Penyebab Rambut Rontok Yang Wajib Anda Ketahui

Penyebab Rambut Rontok – Rambut adalah bagian tubuh yang selalu diidentikan dengan wanita. Rambut dianggap sebagai sebuah mahkota pada diri seorang wanita. Tidak megherankan, apabila kemudian mereka rela merogoh kocek mereka cukup dalam untuk melakukan perawatan rambut. Demi mendapatkan rambut yang sehat.

Rambut sehat bukan hanya monopoli dambaan bagi wanita, kaum pria juga mengingkannya. Tampilan seorang pria akan semakin mempesona, apabila ditunjang dengan rambut lebat dan sehat.

Peluang ini pun kemudian dimanfaatkan secara maksimal oleh perusahaan kosmetik. Perusahaan kosmetik menyadari, bahwa untuk mempunyai rambut sehat dan indah bukanlah perkara mudah. Terdapat beberapa masalah yang sering terjadi pada rambut, salah satunya adalah kerontokan.

Seseorang yang mengalami rambut rontok, biasanya akan menjadi minder dan kurang percaya diri untuk tampil di muka umum. Masalah penampilan yang menjadi tidak maksimal adalah penyebabnya.

Orang yang mengalami kerontokan pada rambutnya, biasanya akan mencari berbagai cara mengatasi rambut rontok. Mereka tidak akan setengah-setengah dalam mencari soulusi rambut rontok.

Mulai dari melakukan berbagai cara merawat rambut, rutin menggunakan vitamin rambut, bahkan hingga menggunakan shampo untuk rambut rontok. Semua itu dilakukan demi mengatasi rambut rontok.

Lebih jauh lagi, masalah rambut tidak bisa dianggap sebagai sebuah hal yang sepele. Terkadang rambut rontok merupakan indikasi bahwa orang yang bersangkutan menderita penyakit tertentu.

Supaya cara mengatasi rambut rontok tersebut dapat efektif dan tepat sasaran. Patut diketahui dan dipahami terlebih dahulu, faktor-faktor penyebab rambut rontok.

Penyebab Rambut Rontok

Rambut rontok adalah suatu hal yang wajar, namun tidak boleh disepelekan. Selain bisa menjadi indikasi adanya penyakit serius dalam tubuh. Kerontokan yang dibiarkan bisa menjadi semakin parah dan menyebabkan kebotakan.

Kebotakan adalah suatu hal yang tidak diinginkan oleh mayoritas orang. Selain menyebabkan penampilan menjadi kurang maksimal. Kebotakan sering kali membuat penderitanya menjadi kurang percaya diri untuk tampil dimuka umum.

Oleh sebab itu, menjadi penting bagi kita untuk mengetahui faktor-faktor penyebab rambut rontok. Tidak lain agar bisa mengantisipasinya supaya tidak terjadi pada diri kita

1. Asupan Makanan Kurang Bergizi

Masalah asupan gizi, sering kali luput dari perhatian dalam merawat rambut. Padahal nutrisi makanan yang kita konsumsi, turut mengambil andil besar dalam hal masalah kesehatan rambut.

Gizi dalam makanan yang kita konsumsi, oleh sistem tubuh akan didistribusikan keseluruh bagian tubuh, termasuk ke bagian rambut. Gizi yang telah terdistribusikan tersebutlah yang akan menutrisi rambut.

Rambut yang kurang terpenuhi asupan gizinya, biasanya akan menjadi rapuh dan tipis. Asupan gizi yang buruk akan menjadi salah satu penyebab rambut rontok.

Maka disarankan, salah satu cara mengatasi rambut rontok adalah dengan memenuhi asupan nutrisi seimbang, baik bagi tubuh maupun rambut.

Asupan nutrisi yang kaya akan vitamin E bisa dijadikan sebagai solusinya. Khasiat vitamin E telah terbukti sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut.

Pemenuhan kebutuhan rambut akan vitamin ini bisa diperoleh dari mengkonsumsi sayuran hijau, kacang-kacangan, telur, dan sebagainya. Selain dinutrisi melalui makanan, penutrisian rambut juga bisa dilakukan dengan cara mengoleskan secara langsung vitamin E pada bagian rambut yang mengalami kerontokan.

