Makanan Khas Daerah Bercita Rasa Enak Dan Lezat Dari 34 Provinsi Indonesia

Makanan Khas Daerah Bercita Rasa Enak Dan Lezat Dari 34 Provinsi Indonesia

Keragaman kuliner nusantara merupakan salah satu kebanggaan warga Indonesia. Begitu banyaknya jumlah suku bangsa di Indonesia, menyebabkan setiap daerah pasti memiliki ciri khas kuliner tersendiri yang unik.

Ditunjang dengan kekayaan rempah-rempah yang sangat beraneka ragam jenis dan fungsinya. Maka tidak mengagetkan, apabila kuliner di berbagai pelosok daerah Indonesia memiliki cita rasa dan mampu menggugah selera.

Contents

Makanan Khas Daerah Pulau Sumatera

Pulau Sumatera adalah salah satu pulau terbesar di Indonesia yang terletak  di bagian paling barat. Pulau ini sangat kental dengan unsur budaya Melayu. Banyak wisatawan yang tertarik mengunjungi Pulau Sumatera, karena tertarik akan kearifan lokal masyarakatnya.

Salah satu bentuk kakayaan kearifan lokal masyarakat Pulau Sumatera dapat dilihat dari aspek keragaman jenis dan cita rasa makanan daerahnya. Setiap bagian daerah, memiliki ciri tersendiri pada makanan kesehariannya. Semua menu makanan tersebut siap menggoyang lidah para wisatawan ketika berkunjung melakukan wisata kuliner di Pulau Sumatera.

Makanan Enak Kuliner Aceh

gambar-makanan-khas-daerah-enak-kuliner-aceh
sumber: http://www.thejakartapost.com

Aceh adalah salah satu destinasi daerah wisata yang sangat terkenal hingga ke manca negara, terutama terkait dengan wisata baharinya. Padahal aAceh juga menyimpan potensi wisata yang tidak jauh menarik dibandingkan wisata bahari, yaitu wisata kuliner Aceh.

Banyak yang belum tahu, kalau Aceh merupakan surganya pecinta wisata kuliner. Pasalnya, masakan makanan Aceh terkenal bercita rasa sangat lezat. Penggunaan bumbu rempah-rempah yang beragam bakal membuat penikmatnya ketagihan.

Berikut rekomendasi menu makanan yang wajib anda coba ketika berkunjung ke Aceh:

Mie Aceh

gambar-makanan-khas-daerah-sumatera-kuliner-enak-mie-aceh
sumber: https://wisatatourist.wordpress.com

Siapa yang tidak mengenal makanan hasil olahan mie? Mie merupakan bahan masakan makanan sejuta umat. Terdapat banyak makanan hasil olah mie, seperti mie ayam, mie jawa, mie goreng, mie rebus, dan mie aceh.

Mie aceh adalah makanan khas daerah  Nanggroe Aceh Darussalam. Bahkan mie aceh juga dijadikn sebagai salah satu makanan khas daerah terenak di Indonesia.

Bahan dasar pembuatan mie aceh berasal dari mie kuning yang tebal, kemudian dicampuri dengan irisan daging. Jenis daging yang biasa digunakan sebagai campuran (topping) mie aceh adalah daging sapi atau daging kambing.

Sebagian orang yang tidak suka menggunakan daging kambing dan sapi, mereka akan mengganci campuran toping mie aceh menggunakan makanan laut, seperti daging udang atau cumi-cumi.

Ciri khas mie ayam aceh adalah dalam hal penyajiannya. Mie aceh disajikan dalam bentuk sup dengan campuran sejenis kari dengan cita rasa gurih atau pedas.

 Resep Masakan Mie Aceh Enak

gambar-resep-masakan-enak-mie-aceh-makanan-khas-daerah
sumber: https://cookpad.com

Alternatif Makanan Enak Aceh: Ayam tangkap, sate matang, kuah pliek u, daging masak putih (sie reuboh puteh), ikan kayu, gule kambing, roti canai, kopi sanger, martabak telur Aceh, bubur kanji rumbi dan rujak samalanga Aceh.

