7+ Contoh Kuliner Makanan Enak di Jogja Murah Meriah

7+ Contoh Kuliner Makanan Enak di Jogja Murah Meriah

Rekomendasi Wisata Kuliner Makanan Enak di Jogja – Mengunjungi Kota Pelajar Jogja, tidaklah cukup bila waktu anda hanya dihabiskan dengan berjalan-jalan santai.  Baik itu ke berbagai tempat destinasi wisata alam maupun wisata budaya.

Agar liburan anda lebih lengkap, jangan lupa untuk jajan dan icip-icip berbagai menu makanan enak di Jogja. Tapi Hati-hati, hampir semua makanan di kota budaya ini mampu meninggalkan kesan tak terlupakan di hati dan lidah anda yang mencobanya.

Makanan Khas Jogja: Cemilan Tradisional

Makanan tradisional dan cemilan di Jogja sangat beragam variasinya. Sesuai dengan namanya yang dinobatkan sebagai daerah istimewa. Berbagi menu makanan enak di Jogja pastinya juga memiliki cira rasa istimewa.

Tidak seperti daerah lain, dimana makanan daerahnya bisa juga ditemukan di daerah lain. Seperti Sop Ayam Pak Min Klaten, Mangut Lele Lamongan, dan Nasi Brongkos Surabaya.

Menu makanan tradisional khas Jogja lebih cenderung sulit untuk ditemukan di kota lain, padahal panganan tersebut sangat laku dan laris serta digemari masyarakat Jogja. Seperti beberapa makanan dan cemilan snack berikut:

 

Makanan Khas Jogja Tradisional: Jadah Tempe Mbah Carik 

gambar-jadah-tempe-makanan-enak-di-jogja
sumber: http://oleholehjogja.biz

Kabupaten Sleman, Jogjakarta. Selain menjadi pusat pendidikan, juga merupakan sebagai salah satu daerah kabupaten terkaya dan termaju di  di Provinsi DIY. Kemajuan tingkat pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sleman didukung sektor pendidikan dan pariwisata.

Saat pelancong mamasuki daerah Jogja utara. Tepatnya ketika mulai memasuki Jalan Kaliurang (Jakal) atas, anda akan menemukan banyak warung yang menjual cemilan jajanan tradisional jadah tempe.

Jadah merupakan salah satu jenis jajanan pasar tradisional khas Kabupaten Sleman. Terbuat dari bahan dasar beras ketan yang dicapur dengan parutan dan santan kelapa. Sehingga jadah memiliki rasa gurih dan nikmat ketika dikunyah dimulut.

Biasanya untuk menambah cita rasa nikmat jadah, orang-orang akan menambahkan makanan pendamping jadah, berupa tempe bacem manis. Tempe bacem ditangkupkan dengan jadah, sehingga makanan tempe jadah berbentuk seperti burger.

Meskipun memiliki cita rasa sederhana jadah tempe ternyata mampu memikat hati Raja Jogja. Beliau, Sri Sultan Hamengkubuwono IX sering menjadikan Jadah tempe sebagai makanan kudapan sehari-hari.

Dari sekian banyak tempat makanan enak di Jogja yang khusus menjual kudapan sederhana ini, warung Jadah Tempe Mbah Carik menjadi warung jadah tempe terenak di Jogja. Harga jadah tempe berkisar antara RP 10.000; – Rp30.000;, sesuai dengan pilihan paket menu yang dipilih.

Berada di sekitar jalan Pusat Wisata Kaliurang, tepatnya berada di Jalan Astomulyo, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman. Warung Jadah Tempe Mbah Carik buka jualan mulai dari pagi hingga sore hari.

 

Makanan Khas Pesisir Pantai Selatan Jogja: Belalang Goreng Gunung Kidul

gambar-walang-belalang-goreng-makanan-enak-di-jogja
sumber: http://www.klikoleholeh.com

Kabupaten Gunung Kidul di Provinsi Yogyakarta. Selain menawarkan aneka tempat wisata menarik, ternyata juga menawarkan makanan khas unik berupa belalang goreng.

Serangga tersebut digoreng kemudian dijadikan sebagai camilan sekaligus oleh-oleh khas Jogja. Seperti di film-film thailand dan video dokumenter tentang wisata kuliner ekstrim. Ternyata tidak perlu harus pergi jauh ke luar negeri, namun ada juga di Jogja.