2. Jarang Keramas Atau Terlalu Sering

Jarang keramas ternyata bisa menjadi penyebab rambut rontok. Rambut bakal mudah rontok ketika rambut dalam kondisi lembab dan berminyak akibat jarang keramas.

Selain itu, jangan salah dalam memilih shampo. Rambut berpotensi rontok ketika kulit kepala tidak cocok dengan bahan kandungan shampo. Jangan pula kemudian terlalu sering keramas atau terlalu kencang dalam menggosok kepala, karena hal ini justru merusak folikel rambut dan menyebabkan rambut rontok.

3. Perubahan Hormon

Hormon adalah senyawa yang dihasilkan oleh organ tubuh tertentu, dimana hormon tersebut kemudian akan berfungsi memaksimalkan kinerja organ bersangkutan.

Hormon sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Tetapi sering kali hormon yang dihasilkan berfluktiasi sesuai dengan kondisi tubuh. Akibatnya, kinerja tubuh pun terkadang menjadi tidak optimal dalam bekerja.

Perubahan hormon adalah salah satu penyebab rambut rontok. Hormon Dihydrotestosterone (DHT) adalah hormon yang berperan dalam proses kerontokan rambut ini.

Hormon Dihydrotestosterone dihasilkan oleh hormon progesteron. Hormon ini akan membuat rolikel rambut menyusut, sehingga mudah rontok.

Kerontokan rambut yang disebabkan oleh perubahan hormon, dalam dunia medis disebut dengan istilah alopesia androgenik. Alopesia androgenik, biasanya terjadi pada wanita yang telah melewati masa menopause dan pada pria yang berusia di atas 50 tahun.

Kerontokan rambut yang disebabkan oleh hormon Dihydrotestosterone,  biasanya akan berbeda efeknya antara wanita dan pria. Pada pria, kerontokan hanya terjadi pada bagian tertentu, sehingga garis rambut akan membentuk pola seperti huruf M. Sedangkan pada wanita, kerontokan akan terjadi secara merata.

4. Sering Terpapar Zat Kimia

Banyak orang yang tidak sadar, bahwa salah satu penyebab terjadinya kerontokan rambut adalah pengaruh paparan zat kimia. Biasanya paparan zat kimia terjadi tanpa disadari ketika meluruskan rambut atau terlalu sering mewarnai rambut.

Tidak menutup kemungkinan, paparan zat kimia terhadap rambut berasal pula dari penggunaan minyak rambut atau bahkan malah berasal dari shampo jenis tertentu. Ini bisa terjadi karena biasanya rambut kita tidak cocok dengan kandungan bahan yang ada dalam produk-produk tersebut.

5 Stres

Stes atau tekanan psikologi yang dialami oleh seseorang bisa disebabkan oleh berbagai hal. Kondisi ini biasanya akan menyebabkan diri seseorang menjadi tidak produktif, terlihat murang, kurang bergairah, bahkan bisa menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit pada tubuh.

6. Faktor Genetik

Sifat dan ciri pada diri seseorang merupakan sesuatu yang diturunkan dari pihak orang tua. Senada dengan rambut, mulai dari jenis, bentuk, dan warna rambut juga diturunkan secara genetis.

Ketika seseorang mengalami masalah kerontokan dan tetap tidak bisa sembuh walau sudah melakukan berbagai cara mengatasi rambut rontok. Disisi lain, banyak pula anggota keluarga yang juga mengalami masalah rambut. Maka penyebab rambut rontok tidak kunjung sempuh pada orang yang bersangkutan adalah akrena masalah turunan atau genetis.

7. Kondisi Kesehatan

Beberapa penelitian, menemukan bukti bahwa terjadinya kerontokan rambut bisa menjadi indikasi orang yang bersangkutan mengidap penyakit tertentu. Beberapa kondisi medis yang bisa menjadi penyebab rambut rontok adalah anemia, autoimun, dan trikotilomania.

8. Gaya Hidup

Penyebab rambut rontok yang sering kali luput dari perhatian adalah akibat lifestyle atau gaya hidup tidak sehat. Faktor gaya hidup ini meliputi asupan nutrisi dan aktivitas fisik.

Sering kali rambut tidak terpenuhi kebutuhannya untuk memperoleh nutrisi yang cukup, khususnya asupan protein, seng, dan vitamin B3. Alasan sibuk, sehingga tidak ada waktu untuk berolahraga, juga menjadi salah satu penyebab rambut rontok karena gaya hidup yang tidak sehat.

