Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Daun Sirsak – Buah sirsak berasal dari sekitar daerah Amerika Tengah, Amerika Selatan hingga ke kepulauan Karibia. Buah ini mempunyai nama Latin Annona Muricata.

Buah sirsak adalah buah khas daerah tropis, sehingga banyak tumbuh juga di Indonesia. Buah ini menghasilkan rasa mulai dari agak asam hingga manis.

Tidak hanya buahnya saja yang bisa dimanfaatkan dari pohon sirsak, ternyata daun sirsak juga mempunyai banyak khasiat. Manfaat daun sirsak telah dipercaya dan digunakan dalam pengobatan alternatif sejak berabad-abad yang lalu.

Kandungan Daun Sirsak

sumber: https://www.fruitsinfo.com

Buah sirsak kaya akan kandungan karbohidrat. Setiap 100 gram daging sirsak, mengandung 3.3 gram serat yang setara dengan pemenuhan 13 persen kebutuhan serat setiap harinya.

Senyawa utama yang menjadi keunggulan buah sirsak adalah annova acetogenins. Senyawa annona acetogenins merupakan salah satu jenis asam lemak sehat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Di samping annona acetogenins, daun sirsak juga masih mengandung berbagai senyawa aktif lainnya, seperti:

  • Vitamin A
  • Vitamin B
  • Vitamin C
  • Alcaloid
  • Fitosterol
  • Flavonoid
  • Fosfor
  • Kalsium Oksalat
  • Kalsium
  • Karbohidrat
  • Saponin
  • Tannin

Manfaat Daun Sirsak

sumber: https://www.organicfacts.net

Berdasarkan beberapa penelitian terbaru. Ditemukan bahwa khasiat daun sirsak, tidaklah kalah banyaknya apabila dibandingkan dengan manfaat daun kelor maupun manfaat daun binahong.

Daun sirsak juga dikenal efektif sebagai campuran ramuan pengobatan alami untuk berbagai jenis penyakit kronis dan berbahaya.

1. Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Kesehatan merupakan suatu kebutuhan vital yang sangat berpengaruh terhadap kualitas hidup seseorang. Namun dewasa ini, kualitas kebutuhan hidup ini sangat sulit untuk dijaga dan diwujudkan.

Pola hidup tidak sehat masyarakat modern, serta banyaknya bahan kimia berbahaya pada makanan yang dikonsumsi merupakan penyebab utamanya. Maka menjadi tidak aneh, apabila sekarang ini yang namanya penyakit semakin banyak jenisnya. Bahkan menjadi semakin mematikan dan berbahaya.

Karena semua kehidupan telah terpapar bahan kimia berbahaya. Orang yang sakit pun, kemudian berusaha mencaci alternatif kesembuhan dari penyakitnya tanpa menggunakan obat kimia. Mereka beralaskan, tidak mau menambah racun dalam tubuhnya atau takut membuat diri mereka bakal ketergantungan terhadap obat kimia.

Oleh sebab itu, pengobatan alami atau pengobatan herbal kini menjadi booming kembali di tengah masyarakat. Salah satunya adalah pengobatan dengan daun sirsak. Berikut beberapa manfaat daun sirsak yang perlu anda ketahui:

  • Obat Kanker

sumber: https://drdelroy.com.br

Banyak khasiat daun sirsak yang belum diketahui oleh masyarakat. Salah satunya adalah keefektifan ekstrak daun sirsak dalam menghambat perkembangan berbagai jenis sel kanker.

Penyakit kanker terjadi karena sel dalam tubuh tidak dapat mengendalikan pembelahannya. Akibat sel kehilangan kendali dalam berkembang biak, maka sel tersebut kemudian mempengaruhi dan mengganggu kinerja sel tubuh lainnya.

Pada kondisi normal, sel tubuh yang rusak akan segera membunuh dirinya sendiri. Sehingga tidak mempengaruhi sel tubuh yang lain. Namun hal ini, tidak terjadi pada sel penderita kanker.