Makanan Enak Kuliner Medan (Sumatera Utara)

makanan-khas-daerah-enak-kuliner-medan-sumatera-utara
sumber: http://amazingtoba.blogspot.co.id

Jika kamu seorang pecinta kuliner nusantara, kami rekomendasikan anda untuk tidak lupa berkunjung dan mencicipi cita rasakan kuliner khas Medan.

Sudah sejak lama, kuliner Sumatera Utara menjadi daya tarik para wisatawan. Kuliner tradisional Medan (Sumut) akan sulit untuk anda lupakan. Cita rasa dan bumbu yang khas menjadikan lidah selalu kangen untuk mencobanya lagi.

Berikut rekomendasi menu makanan yang wajib anda coba ketika berkunjung ke Medan (Sumatera Utara):

Bika Ambon Medan

gambar-makanan-khas-daerah-sumatera-kuliner-enak-bika-ambon-medan
sumber: http://blog.nuhun.online

Jangan sampai salah dalam mengidentifikasi makanan jenis kue ini! Meskipun ada embel-embel kata ambon pada makanan ini, tidak lantas hal tersebut menjelaskan bahwa kue ini tidak berasal dari daerah Ambon, Maluku.

Bika ambon adalah makanan khas berbentuk kue yang berasal dari Medan, Sumatera Utara. Makanan ini menjadi salah satu makanan favorit masyarakat medan dan sebagaian masyarakat daerah lain karena memiliki cita rasa yang enak.

Besarnya minat masyarakat terhadap kue bika ambon bisa dilihat dari menjamurnya toko kue yang menjual produk ini. Bahkan di Pulau Jawa juga terdapat banyak toko kue yang khusus menjual bika ambon, dan tokonya pun selalu ramai dengan pembeli.

Bahan dasar bika ambon terbuat dari tepung, telur, dan gula. Kemudaian juga dicampur dengan santan serta daun pandan sebagai penambah aroma wangi kue. Cita rasa yang enak dan aroma wangi inilah yang menjadi kekhasan kue bika ambon.

Resep Bika Ambon Enak

gambar-resep-masakan-enak-bika-ambon-makanan-khas-daerah-medan
sumber: https://cookpad.com

Alternatif Makanan Enak Medan (Sumut): Sambal tuktuk, ikan arsik, ayam (manuk) napindar, kue ombus-ombus, dali ni horbo, pelleng, saksang, dengke mas na niura, itak gurgur, kacang sihobuk, sasagun, mie gomak, anyang pakis, lemang, bihun bebek, soto udang, sayur gurih tauco, kari Medan, kue putu bambu, bubur pedas, natinombur, kolak durian medan, dan sate kerang.

Makanan Enak Kuliner Padang ( Minangkabau, Sumatera Barat)

gambar-makanan-khas-daerah-enak-kuliner-minangkabau-padang-sumatera-barat
sumber: http://putriaulina.blogspot.co.id

Restoran atau rumah makan Padang aalah salah satu tempat makan yang bisa dengan sangat mudah kita temua hampir di seluruh wilayah Indonesia. Menu makanan rumah makan Padang sangat digemari masyarakat karena memiliki cita rasa yang luar biasa lezatnya.

Bagi anda yang sedang liburan ke kota Padang, sempurnakan liburanmu dengan mencoba juga makanan khas daerah.

Rendang Padang

gambar-makanan-khas-daerah-sumatera-kuliner-enak-rendang-minangkabau-padang
sumber: https://moslemlifestyle.com

Tidak perlu diragukan lagi mengenai makanan legenda Indonesia yang satu ini. Rendang adalah makanan khas

hasil olahan daging sapi yang berasal dari daerah padang Minangkabau, Padang, Sumatera Barat.

Selain terkenal dengan warung padang dan masakan padangnya. Masyarakat Minangkabau perlu berbangkan diri karena memiliki rendang. Tidak hanya cocok bagi klidah orang Indonesia, bahkan cita rasa rendang juga digemari masyarakat manca negara.

Dalam bahasa Minang, rendang lebih dkenal dengan sebutan randang. Rendang terbuat dari bahan dasar yang berasal dari campuran daging sapid an santan kelapa. Penggunaan bumbu rempah-rempah yang sangat banyak macamnya menjadikan rendang mampu menggoyang lidah setiap penikmatnya.