Makanan khas Gunung Kidul ini mudah sekali didapat lho. Saat kalian berencana berlibur di pantai-pantai yang ada di Gunung Kidung, seperti pantai indrayanti, krakal, kukup, gua cemara dan sebagainya. Pasti banyak penjual belalang goreng di sepanjang jalannya.

Sebenarnya produk makanan khas daerah ini merupakan hasil kreasi makanan guna meningkatkan potensi ekonomi daerah terkait. Kira-kira kalian geli tidak melihatnya? Beranikah mencoba?

Sekali-kali cobalah mampir dan rasakan sensasi makan belalang goreng. Rasa belalang goreng gurih dan tenyah kok, meski tidak ditambahi bumbu penyedap. Bahkan seluruh bagian tubuh belalang juga bisa dikonsumsi, tanpa terkecuali.

Harga belalang biasanya dijual oleh para pedagang oleh-oleh sebesar Rp 20.000; per kemasan toples ukuran sedang. Namun perlu diingat, belalang goreng merupakan makanan tinggi protein.

Sehingga untuk anda yang memiliki catatan riwayat penyakit alergi makanan berprotein tinggi. Kami sangat sarankan, sebaiknya hindari niat untuk mencicipi belalang goreng agar penyakit gatal-gatal pada tuuh anda tidak kambuh.

 

Makanan Enak Tradisional Khas Jogja: Geblek 

gambar-makanan-enak-di-jogja-gambar-geblek-pedas-membuat-geblek
sumber: https://yogyakartakita.com

Salah satu jenis jajanan pasar yang satu ini merupakan makanan ringan khas Kulon Progo, daerah kabupaten yang berada di sebelah barat Yogyakarta. Geblek terbuat dari bahan dasar tepung tapioka yang dibumbui dengan bawang putih sebagai tambahan bumbu penyedapnya.

Ciri geblek memiliki warna putih bersih dan tekstur kenyal seperti cireng. Karena dimasak dengan cara digoreng, bagian kulit luar menjadi garing dan crispy, namun tetep empuk bagian dalamnya.

Cita rasa geblek akan semakin nikmat, saat dihidangkan dengan tambahan siraman saus kacang. Bagi anda para pelancong yang ingin membeli buah tangan khas Jogja selain gudeg dan bakpia kurnia sari, oleh-oleh unik ini bisa menjadi pilihan anda.

Belilah geblek yang belum dimasak, untuk selanjutnya digoreng saat sudah samapai di rumah. Sebab geblek yang sudah digoreng hanya mampu bertahan kurang dari sehari, sedangkan geblek mentah bisa bertahan sekitar 1 minggu.

 

Wisata Kuliner Mie Legendaris di Jogja

Kalau biasanya bakmi hanya diolah menjadi menu masakan bakmi godog dan bakmi rebus. Atau terkadang bakmi malah dijadikan sebagai bahan pelengkap masakan lain, seperti lotek, gado-gado, dan tahu gimbal.

Maka di Jogja, bahan memasak berupa bakmi bisa dikreasikan menjadi kuliner khas daerah yang sulit ditiru oleh daerah lain. Seperti beberapa kreasi menu mie berikut ini:

 

Bakmi Jogja

gambar-makanan-enak-di-jogja-gambar-bakmi-jawa-bakmi-jogja
sumber: https://pergikuliner.com

Menu makanan Bakmi Jogja dikenal juga oleh masyarakat luas dengan sebutan Bakmi Jawa. Bakmi Jawa khas Jogja merupakan menu kuliner malam yang banyak dicari para pecinta bakmi.

Terdapat begitu banyak warung bakmi enak di Jogja. Penjual bakmi biasanya menjajakan dagangannya di pinggir jalan menggunakan tenda dan gerobak sebagaimana lapak pedang kali lima (PKL) pada umumnya.

Bumbu Bakmi Jogja sebenarnya tidak jauh berbeda dengan resep bakmi Jawa pada umumnya. Mie kuning dan bihun diolah menjadi mie goreng maupun mie rebus dengan tambahan bumbu rahasia spesial.