9. Kebiasaan Penataan Rambut

Penataan rambut pada jenis tertentu, ternyata bisa berdampak negatif terhadap kesehatan rambut, seperti:

  • Sasak rambut.
  • Ekstensi rambut secara intens dan lama.
  • Mengikat rambut terlalu kuat.

Mengenai mengikat rambut, sebenarnya tidak masalah apabila dilakukan secara hati-hati. Namun ketika rambut diikat secara kuat dalam intensitas yang lama dan sering, maka bisa mengakibatkan terjadinya hair traction.

Hair traction merupakan istilah yang mengggambarkan kondisi kulit kepala ketika mendapatkan tekanan. Kulit kepala yang tertekan akan menyebabkan akar rambut menjadi rapuh, akibatnya rambut menjadi mudah rontok.

10. Gangguan Kelenjar Tiriod

Gangguan kelenjar tiroid, baik hypertiroidisme maupun hypotiroidisme keduanya bisa menyebabkan rambut rontok.

Hypertiroidisme adalah kondisi dimana produksi hormon metabolisme melebihi kebutuhan. Sedangkan hypotiroidisme adalah kondisi ketika hormon terkait metabolisme tubuh tidak terproduksi secara maksimal, karena kelenjar tiroid mengalami gangguan.

11. Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

Polycystic Ovary Syndrome adalah gangguan pada tubuh wanita yang disebabkan oleh tidak seimbangnya antara hormon seks wanita dan hormon seks pria. PCOS selain berpotensi menyebabkan kista rahim, rentan terkena diabetes, dan gangguan kesuburan, PCOS juga bisa menyebabkan rambut rontok,

12. Sindrom Trichotillomania

Sindrom trichotillomania umum terjadi pada pria dan wanita. Trichotillomania adalah suatu gangguan yang terjadi karena seseorang kehilangan kontrol impuls.

Gangguan kontrol impuls ini menyebabkan seseorang tanpa sadar mencabuti rambutnya secara terus menerus. Akibatnya kulit rambut teriritasi karena dicabut paksa secara intens. Akibatnya rambut menjadi kehilangan kemampuan perlindungan alaminya, sehingga menjadi mudah rontok.

13. Penggunaan Alat Penata Rambut

Demi menunjang penampilan selalu prima. Kaum wanita rela meluangkan waktu berjam-jam untuk menata rambut, baik di salon maupun rumah.

Penataan rambut biasanya dilakukan dengan bantuan alat catok, alat keriting dan hair dryer. Padahal penggunaan alat-alat tersebut bakal berdampak buruk bagi kesehatan rambut, apabila terlalu sering dilakukan karena beberapa hal berikut:

  • Penggunaan alat catok harus didekatkan dengan kulit kepala, demi memperoleh hasl yang maksimal. Padahal, tindakan ini akan membuat rambut menjadi kering dan gampang patah.
  • Penggunaan alat keriting, mengharuskan rambut dililitkan pada alat demi diperoleh hasil sesuai yang dharapkan. Padahal tindakan ini akan mengakibatkan akar rambut tertarik, kemudian rambut menjadi pecah-pecah dan bercabang.
  • Penggunaan hair dryer atau pengering rambut dalam intensitas tinggi, akan mengakibatkan rambut cepat kering dan rambut mudah patah.

Ciri-Ciri Rambut Rontok Karena Penyakit

Penyebab rambut rontok pada umumnya adalah tidak berbahaya. Biasanya karena disebabkan oleh perubahan hormon, stres atau karena tidak cocok terhadap kandungan bahan shampo yang digunakan.

Hanya saja dalam beberapa kasus penyebab rambut rontok, ditemukan penyebab seseorang mengalamni kerontokan rambut karena menderita sebuah penyakit. Penyakit yang bisa hingga penyebabkan rambut rontok, biasanya termasuk ke dalam penyakit yang serius dan berbahaya.

Bersikap waspada, sudah seharusnya kita lakukan sedini mungkin. Sehingga apabila terjadi sesuatu, bisa segera ditangani secepatnya. Maka pengetahuan mengenai ciri-ciri rambut rontok karena penyakit sudah seharusnya kita kuasai.