Untuk mengatasi sel tubuh yang kehilangan kendali dalam mengatur pembelahan dirinya, maka penderita kanker disarankan untuk mengkonsumsi daun sirsak.

Manfaat daun sirsak untuk kanker, terletak pada kandungan senyawa annonaceous acetogenins yang terkandung di dalamnya.

Zat fitokimia yang terkandung dalam senyawa annonaceous acetogenins memiliki fungsi sebagai anti kanker. Zat tersebut bekerja dengan cara membunuh sel kanker yang ada dan merangsang sel untuk melakukan apoptosis.

Apoptosis merupakan mekanisme alami pada sel tubuh normal, untuk melakukan bunuh diri. Sehingga tidak ada lagi sel yang mengganggu kinerja bagian sel lainnya.  Sebab sel yang rusak bisa melakukan bunuh diri dan sel juga mampu mengendalikan dirinya dalam membelah diri.

Cara mengkonsumsi daun sirsak untuk kanker adalah dengan mengambil ekstraknya. Bahkan dengan mengkonsumsi ektrak daun sirsak secara rutin, sel tumor dalam tubuhpun bisa ikut terbunuh.

  • Penyakit Jantung Koroner

sumber: https://guardian.ng

Penyakit jantung merupakan salah satu jenis penyakit yang mematikan, karena bisa membuat penderitanya tiba-tiba mati. Tanpa memandang umur, baik muda maupun tua.

Penyakit jantung koroner lebih dikenal sebagai penyakit penyumbatan pembuluh darah jantung. Jantung korener adalah penyakit yang disebabkan karena tersumbatnya pembuluh darah oleh plak kolesterol.

Atherosclerosis adalah kondisi dimana dinding arteri mengalami penebalan. Penebalan dinding arteri terjadi karena kadar kolesterol (mengandung lemak jahat) telah berhasil menembus dinding arteri, sehingga terdapat plak pada pembuluh darah.

Penebalan dinding arteri akan menyebabkan meningkatnya tekanan darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung koroner.

Manfaat daun sirsak untuk jantung koroner terdapat pada kandungan senyawa anti hiperlipidermia yang ada di dalamnya. Dimana senyawa anti hiperlipidermia sendiri, mampu berfungsi untuk menurunkan kadar lemak jahat (Low Density Lipoprotein/ LDL) dan meningkatkan kadar lemak baik (High Density Lipoprotein/ HDL) di dalam tubuh.

  • Mencegah Sekaligus Sebagai Obat Diabetes

sumber: https://www.doctoroncall.com.my

Diabetes adalah kondisi penyakit dimana tubuh kehilangan kontrol terhadap kadar gula darah. Penyakit ini lebih dikenal secara luas oleh masyarakat sebagai penyakit kencing manis.

Penyakit diabetes merupakan salah satu penyebab dari tingginya angka kematian di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan, rusaknya sel dan jaringan penderita diabetes akibat tingginya kadar gula darah.

Beberapa faktor penyebab diabetes atau kencing manis adalah akibat dari pola hidup yang tidak sehat, atau faktor genetis (turunan). Dimana kedua faktor tersebut akan menyebabkan terjadinya insulin resistence atau kerusakan fungsi hormon insulin pada tubuh.

Insulin adalah hormon yang berfungsi untuk mengatur kadar gula dalam darah tetap dalam kondisi normal. Dalam kasus penderita diabetes, insulin tidak dapat bekerja secara optimal karena kehilangan kepekaannya terhadap kadar gula dalam darah.

Kandungan senyawa metanolik dan streptozotocin dalam daun sirsak berfungsi untuk merangsang dan memacu sel-sel beta langerhans dalam pankreas. Rangsangan ini akan mendorong diproduksinya insulin serta meningkatnya sensitifitas insulin terhadap kadar gula darah.

Konsumsi air rebusan daun sirsak secara rutin setiap hari, akan membantu menetralkan kadar gula dalam darah penderita diabetes.

  • Mengurangi Gejala Arthritis

sumber: https://www.everydayhealth.com

Arthritis adalah penyakit yang timbul akibat adanya gangguan pada bagian persendian, yang disebabkan karena adanya peradangan.