Resep Rendang Enak

gambar-resep-masakan-enak-rendang-padang-makanan-khas-daerah-minang
sumber: https://cookpad.com

Alternatif Makanan Enak Padang (Sumbar): Sate Padang, dendeng batokok, keripik sanjai, teh talua, gulai itiak (itik), gulai paku, soto Padang, dendeng balado, dan gulai banak.

Makanan Enak Kuliner Palembang (Sumatera Selatan)

gambar-makanan-khas-daerah-enak-kuliner-palembang-sumatera-selatan
sumber: https://www.inovasee.com

sebagian besar dari kita, ketika mendengar kata Palembang pasti langsung terbayang dengan pempek. Makanan ini sudah sangat terkenal hingga berbagai daerah. Padahal kota yang kaya akan bumbu rempah ini masih memiliki makanan khas daerah lainnya yang tidak kalah enaknya.

Dialiri oleh sungai musi yang membelah jantung kota, membuat kebanyakan makanan palembang berbahan dasar ikan dan udang. Seperti jenis makanan-makanan seperti berikut:

Empek-Empek (Pempek) Palembang

gambar-makanan-khas-daerah-sumatera-kuliner-enak-empek-pempek-palembang
sumber: http://sajiansedap.grid.id

Empek-empek, sering dikenal juga dengan sebutan pempek. Pempek adalah makanan khas Indonesia yang berasal dari daerah Palembang, Sumatera Utara.

Makanan pempek akan sangat mudah untuk ditemukan tidak hanya di Medan, tetapi hampir seluruh wilayah Indonesia. Penjual pempek telah menjamur di berbagai sudut penjuru negeri. Mulai dari yang dijajakan oleh pedagang keliling dari kampung ke kampung hingga yang diajikan secara mewah di berbagai restoran kelas atas.

Makanan khas pemepek Medan ini, terbuat dari bahan baku yang berasal dari ikan dan sagu. Ikan yang biasa digunakan adalah ikan tengiri. Penambahan telur sebagai isi pada bagian tengah bertujuan untuk menambah cita rasa pempek.

Resep Pempek (Empek-Empek) Palembang Enak

gambar-resep-masakan-enak-empek-pempek-makanan-khas-daerah-palembang
sumber: https://cookpad.com

Alternatif Makanan Enak Palembang (Sumsel): Lenggang candy, tekwan lince, ikan pindang, mie celor, martabak Har, laksan, burgo, celimpungan, tempoyak, munggahan, duren, nasi minyak, es kacang merah, kerupuk, dan kemplang

Alternatif Makanan Enak Sumatera: Mie Bangka, gulai ikan patin, pendap, gulai belacan, otak-otak, dan seruit.

Makanan Khas Daerah DKI Jakarta

Sebagai ibukota negara Indonesia, kehidupan di Jakarta sangatlah modern. Seluruh kedupan di dalamnya terkenal sangat metropolitan. Segala sesuatu yang berasal dari berbagai negara dapat dengan dengan mudah ditemui, termasuk dalam hal makanan.

Tapi ternyata, dibalik kemoderenan kehidupan Jakarta, kita masih bisa menemukan makanan tradisional khas Jakarta. Makanan ini tetap dijaga eksistensinya terutama oleh masyarakat suku Betawi.

Makanan Enak Kuliner Betawi (Jakarta)

gamabar-makanan-khas-daerah-enak-kuliner-betawi-jakarta
sumber: youtube.com

Suku Betawi adalah suku asli yang mendiami wilayak Jakarta. Kehidupan masyarakat Betawi sangat mempengaruhi kearifan lokal di Jakarta, termasuk dalam hal kuliner.

Makanan Betawi tercipta dari perpaduan pengaruh budaya masakan Eropa, Arab, dan Cina. Makanan khas daerah Jakarta terkenal gurih dan lezat. Sayangnya berbagai jenis makanan ini, mulai sulit untuk ditemukan sebgai akibat dari semakin berkembang pesatnya kota metropolitan Jakarta.

Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk mengenal dan melestarikan berbagai warisan kuliner Jakarta, seperti berikut ini:

Kerak Telor Betawi (Jakarta)               

gambar-makanan-khas-daerah-jakarta-kuliner-enak-kerak-telor-betawi
sumber: http://mahligai-indonesia.com

Kerak telor adalah makanan khas suku Betawi yang ada di daerah ibukota Jakarta. Pada dasarnya, kerak telor adalah makanan khas hasil perpaduan antara kuliner suku Betawi dengan kuliner Portugis.