Ciri khas cara memasak bakmi jawa terdapat pada penggunaan anglo (tunggu tanah liat) dalam setiap proses memasak mie. Ada banyak warung bakmi Jawa di Jogja, dan setiap warung telah memiliki pelanggan setianya sendiri-sendiri.

Contoh warung bakmi jawa yang selalu ramai dengan pengunjung, diantaranya adalah Bakmi Pak Lele yang berlokasi di dekat Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta dan Bakmi Kadin di Jalan Senopati.

 

Mie Lethek Mbah Mendhes

gambar-makanan-enak-di-jogja-gambar-mie-lethek-mi-lethek
sumber: https://lifestyle.okezone.com

Tidak jauh berbeda dengan jenis mie pada umumnya. Mie lethek juga dimasak dengan cara digoreng ataupun direbus. Pembeda mie lethek terdapat pada penggunaan bahan dasar pembuatan mie.

Mie lethek dibuat dari campuran tapung tapioka dengan geblek. Mie lethek adalah jenis mie yang bentuknya menyerupai bihun. Nmaun tidak berwarna putih bersih, melainkan justru berwarna kecokelatan sehingga terkesan terlihat kotor.

Meskipun demikian, proses pembuatan mie lethek tetap higienis kok. Warna coklat pada mie disebabkan dari penggunaan tepung ketela sebagai bahan dasar pembuatan mie lethek.

Perlu diketahui, kandungan mie lethek justru sangat baik bagi kesehatan tubuh. Selain merupakan jenis varian dari mie organik, proses pengawetan bakmi dilakukan secara alami. Dijemur hingga kering, sehingga bebas dari bahan pengawet berbahaya.

Lokasi Mie Lethek Mbah Mendes terletak di Jalan Sarirejo, Maguwoharjo, sekitar Jalan Ring Road Utara belakang Lotte Mart.

 

Mie Ayam Tumini

gambar-makanan-enak-di-jogja-gambar-mie-ayam-tumini
sumber: https://www.youtube.com

Bagi anda para penggemar mie ayam bakso, mie ayam ceker maupun mie ayam pangsit. Kira-kira kalian sudah pernah mencoba mencicipi Mie Ayam Tumini belum?

Lokasi Mie Ayam tumini berada di Jalan Imogiri Timur nomer 187. Warung mie ayam ini selalu ramai dengan konsumen lho, mulai dari pelajar, mahasiswa, rombongan keluarga, hingga para wisatawan luar kota.

Kalau pada umumnya kuah mie ayam dibuat encer dan bening, maka tidak disini. Bumbu kuah Mie Ayam Tumini cenderung kental dan pekat dengan rasa kaldu ayam yang saat terasa.

Resep Mie Ayam Tumini semakin sempurna dengan perpaduan rasa kuah gurih dan manis yang pas. Apalagi cara memasak mie ayam yang selalu dilakukan secara profesional dan menjaga tingkat higienitas makanan. Harga mie ayam tumini dijual seharga Rp 10.000; per porsinya.

 

Tempat Makan Enak di Jogja Favorit Pecinta Wisata Kuliner

Bisa dikata, Jogja merupakan surganya wisata murah di Indonesia. Terdapat banyak spot menarik layak dikunjungi, mulai dari daya tarik wisata edukasi, candi, museum, wisata alam hingga wisata sejarah.

Tidak hanya itu, perkembangan wisata kuliner Jogja pun menunjukkan hasil positif, berkembang secara pesat dan signifikan.

Banyak rumah makan terkenal dan kafe baru bermunculan di Jogja. Mulai dari The House of Raminten, Kalimilk Jogja, Warung Steak and Shake hingga yang menyediakan menu makanan lokal seperti Warung Spesial Sambel (SS) dan Lesehan Aldan.

Tapi tahukah anda, bahwa ternyata masih ada spot wisata kuliner yang menyediakan makanan enak di Jogja dengan harga terjangkau. Berikut beberapa contohnya:

 

Kuliner Malam Jogja: Nasi Kucing Warung Angkringan

gambar-makanan-enak-di-jogja-gambar-angkringan-jogja-petruk-kr
sumber: https://www.pegipegi.com

Membahas tempat makan enak dan murah di Jogja, tentu tidak bisa dilepaskan dari yang namanya warung angkringan. Hampir semua orang yang pernah tinggal dan menjelajahi tempat wisata di Jogja, mesti tidak asing dengan alternatif tempat makan murah yang satu ini.

