Cara Memilih Model Rambut Pria Berdasarkan Bentuk Wajah

Cara Memilih Model Rambut Pria Berdasarkan Bentuk Wajah

Model Rambut Pria – Bagi seorang wanita, rambut adalah ibarat sebuah mahkota yang begitu indah dan mewah. Mempunyai rambut yang sehat, bisa membuat para wanita menjadi lebih cantic dan menarik.

Pemilihan gaya rambut, sudah seharusnya disesuaikan dengan bentuk wajah atau kepribadiaan seseorang. Kesesuaian gaya rambut akan mempengaruhi dan meningkatkan kepercayaan diri seseorang.

Belakangan ini, topik bahasan mengenai model rambut sudah tidak menjadi monopoli kaum wanita saja. Para pria tidak mau ketinggalan untuk menaruh perhatian pada hal ini. Model rambut pria yang teratur dan rapi bakal menimbulkan kesan mendalam bagi yang melihatnya. Bahkan menjadikan pria tersebut menjadi lebih menarik.

Kaum pria zaman sekarang, tidak malu lagi untuk belajar dan mendalami mengenai gaya rambut pria. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan model potongan rambut pria yang sesuai dengan bentuk wajah atau kepribadian mereka.

Ciri-Ciri Berbagai Jenis Bentuk Wajah

gambar-model-rambut-pria-berdasar-bentuk-wajah
sumber: http://bestmenshairstyle.com

Penampilan seseorang selalu dikaitkan dengan paras muka. Orang-orang pun berlomba-lomba untuk memoles wajah mereka agar terlihat menarik.

Sayangnya masih banyak orang yang belum mengetahui cara mengidentifikasi bentuk dari wajah mereka. Padahal dengan mengetahui bentuk wajah, seseorang akan bisa lebih maksimal lagi dalam berpenampilan. Sebab mereka menjadi tahu, kacamata atau model rambut seperti apa yang seharusnya mereka gunakan dan pilih agar cocok dengan bentuk wajah.

Oleh sebab itu penting bagi kita untuk mengetahui ciri-ciri dari berbagai jenis bentuk wajah, guna menunjang penampilan diri di muka umum.

1. Ciri-Ciri Bentuk Wajah Bulat

  • Panjang wajah hampir seukuran dengan lebar pipi.
  • Tulang rahang tidak terlalu tajam.
  • Tidak memiliki sudut dan garis yang menonjol di muka

2. Ciri-Ciri Bentuk Wajah Oval

  • Bentuk dagu terkesan kancip.
  • Ukuran dagu dan pipi terlihat sama.

3. Ciri-Ciri Wajah Lonjong

  • Pria berwajah lonjong memiliki dagu yang berbentuk bulat.
  • Wajah lebih panjang dari lebar tulang pipi.
  • Ukuran wajah simetris (proporsional).
  • Secara keseluruhan wajah berbentuk bulat, namun lebih memanjang secara vertikal.

4. Ciri-Ciri Wajah Kotak (Persegi)

  • Ukuran proporsi panjang dan lebar wajah sama
  • Dagu terlihat lebih tajam.
  • Rahang tampak kuat.

5. Ciri-Ciri Wajah Segitiga

  • Bentuk rahang sempit.
  • Ukuran rahang lebar.
  • Dagu cenderung panjang, sehingga terkesan runcing.

Model Rambut Pria Berdasarkan Bentuk Wajah

gambar-keragaman-model-rambut-pria
sumber: mix some pictures from google images

Potongan rambut pria, memiliki arti yang penting sebagaimana pada wanita. Pria juga tidak bisa asal dalam potong rambut. Karena rambut, bisa mempengaruhi seluruh penampilan pria.

Hanya gara-gara kurang tepat dalam memilih model rambut, penampilan pria bisa terlihat kurang menarik padahal sudah berpakaian modis. Tidak seperti wanita, ketika salah dalam memilih model rambut, kaum pria tidak bisa menutupi rambut mereka. Mungkin para pria  bisa menyamarkannya dengan menggunakan topi, tapi jelas topi tidak mungkin bisa digunakan dalam segala keadaan.

Dilema dalam memilih model rambut inilah, yang sering dirasakan oleh para pria. Maka solusinya adalah para pria harus bisa menentukan model potongan rambut yang tepat. Salah satu cara menemukan model rambut pria yang tepat adalah dengan menyesuaikan gaya rambut berdasarkan bentuk wajah.

1. Model Rambut Wajah Bulat

gambar-rekomendasi-model-rambut-pria-wajah-bulat
sumber: http://nordic.businessinsider.com

Pemilihan model potongan rambut pria untuk jenis wajah bulat, harus dilakukan secara hati-hati dan mendetail. Kesalahan dalam menetukan model rambut, akan membuat anda terkesan temben dan lebih gemuk dibandingakan kondisi sebenarnya.