Seseorang yang mengidap arthritis, biasanya hal tersebut merupakan suatu pertanda atau gejala bahwa ia juga menderita penyakit autoimun. Autoimun terjadi karena sel darah putih justru berkembang secara liar dan malah menyerang sel darah normal pada bagian tubuh lainnya. Sehingga efek dari penyakit autoimun akan akibat mengakibatkan rusaknya imun tubuh pengedapnya.

Khasiat daun sirsak untuk penderita arthritis terletak pada kandungan senyawa anti inflammatori atau yang sering disebut juga sebagai senyawa anti peradangan. Manfaat anti inflammatori adalah untuk mengurangi gejala arthritis.

Rasa nyeri pada persendian akibat dari gejala arthritis dapat dikurangi dengan cara meminum rebusan daun sirsak setiap hari.

  • Obat Penyakit Kuning/ Jaundice

sumber: https://www.healthypanacea.com

Jaudice atau penyakit kuning adalah peyakit yang ditandai dengan kondisi kondisi kulit penderinya berubah menjadi berwarna kuning. Tidak hanya warna kulit yang berubah menjadi kuning, bahkan warna putih mata pun ikut berwarna kuning.

Penyakit kuning disebabkan oleh produksi zat bilirubin yang berlebihan. Bilirubin adalah pigmen kuning yang terbentuk di hati dari sel darah merah yang mati.

Daun sirsak telah lama digunakan sebagai obat berbagai masalah kesehatan yang menyerang organ hati atau liver, seperti jaudince atau penyakit kuning.

Manfaat daun sirsak untuk penyakit kuning (jaudince) terdapat pada kandungan ekstrak ethanol atau senyawa A. muricata. Senyawa ini mimiliki efek positif bagi organ hati, mampu melindungi hati dari efek racun radikal bebas.

Ekstrak daun sirsak, dalam beberapa penelitian telah terbukti mampu menurunkan kadar bilirubin dalam darah penderita penyakit kuning (jaundince).

  • Obat Malaria

sumber: https://daraayuprisillia.wordpress.com

Daun sirsak sangat bermanfaat untuk digunakan dalam keadaan darurat. Seperti ketika berpetualang di tengah hutan, kemudian ada salah satu anggota kelompok yang terkena penyakit Malaria. Maka daun sirsaklah solusinya.

Angka kematian akibat penyakit malaria di Indonesia cukup tinggi jumlahnya. Biasanya dikarenakan penanganan yang terlambat.

Malaria adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit plasmodium yang dibawa dan ditularkan melalui nyamuk Anopheles. Pada umumnya penyakit ini tidak terlalu berbahaya apabila penderitanya segera mendapatkan penanganan yang tepat. Tetapi apabila penderita malaria terlambat dalam penanganan atau salah dalam mengambil tindakan, maka penyakit malaria bisa merubah menjadi berbahaya dan mematikan.

Manfaat daun sirsak untuk malaria terdapat pada kandungan ekstak pentana yang ada di dalamnya. Berdasarkan beberapa penelitian yang telah dilakukan, ekstrak pentana terbukti mampu membunuh Plasmodiun penyebab penyakit malaria secara efektif.

2. Manfaat Daun Sirsak Untuk Kecantikan

sumber: http://www.myviralbox.com

Kecantikan memang menjadi hal yang diidamkan semua orang, khususnya wanita. Hal ini sangat penting karena berhubungan dengan penampilan sehari-hari di muka umum, sehingga akan sangat berpengaruh terhadap kepercayaan diri orang yang bersangkutan.

Manfaat daun sirsak untuk kecantikan tidaklah kalah besar dibandingkan khasiat daun sirsak untuk kesehatan. Terutama masalah yang terkait dengan bagian kulit.

Apalagi dewasa ini, justru terlalu banyak produk kecantikan yang mengandung bahan berbahaya. Maka produk kecantikan dari bahan alami menjadi solusi jitu dan teraman untuk dipilih.

