maupun merek lainnya.
  2. Kumpulkan sedotan. Saran Puspa pilihlah jenis sedotan yang memiliki bentuk unik dan keren, seperti sedotan botol susu dan sejenisnya.
  3. Potong botol aqua ¼ bagian dari atas.
  4. Ukur dan sesuaikan panjang sedotan dengan tinggi botol aqua yang telah dipotong.
  5. Sambung antar satu sedotan dengan sedotan yang lain, untuk menyambung bisa dunakan lem.
  6. Setelah semua sedotan tersambung, hiasi pinggir sedotan calon sampul tempat pensil dengan ornamen tradisional yang kita kuasai.
  7. Selimutkan susunan rapi sedotan ke potongan botol yang telah dipotong hingga menjadi cover kotak pensil. Jangan lupa rekatkan dengan lem agar tidak mudah lepas dan rusak
  8. Kotak pensil dari sedotan sudah jadi.

 

Tutorial Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Sedotan

Cara Membuat Hiasan Dinding Dari Sedotan

sumber: https://www.decoist.com

Teruntuk kamu, yang menginnginkan ruangan di dalam rumah dan kantor terlihat lebih menarik serta terkesan artistik, kerajinan hiasan dinding dari sedotan ini mungkin bisa menjadi solusi jitu.

Dekorasi ruang di kantor maupun rumah pasti akan bertambah dari segi nilai seni, karena dihias dengan bahan yang unik dan tidak biasa. Bahkan tidak menutup kemungkinan, jika karya hiasan dinding dari plastik sedotan karya anda berkualitas, manarik dan unik, kamu bisa menjualnya untuk menambah saldo tabungan maupun portofolio investasi.

Cara Membuat Bunga Dari Sedotan Plastik

gambar-cara-membuat-bunga-mawar-dari-sedotan
sumber: http://theideaking.blogspot.com

Semua orang hampir bisa dipastikan suka akan tumbuh-tumbuhan. Tetapi tidak semua orang bisa siap untuk menanam tumbuhan dan bunga di rumah. Mereka malas karena tumbuhan biasanya cepat layu dan mati kalau tidak telaten dan ahli dalam merawat bunga, seperi menyiraminya setiap hari.

Solusi bagi anda yang suka dengan berbagai bentuk bunga dan tumbuhan, namun malas dalam dengan perawatannya yaitu dengan beralih ke jenis bunga dari plastik (tanaman sintetis). Terdapat banyak macam bunga dari sedotan yang bisa kita pilih, seperti bunga mawar, anggrek, matahari, dan tulip.

Cara Membuat Bunga Mawar Dari Sedotan Plastik

Bagian kalian yang ingin mencoba membuat bunga mawar dari sedotan sebagai hiasan ruang tamu dan ruang keluarga di rumah. Berikut cara membuat termudah dan tercepat yang bisa anda tiru dan ikuti langkah-langkahnya:

gambar-cara-membuat-kerajinan-bunga-mawar-dari-sedotan
sumber: https://snkhan.co.uk

Alat dan Bahan

  • Kertas pom
  • Pita kecil
  • Lem tempbak
  • Kuas cat air
  • Sedotan kertas (baru atau bekas)
  • Jarum
  • Benang
  • Gunting

Langkah Proses Pembuatan Bunga dari Sedotan

  1. Bersihkan terlebih dahulu sedotan yang akan dipakai, khususnya jika kamu menggunakan sedotan bekas.
  2. Potong sedotan menjadi 4 bagian potongan dengan ukuran sama panjang. Tips agar memperoleh ukuran panjang sama, pertama potong sedotan menjadi 2 bagian, kemudian setiap bagian dipotong lagi menajdi 2 bagian. Jangan lupa sedotan yang dipotong ada 2 buah, jadi total sedotan menjadi 8 bagian potongan kecil.
  3. Satukan potongan sedotan hingga lurus dan sejajar, kemudian rekatkan potongan tadi menggunakan jarum dan benang. Saat menjahit, pastikan tusukan jarum tepat berada di bagian tengan sedotan.
  4. Kencangkan rangkaian susunan sedotan sampi berbentuk bunga. Cukup dengan menarik tali hingga kencang pada masing-masing sedotan hingga tertekuk, dan susunan sedotan membentuk lingkaran yang terbagi. Jika sudah berbentuk demikian, maka tinggal bikin simpul mati pada sedotan yang sudah berbentuk bunga supaya sedotan bunga tidak gampang rusak.
  5. Jangan lupa untuk gunting secara diagonal pada ujung sedotan. Pengguntingan pada bagian ujung sedotan sebanarnya dimaksudkan untuk menambah aksen motif pada bunga yang dibuat, sehingga bisa menambah keindahan serta unsur seni pada hasil karya yang diciptakan.

Leave a Comment