Wajah bulat tidak memiliki garis dan sudut yang menonjol dimuka. Maka pilihlah gaya rambut yang bisa memberikan kesan rambut bervolume volume, dengan memilih model potongan rambut persegi dimana pada bagian sisi kanan dan kiri dijaga tetap pendek. Untuk mempertajam aksen wajah dan menampakkan siluet lonjong di muka, pria berwajah bulat bisa memilih model rambut pendek seperti model spike.

Pria berwajah bulat tidak disarankan memilih model rambut yang terlalu pendek atau terlalu panjang (gondrong hingga sebahu). Sebab model tersebut justru akan memperjelas bentuk wahah yang bulat.

Beberapa model rambut pria yang disarankan untuk dipilih pria berwajah bulat adalah model undercut, slicked back, dan poni samping.

  • Model Rambut Undercut

gambar-model-rambut-pria-undercut-untuk-wajah-bulat
sumber: https://manbeauty24.com

Ciri potongan rambut model undercut ditandai dengan tidak adanya degradasi pada potongan rambut. Ciri utamanya terletak pada potongan rambut yang mempunyai panjang yang sama.

Banyak orang yang salah dalam mengidentidikasi model rambut undercut sebab terdapat kemiripan dengan model rambut quiff dan pompadour. Ciri model quiff dan pompadour terletak pada adanya degradasi rambut di bagian tengkuk dan semakin menebal pada bagian atas rambut.

  • Model Rambut Poni

gambar-model-rambut-pria-wajah-bulat-fringe-bangs-poni-
sumber: https://www.menshairstyletrends.com

Gaya rambut model poni pasti sudah tidak asing lagi bagi telinga anda. Dalam dunia fashion gaya rambut ini lebih dikenal dengan istilah fringe atau bangs.

Ciri model gaya rambut poni ditandai dengan adanya rambut yang cukup panjang pada bagian depan dahi.

2. Model Rambut Wajah Oval

gambar-rekomendasi-model-rambut-pria-wajah-oval
sumber: http://nordic.businessinsider.com

Pria berwajah oval mempunyai banyak kemudahan dalam menentukan gaya rambut. Jenis wajah dengan bentuk oval cenderung cocok dengan berbagai jenis model rambut.

Kelebihan bentuk wajah oval yang jarang diketahui pria adalah para wanita sangat menyukai jenis wajah dengan bentuk ini. Wanita menyukai bentuk wajah oval karena bisa memberikan kesan menjadi terlihat lebih kurus dan langsing.

Pria berwajah oval disarankan memilih model rambut pendek, seperti undercut. Namun jika ingin wajah terlihat kalem dan santai, bisa memilih model potongan yang lebih panjang.

Poni pada bagian dahi atau potongan rambut tanggung (semi panjang) pada pria berwajah oval berfungsi untuk menyamarkan bentuk dagu yang terlalu lancip. Tetapi tidak disarankan untuk mempunyai poni atau tambut tebal di bagian samping, sebab hal tersebut akan membuat wajah terlihat bulat.

Beberapa model rambut pria yang disarankan untuk dipilih pria berwajah oval adalah model spiky, classic, the mop, dan angular fringe.

  • Model Rambut Spiky

gambar-model-rambut-pria-wajah-oval-spiky
sumber: https://menhairstylesworld.com

Model spiky adalah salah satu model gaya rambut yang terpopuler dari generasi ke generasi. Walaupun sudah polpuler sejak lama, tetapi gaya ramput ini dianggap tetap fashionableI dan uptode mengikuti perkembangan zaman.

Model rambut ini sangat terkenal bagi semua kalangan masyarakat. Mulai dari yang muda hingga tua, dari yang berpfofesi masyarakat biasa hingga public figure.

Ciri khas dari gaya rambut model spiky adalah ditandai dengan potongan rambut bagian atas yang meruncing berdiri. Untuk mempermudah penataan rambut, biasanya menggunakan bantuan  hair spay, pomade, atau gel.

3. Model Rambut Wajah Lonjong

gambar-rekomendasi-model-rambut-pria-wajah-lonjong
sumber: http://nordic.businessinsider.com

Mesti harus hati-hati dan menghindari model rambut yang bisa membuat kesan wajah semakin panjang. Pria berwajah lonjong bisa dibilang cocok untuk menggunakan berbagai jenis model rambut.

Untuk menyesuaikan dengan jenis bentuk wajah, pria pemilih wajah berbentuk lonjong dapat memilih potongan rambut pendek.

Model rambut berponi tidak disarankan untuk dipilih, karena akan membuat wajah tampak bulat dan tidak proporsional. Hindari pula gaya rambut panjang ke bawah, karena akan membuat wajah terlihat semakin lonjong dan panjang.

Model gaya rambut yang disarankan untuk pria berwajah lonjong adalah model gaya rambu klasik. Model rambut klasik dengan perpaduan kedua sisi lebih pendek dimana bagian tengah dibiarkan panjang, akan sangat cocok untuk bentuk wajah anda.