Meskipun daerah Jakarta terus berkembang dengan kehidupan megapolitannya. Masih ada pedagang  yang menjajakan kerak telor di Jakarta, walapun agak sulit untuk menemukannya. Kalau anda ingin mencicipi kerak telor, datanglah ke acara-acara yang diselengkarakan oleh Pemda Jakarta, seperti pada Pekan Raya Jakarta.

Resep Kerak Telor Enak

gambar-resep-masakan-enak-kerak-telor--makanan-khas-daerah-jakarta
sumber: https://cookpad.com

Alternatif Makanan Enak Betawi (Jakarta): Nasi uduk, gado-gado, semur jengkol, soto Betawi, roti buaya, asinan Betawi, kue cucur, dodol Betawi, putu mayang, kue rangi, kue talam, kue cente manis, getuk lindri, dodol Betawi, soto Betawi, kue geplak, roti gambang, bir pletok, es doger, kue pancong, kue lupis, wajik, sagon, nasi ulam, lontong sayur (ketupat sayur),ketoprak, laksa Betawi, pindang bandeng, soto takar, dan semur jengkol.

Makanan Khas Daerah Pulau Jawa

gambar-makanan-khas-daerah-enak-kuliner-pulau-jawa
sumber: http://www.taritravelindonesia.com

Pulau Jawa adalah pulau terkecil dari 5 pulau utama di Indonesia. Namun anehnya, justru menjadi pulau dengan jumlah penduduk terbesar dan terpadat. Maka tidak aneh apabila kemudian di Jawa terdapat makanan khas yang sangat beragam jenisnya.

Makanan Enak Kuliner Bandung (Jawa Barat)

gambar-makanan-khas-daerah-enak-kuliner-bandung-jawa-barat
sumber: http://blogkotakita.blogspot.co.id

Batagor  Bandung

gambar-makanan-khas-daerah-jakarta-kuliner-enak-batagor-bandung
sumber: https://www.asianfoodchannel.com

Batagor adalah akronim (singkatan) dari bakso tahu goreng. Ciri utama bakso tahu batagor terletak pada penggunaan tepung tapioka yang dicampur dengan ikan tengiri kemudian dikukus. Hidangkan dengan guyuran sambal kacang membuat kuliner ini sangat nikmat.

Kelezatan cita rasa  batagor bahkan juga digemari hingga seluruh Indonesia. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya pedagang yang  menjual batagor. Mulai dari kelas pedagang gerobak keliling hingga kelas restoran mewah.

Resep Batagor Bandung Enak

gambar-resep-masakan-enak-batagor-bandung-makanan-khas-daerah-jabar
sumber: https://cookpad.com

Alternatif Makanan Enak Bandung (Jabar): Surabi (serabi) Bandung, pisang cokelat (piscok), aci digemul (cimol), siomay Bnadung, seblak, bandros, nasi tutug oncom, peuyeum, mie kocok, gepuk,aci goreng (cireng), colenak, lotek, combro, misro, tutut, karedok, bakso goreng (basreng), gehu, tahu lembang, cilok, bandrek, mochi, bajigur.

Alternatif Makanan Sunda (Jawa Barat): Sega (sego) jamblang, karedok, empal gentong, rujak kangkung, tahu gejrot, asinan bogor, sega (sego) lengko, rengginang, dan wajit.

Makanan Enak Kuliner Semarang (Jawa Tengah)

Tidak mau kalah dengan kota besar lainnya. Kota semarang juga mempunya berbagai macam makanan khas. kuliner di semarang masih didomonasi makanan jawa serta ada juga yang muncul sebagai akibat dari pengaruh budaya cina.

Bandeng Presto Semarang

gambar-makanan-khas-daerah-sumatera-kuliner-enak-bandeng-presto-semarang
sumber: https://selerasa.com

Sebagaimana namanya, bandeng presto adalah makanan olahan berbahan dasar bandeng yang dimasak menggunakan panci bertekanan tinggi (panci presto). Penggunaan panci presto inilah, yang menjadi ciri dari masakan ini.