  • Menghambat Penuaan Dini 

sumber: http://adage.com

Selain berfungsi untuk mengobati jerawat, menghilangkan komedo, dan membasmi kutu. Daun sirsak juga efektif untuk mengatasi masalah keriput di wajah atau penuaan diri.

Caranya cukup dengan menjadikan daun sirsak sebagia masker wajah. Setelah kering, jangan lupa dibilas menggunakan air dingin. Untuk hasil yang maksimal, disarankan untuk mengkombinasikan penggunaan masker dibarengi dengan mengkonsumsi air rebusan daun sirsak.

  • Mengobati Jerawat Dan Menghilangkan Eksim

sumber: https://beautyhealthtips.in

Daun sirsak telah terbukti dan dipercaya, efektif dalam mencegah kerusakan kulit. Banyaknya zat anti oksidan yang terkandung di dalam daun sirsak, dapat mencegah dan mengatasi berbagai masalah pada kulit yang disebabkan oleh radikal bebas.

Di samping kaya akan anti oksidan, daun sirsak juga mengandung senyawa anti bakteri dan anti inflamasi. Kedua senyawa tersebut, terbukti mampu secara efektif menghilangkan peradangan pada kulit yang disebabkan oleh jerawat. Bahkan juga bisa mencegah, jerawat meninggalkan noda pada wajah.

Khasiat daun sirsak untuk mengobati jerawat dan eksim, dapat diperoleh dengan cara menjadikan daun sirsak sebagai obat oles atau masker.

Beberapa helai daun sirsak cukup ditumbuk hingga cukup halus. Kemudian oleskan tumbukan daun sirsak pada area kulit yang bermasalah. Efek daun sirsak akan terlihat setelah rutin digunakan selama kurang dari 7 hari.

  • Melangsingkan Tubuh

sumber: http://nepalbuzz.com

Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi buah sirsak atau air rebusan daun sirsak adalah lancarnya metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh yang lancar, akan menbuat sistem pencernaan kita sehat. Sehingga kita bisa buang air besar teratur, dan tidak ada lagi timbunan lemak dalam tubuh sehingga tubuh akan terlihat langsing dan perut yang datar.

Caranya cukup dengan merebus 10 lembar daun sirsak ke dalam 3 gelas air, diamkan hingga menjadi 2 gelas. Minum secara teratur 2 kali sehari.

  • Obat kutu dan Menghilangkan ketombe

sumber: https://www.star2.com

Daun sirsak telah terbukti memiliki banyak manfaat dalam mengatasi berbagai macam masalah penyakit manusia. Namun secara ajaib, daun sirsak berubah menjadi sangat berbahaya dan beracun bagi parasit dan serangga.

Karena mempunyai efek toksin terhadap parasit dan serangga. Daun sirsak juga efektif digunakan untuk membasmi kutu rambut dan ketombe. Caranya cukup dengan menjadikan air rebusan daun sirsak untuk mencuci rambut.

Efek Samping Daun Sirsak

sumber: http://www.vegetafruit.com

Meskipun daun sirsak memiliki banyak manfaat, konsumen tetap harus memperhatikan besaran konsumsinya. Berikut beberapa efek samping daun sirsak yang perlu diperhatikan

  • Senyawa di dalam daun sirsak bisa memicu urinasi. Keadaan dimana seseorang terangsang untuk terus mengeluarkan urin atau air seni, setelah mengkonsumsi daun sirsak.
  • Ekstrak daun sirsak juga mengandung alkohol. Oleh sebab itu, menkonsumsinya dalam jumlah yang banyak bisa menyebabkan rasa kantuk bahkan kehilangan kesadaran.
  • Tidak disarankan untuk mengkonsumsi rebusan daun sirsak atau ekstrak daun sirsak dalam jangkan waktu yang lama. Sebab daun sirsak mengandung senyawa anti mikroba. Ditakutkan senyawa tersebut bisa berakibat buruk pada kesehatan karena dapat membunuh pula bakteri baik dalam tubuh.

Leave a Comment