Beberapa model rambut pria yang disarankan untuk dipilih pria berwajah oval adalah model klasik dan gaya rambut pendek.

  • Model Rambut Classic

gambar-model-rambut-pria-wajah-lonjong-classic
sumber: https://theidleman.com

Model rambut klasik adalah model gaya rambut yang tidak pernah lekang oleh waktu. Walau sudah tenar sejak tahun 1920, hingga kini masih banyak orang yang menggunakan model rambut ini. Bahkan sering kali digunakan sebagai pebunjang penampilan dalam acara-acara yang bersifat formal.

Ciri potongan rambut klasik lebih mengedepankan tatanan bentuk rambut yang rapi.

  • Rambut dipotong rapi pada bagian belakang,
  • Bagian samping dan belakang rambut dirapikan dengan cara ditipiskan.
  • Bagian depan rambut biasanya dipotong membentuk layer yang mudah untuk ditata.

4. Model Rambut Wajah Persegi

gambar-rekomendasi-model-rambut-pria-wajah-kotak
sumber: http://nordic.businessinsider.com

Pria pemilik jenis bentuk wajah persegi atau kotak, cocok untuk menggunakan semua gaya rambut. Wajah persegi juga akan membuat pemiliknya tampak macho atau semakin maskulin berkat bentuk rahang yang kuat dan kokoh.

Pria berwjah persegi disarankan untuk memilih model rambut yang dapat semakin menegaskan bentuk rahang dan garis dahi.

Untuk memperkuat kesan maskulin, anda bisa memilih model rambut cepat atau model rambut belah pinggir. Namun bila anda tidak ingin terlihat sangar dan ingin terlihat lebih kalem, maka samarkan bentuk rahang dan garis dahi dengan memilih potongan rambut yang lebih halus.

Model rambut faux hawk, dengan ciri gradasi rambut yang khas, akam membuat pria berwajah persegi semakin menarik. Cocok pula untuk menggunakan gaya rambut tanggung (semi panjang) atau bahkan model rambut panjang sekaligus.

Pria dengan bentuk wajah sangat tidak disarankan untuk memilih gaya rambut belah tengah atau gaya rambut tebal pada salah satu bagian sisinya. Model tersebut akan memudarkan kesan kemaskulinan pada diri anda.

Beberapa model rambut pria yang disarankan untuk dipilih pria berwajah persegi adalah model potongan rambut straight, buzzcut, dan font puff

  • Model Rambut Font Puff

gambar-model-rambut-pria-wajah-persegi-font-puff
sumber: pinterest.fr

Model rambut jenis font puff adalah jenis gaya rambut yang sering dipakai oleh orang-orang yang memiliki pengaruh terhadap lingkungan sekitarnya. Model rambut ini mempunyai ciri khas hasil potongan rambut yang berbentuk puff (rambut terlihat mengembang di bagian tengah).

Banyak wanita yang suka atau pingin selalu dekat dengan dengan pria yang bermodel rambut font puff. Potongan rambut ini, bisa memberikan kesan kepada pria yang bersangkutan terlihat sebagai orang yang bijaksana dan ramah.

5. Model Rambut Wajah Segitiga

gambar-rekomendasi-model-rambut-pria-wajah-segitiga
sumber: http://nordic.businessinsider.com

Bentuk wajah segitiga disini jangan diinterpretasikan dengan bentuk wajah yang benar-benar segitiga sebagaimana pada bangun datar. Dalam hal ini, wajah dinilai berbentuk segitiga karena bentuk rahang lebar dan sempit untuk ukuran dahinya, sehingga menyerupai bangun datar segitiga.

Model rambut yang disarankan untuk pria berwajah segitiga adalah gaya rambut yang bisa membuat dahi terkesan lebih lebar. Pilihlah gaya rambut pendek untuk mensiasati dahi anda yang sempit.

Pria berwajah segitiga tidak dianjurkan memilih gaya ramvut berponi, sebab hal tersebut akan membuat dahi anda terkesan semakin sempit. Kalau sudah terlanjur berponi, makan atur dan tata rambut agar bisa berdiri dan bervolume.

Beberapa model rambut pria yang disarankan untuk dipilih pria berwajah segitiga adalah potongan rambut model pompadour, faux hawk, dan puffy undercut.

  • Model Rambut Pompadour

gambar-model-rambut-pria-pompadour-modern
sumber: https://haircutinspiration.com

sumber: https://haircutinspiration.com

Gaya rambut model pompadour adalah model potongan rambut pria. Ciri utama gaya potongan rambut pompadour, tipis pada bagian bawah samping dan panjang serta bervolume pada bagian atasnya.

Potongan rambut model pompadour mudah dikenali dan terkesan unik. Ciri utama untuk mengidentifikasinya secara mudah adalah dengan mei=lihat bagian atas rambut yang mirip dengan bentuk jambul.

Model rambut ini juga cocok untuk digunakan oleh pria dari berbagai tingkatan umur, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Leave a Comment