Tujuan bandeng dimasak dalam panci bertekanan tinggi adalah untuk membuat lunak duri dari ikan bandeng tersebut. Duri ikan yang sudah lunak akan memudahkan penikmat bandeng dalam mengkonsumsinya.

Bandeng presto memiliki daya tahan yang lebih lama apabila disimpan di dalam lemari es. Makanan khas semarang ini akan bertambah nikmat apabila dihidangkan dengan nasi hangat dan sambal terasi.

Resep Bandeng Presto Semarang Enak

gambar-resep-bandeng-presto-enak-makanan-khas-daerah-semarang-jateng
sumber: https://cookpad.com

Alternatif Makanan Enak Semarang (Jateng): Tahu gimbal, tahu pong, babat gongso, lumpia,es conglik, wingko babat, pisang plenet, roti ganjel rel, soto semarang, nasi pecel,lekker (leker), mangut lele, mangut kepala manyung, bakmi jawa, dan gulai kambing.

Alternatif Makanan Jawa Tengah: Lumpia, tahu petis, telur asin, tempe mendoan, enting-enting gepuk, nasi gandul, nasi liwer, rndo royal, soto Kudus, gethuk, wajik, dawet ireng, mangut beong, brekecek, nasi grombyang, getuk goreng, jenang Kudus, mie ongklok, dna garang asem.

Makanan Enak Kuliner Jogja ( Yogyakarta)

Gudeg Jogja (Yogyakarta)

gambar-makanan-khas-daerah-jawa-kuliner-enak-gudeg-jogja
sumber: https://smart-money.co

Gudeg adalah makanan yang tidak bisa dipisahkan dengan kota Jogja. Bahkan kota Jogja juga sering dijuluki oleh masyarakat umum sebagai kota gudeg, sebab dikota inilah resep gudeg tercipta.

Pada mulanya, masakan gudeg adalah sebuah menu makanan yang mewah dan elit. Hanya boleh dihidangkan bagi raja Keraton Jogja, Resepnya pun hanya diketahui oleh juru masak pribadi Raja Jogja.

Gudeg terbuat dari bahan utama berupa sayur nangka muda yang dicampur dengan santan. Sebenarnya cita rasa asli guded adalah manis, bahkan cenderung sangat manis. Namun, seiring dengan semakin ramainya pariwisata di kota Jogja, rasa gudegpun berkembang tidak hanya manis, tetapi juga pedas.

Pada umumnya, gudeg dihidangkan dengan nasi panas, ayam kampung , dan telur kecap.

Resep Gudeg Jogja Enak

gambar-resep-masakan-enak-gudeg-jogja-makanan-khas-daerah-yogyakarta
sumber: https://cookpad.com

Alternatif Makanan Enak Jogja (Yogyakarta): Belalang goreng, krecek, bakpia pathuk, yangko, cilok gajahan, cenil Jogja, geplak, gatot guningkidul, nasi tiwul, peyek, oseng mercon, geblek, jadah tempe mba carik, sop ayam pak min, tengkleng gajah, mangut lele, brongkos Jogja, bakmi Jogja, mie lethek, sate klathak, dan ayam geprek.

Makanan Enak Kuliner Surabaya (Jawa Timur)

Kota yang berada di ujung timur Pulau Jawa ini tidak hanya menarik sebagai destinasi wisata dan pendidikan saja, tetapi juga sebagai objek wisata kuliner.

Daerah surabaya pada umumnya dan jawa timur khususnya, dikenal sebagi penghasil terasi dan petis yang sangat bagus untuk menambah cita rasa masakan. Makana di Surabaya terkenal memiliki rasa yang pedas, seperti beberapa jenis makanan berikut:

Soto Rawon Surabaya

gambar-makanan-khas-daerah-jawa-timur-kuliner-enak-rawon-surabaya
sumber: https://www.dapurumami.com

Soto rawon adalah makanan khas Surabaya yang memiliki cita rasa cenderung pedas. Sebagian orang mengenal makanan ini dengan sebutan nasi rawon.

Nasi soto rawon dibuat menggunakan bahan dasar potongan daging sapi dan kacang polong. Masakan ini sangat mudah dikenali karena memiliki kuah yang saat khas. Kuah nasi rawon berwarna hitam pekat, namun dalam pembuatannya tidak menggunakan kecap, warna hitam pada kuah diperoleh dari penggunaan bumbu kluwek.