Angkringan adalah sebuah lapak tempat berjualan dari gerobak sederhana dengan atap terpal plastik yang menjual segokucing, nasi kucing, sate telur puyuh, satu usus, sate kikil, sate kulit, gorengan, dan wedangan.

Nasi kucing adalah nasi bungkus dalam porsi sedikit yang berisi sambal teri dan orek tempe. Nasi kucing menjadi menu khas angkringan selain menu minum kopi joss.

Hampir semua orang Jogja pasti pernah makan di angkringan. Apalagi kalangan mahasiswa dan pelajar SMA yang ngekost, pasti familiar bangetlah dengan namanya kucingan (nama populer angkringan dikalangan anak muda).

 

Warung Nasi Gudeg Jogja

 

gambar-makanan-enak-di-jogja-gambar-gudeg-jogja-membuat-gudeg
sumber: http://www.tribunnews.com

Tak perlu panjang lebar menjelaskan. Pasti anda semua sudah paham dengan makanan lezat berbahan baku buah nangka ini (gori). Bahkan banyak orang yang menyebut gudeg sebagai salah satu makanan enak di Jogja.

Kawasan Wijilan dan Berek menjadi tempat paling kondang sebagai sentra gudeg Jogja paling enak. Lokasi daerah Wijilan sendiri sangat dekat dengan kompleks Kraton Yogyakarta.

Perlu diketahui oleh anda, ada 4 warung makanan enak di Jogja yang memiliki spesialisasi menu gudeg, yaitu warung Gudeg Pawon, Gudeg Yu Djum, Gudeg Bu Tjitro, dan Gudeg Wijilan.

 

Warung Sate Klatak

gambar-makanan-enak-di-jogja-gambar-sate-klatak-membuat-sate
sumber: http://www.republika.co.id

Bila warung sate kambing pada umumnya hanya menyedikan alternatif menu lain berupa tongseng, gulai, nasi goreng kambing dan sup. Maka di Jogja ada menu makanan dari kambing bernama sate klathak.

Berbeda dengan resep sate kambing pada umumnya, bumbu sate klatak hanya menggunakan bumbu kecap, garam dan merica. Bumbu minimalis inilah yang justru membuat sate klatak memiliki cita rasa khas.

Cara membakar sate klatak juga berbeda. Alat bantu bakar tidak menggunakan tusuk sate bambu, melainkan jeruji besi sepeda. Konon tusuk sate dari jeruji besi sepeda justru bisa mebuat daging matang dengan merata dan sempurna.

Dari beberapa tempat makanan enak di Jogja yang menjual sate klatak.  Warung Sate Klatak Pak Pong, Sate Klatak Pak Bari, Sate Kere Pak Mardi, dan Sate Klatak Pak Jede menjadi primadona tujuan utama untuk bersantap malam warga Jogja.

 

Oseng-Oseng Mercon Bu Narti

gambar-makanan-enak-di-jogja-gambar-oseng-mercon-bu-narti

Jika di Gunung Kidul ada cemilan makanan ringan dari jenis binatang yang jarang dikonsumsi. Maka di Kota Jogja ada menu makanan menantang  karena cita rasa super pedasnya, yakni warung Oseng Mercon Bu Narti.

Lokasi Oseng Mercon Bu Narti berada di Jalan KH. Ahlmad Dahlan, Ngampilan. Kuliner pedas oseng mercon berisi campuran kulit, lemak, kikil, dan tulang muda (iga dan kicik) yang dimasak dengan resep bumbu super pedas.

Harga Oseng Mercon Bu Narti seporsinya dihargai mulai dari Rp 15.000; – Rp 20.000;. Bahkan untuk menambah tingkat kepraktisan, sekarang telah hadir juga produk Oseng Mercon Bu Narti dalam kemasan kaleng. Jam buka warung lesehan mulai dari mghrib higga jam 11 malam.

***

Bagaimana, sudah mendapat inspirasi menu makanan enak di Jogja yang akan dicicipi waktu berkunjung dan berwisata kuliner murah di Jogja belum? Kira-kira makanan spesial apa yang akan anda coba terlebih dahulu? Selamat berwisata kuliner.

Leave a Comment