Resep Nasi Soto Rawon Surabaya

gambar-resep-masakan-enak-rawon--makanan-khas-daerah-surabaya-jatim
sumber: https://cookpad.com

Alternatif Makanan Enak Surabaya (Jatim): Sate klopo, nasi krawu, rujak cingur, tahu tek, rawon setan, lontong balap, tahu campur, pecel semanggi, dan sego (sega) sambel.

Alternatif Makanan Enak Jawa Timur (Jatim): Soto Lamongan, bakso Malang, nasi tumpang, lodho ayam, rujak soto, sego (sega) tempong, sate madura, bebek sinjay, lontong kupang, gethuk pisang, brem, pecel lele, sambel wader, dan ledre.

Makanan Khas Daerah Bali & Nusa Tenggara Barat

Makanan Enak Kuliner Bali

Ayam Betutu Bali

gambar-makanan-khas-daerah-bali-kuliner-enak-ayam-betutu-bali
sumber: https://notepam.com

Ayam betutu berasal dari Pulai Dewata (Bali). Tepatnya berasal dari daerah Desa Melinggih, Kecamatan Payangan, kabupaten Gianyar. Ciri utama ayam betutu terletak pada bahan dasar pembuatannya yang berasal dari daging ayam utuh.

Proses pembuatan ayam betutu diawali dengan pembubuhan campuran bumbu-bumbu yang diletakkan pada bagian tengah ayam. Kemudian ayam dipanggang menggunakan api sekam hingga matang.

Pemanggangan menggunakan api sekam membuat daging ayam betutu menjadi sangat lembut, seperti daging yang telah dikukus. Cita rasa ayam betutu pasti akan membuat lidah anda bergoyang dan tubuh banjir dengan keringat, sebab rasa pedas ayam betutu sangat enak dan membuat ketagihan.

Makanan Enak Kuliner Lombok (Nusa tenggara barat)

Ayam Taliwang Lombok

gambar-makanan-khas-daerah-lombok-ntb-kuliner-enak-ayam-taliwang
sumber: https://migrationology.com

Letak geografi Pulau Lombok dengan Bali sangatlah berdekatan. Keduanya bahkan juga sama-sama mengandalkan sektor pariwisata sebagai sumber utama pendapatan asli daerah. Maka tidak aneh diantara kedua pulau ini terdapat beberapa persamaan, termasuk di bidang kuliner.

Jika Bali memiliki makanan khas ayam betutu, maka Lombok memiliki ayam taliwang sebagai makanan khasnya. Sebagaimana namanya, bahan dasar ayam taliwang pastinya adalah daging ayam. Makanan ini merupakan salah satu jenis masakan yang sangat popular di pulau Lombok.

Ayam taliwang terbuat dari daging ayam kampung muda, sehingga memiliki cita rasa yang enak dan tekstur daging yang masih lembut. Cara pengolahannya pun bisa dengan cara dibakar maupun digoreng, tergantung dengan selera.

Kunci kelezatan ayam taliwang terdapat pada penggunaan bumbu rahasia yang sangat pedas dan enak. Uniknya lagi, dari bumbu pedas tersebut juga terasa sedikit cita rasa asam, mungkin rasa tersebut berasal dari pengguanaan jeruk nipis.

Makanan Khas Daerah Kalimantan Dan Sulawesi

Makanan Enak Kuliner Banjarmasin (Kalimantan Selatan)

Soto Banjar

gambar-makanan-khas-daerah-kalimantan-selatan-kuliner-enak-soto-banjar
sumber: https://id.tastemade.com

Soto adalah salah satu makanan yang sangat popular di Indonesia, makanan ini bisa dengan mudah anda temui di berbagai sudut kota. Mulai dari yang dijajakan oleh perdagang keliling hingga soto yang dijual menetap di warung-warung permanen.

Tidak hanya daerah Lamongan yang memiliki makanan khas daerah berupa soto. Ternyata msyarakat Banjar (Banjarmasin), juga memiliki makanan khas daerah berupa soto banjar.

Soto banjar dibuat menggunakan bahan dasar utama daging ayam. Soto banjar memiliki cita rasa yang sangat menyegarkan dan aroma yang harum berkat penggunaan rempah-rempah seperti kayu manis, cengkeh, dan biji pala.

Makanan ini sangat gurih dan menyegarkan. Biasa dihidangkan dengan suwiran daging ayam yang dilengkapi dengan tambahan perkedel (kentang rebus), potongan telur rebus, dan ketupat atau nasi hangat.

Makanan Enak Kuliner Manado (Sulawesi Utara) dan Makassar (Sulawesi Selatan)

Bubur Manado (Bubur Tinutuan)

gambar-makanan-khas-daerah-sulawesi-utara-kuliner-enak-bubur-manado
sumber: http://resepxyz.blogspot.co.id

Manado tidak hanya terkenal dengan masakan hasil olahan ikan laut saja, Manado juga memiliki makanan khas lain bernama bubur tinutuan. Masyarakat umum lebih mengenal bubur tinutian dengan sebutan bubur manado.

Bahan dasar pembuatan bubur manado berasal dari sayur jagung. Sebab di daerah Manado, produksi jagung sangatlah banyak. Karena sebagian besar tanah pertaniannya ditanami dengan tanaman jagung.

Dalam bahasa Manado, tinutuan berarti campur aduk. Nama ini digunakan dalam penyebutan bubur khas Manado, karena dalam penghidangannya bubur Manado dicampuri dengan berbagai macam bahan makanan. Bahan campuran bubur Manado, biasanya digunakan berbagai macam sayur-sayuran dan berbagai jenis lauk hewani seperti berbagai jenis ikan, serta campuran lauk nabati berupa tahu dan tempe.

Coto Makassar (Sulawesi Selatan)

makanan-khas-daerah-sulawesi-selatan-kuliner-enak-coto-makassar
sumber: https://lifestyle.okezone.com

Mungkin sebagian dari kalian menganggap ada typo dalam penulisan makanan khas daerah Makassar di atas. Padahal tidak ada kesalahan dalam penulisan. Coto Makassar adalah memang nama dari makanan khas masyarakat Mandar, Makassar, Sulawesi Selatan.

Pada dasarnya, kata coto memiliki arti yang sama dengan kata soto sebagaimana yang dikenal oleh masyarakat Indonesia. Hanya saja, masyarakat Makassar lebih familiar atau popular menggunakan kata coto untuk menyebut kata soto.

Tetapi coto makassar memang memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan jenis soto dar daerah lain. Tidak seperti soto pada umumnya, isi dari coto makassar tidak terdiri dari daging sapi saja, tetapi juga berisi campuran dari jeroan sapi. Kuah coto makassar juga sangat khas, karena terbuat dari kacang tanah yang dihaluskan.

Makanan Khas Daerah Maluku Dan Papua Barat

Makanan Enak Kuliner Maluku

Gohu Ikan Maluku

gambar-makanan-khas-daerah-maluku-kuliner-enak-ikan-gohu-maluku
sumber: https://lifestyle.okezone.com

Wilayah geografis pulau maluku adalah berupa daratan yang dikelilingi oleh lautan lepas, maka tidak aneh apabila ikan merupakan makanan keseharian masyarakat Maluku. Makanan khas daerah  Maluku bernama Gihu ikan.

Guhu ikan berbahan dasar ikan tuna mentah, atau yang lebih dikenal masyarakat setempat dengan sebutan sashimi ternate.

Proses pembuatan gohu ikan khas Maluku diawali dengan pemotongan daging ikan tuna menjadi potongan kecil-kecil.

  • Cuci bersih potongan ikan tersebut, kemudian lumuri dengan garam dan perasan buah lemon.
  • Selanjutnya campur bahan diatas dengan potongan daun balakama (daun kemangi) yang telah dirajang kasar.
  • Tumis bawang merah dan cabe rawit menggunakan minyak kelapa.
  • Tuangankan tumisan bawang merah dan cabe yang masih panas ke potongan ikan tuna mentah yang telah dicampuri bumbu.
  • Campurkan taburan kacang tanah goreng.
  • Gohu ikan khas Maluku siap dihidangkan.

Makanan Enak Kuliner Papua

Papeda Papua

gambar-makanan-khas-daerah-papua-barat-maluku-kuliner-enak-papeda
sumber: http://www.bello.id

 

 

 

Leave a Comment