  1. Kerontokan rambut diikuti penuaan kulit.
  2. Kulit kepala berketombe dan sangat gatal.
  3. Kulit kepala kurapan.
  4. Muncul bercak putih di kulit kepala dan bagian tubuh lainnya.
  5. Rambut rontok disertai rasa lemah, letih, lesu, dan lunglai (4L).
  6. Rambut rontok secara parah (mengalami kebotakan).

Penyebab Rambut Rontok Pada Wanita

Tabiat dasar wanita seluruh dunia pasti selalu ingin tampil sempurna dalam setiap kesempatan. Setiap detail penampilan pada tubuhnya, tidak akan pernah luput dari perhatian, termasuk bagian rambut.

Rambut dinilai sebagai salah satu bagian yang penting oleh wanita, karena menjadi salah satu penunjang dalam berpenampilan. Maka tidak mengherankan, wanita akan memberikan perhatian khusus demi mempunyai rambut yang sehat.

Namun terkadang para kaum wanita lupa. Mereka hanya melakukan perawatan rambut saja, tetapi lupa bahwa bebera faktor berikut juga seharusnya diperhatikan karena bisa menjadi penyebab kerontokan pada bagian rambut:

  • Faktor Genetik.
  • Efek hamil dan persalinan.
  • Gangguan emosional.
  • Gangguan hormonal, khususnya akibat gangguan pada kelenjar tiroid.
  • Menopause.
  • Penyakit autoimun akibat lupus atau diabetes.
  • Siklus pertumbuhan rambut tidak seimbang.
  • Polycystic Ovary Syndrome (PCOS).

Penyebab Rambut Rontok Pada Pria

Masalah rambut rontok, bukan hanya menjadi persoalan kaum wanita saja, tetapi juga dialami oleh pria. Mulai dari rontok yang masih dalam kategori normal atau wajar, tanpa perlu dikhawatirkan. Hingga kerontokan parah yang mengarah menjadi kebotakan.

Rambut rontok dianggap masih wajar, apabila kerontokan dalam satu hari jumlahnya kurang dari 100 helai. Berikut beberapa faktor yang sering kali menjadi penyebab kerontokan rambut pada pria.

  • Genetik
  • Efek penggunaan minyak rambut
  • Efek Samping Ketombe.
  • Hipotiroidisme.
  • Kurap atau tinea.
  • Penggunaan alat penata rambut.
  • Penggunaan pewarna rambut.
  • Psoriasis.
  • Faktor usia

Penyebab Rambut Rontok Pada Remaja

Kerontokan pada rambut selalu diidentikan dengan orang-orang yang sudah mulai memasuki usia paruh baya. Tapi ternyata, sekarang banyak pula ditemukan para remaja yang memiliki masalah rambut rontok.

Kerontokan rambut pada remaja lebih dikenal dengan istilah kerontokan dini. Masalah ini harus mendapatkan penanganan secara tepat dan tepat. Sehingga masalah rambut petak atau botak di usia produktif bisa dihindari. Berikut beberapa faktor penyebab terjadinya kerontokan dini.

  • faktor genetik
  • Efek diet ketat.
  • Gaya Hidup buruk.
  • Indikasi masalah medis serius.
  • Jamur atau infeksi kulit kepala.
  • Jarang atau terlalu sering keramas
  • Menata rambut secara berlebihan.
  • Paparan sinar matahari dan polusi berlebihan.
  • Perubahan hormon.
  • Stres.
  • Telalu banyak menggunakan produk berbahan kimia.

Penyebab Rambut Rontok Pada Anak

Pada umumnya, tidak ada perbedaan yang terlalu signifikan antara penyebab kerontokan rambut pada orang tua dengan anak-anak. Tetapi seringkali ditemukan, beberapa penyebab yang ditemukan pada pasien anak tidak ditemukan pada pasien dewasa.

  • Genetik
  • Infeksi jamur.
  • Folikel rambut rusak.
  • Kebiasaan memainkan atau bahkan mencabut rambut sendiri.
  • Stres berat, biasanya tejadi karena takut atau trauma.
  • Gangguan metabolisme karena kinerja kelenjar tiroid tidak maksimal.

Penyebab Rambut Rontok Pada Wanita Berjilbab

Mempunyai rambut sehat dan indah merupakan dambaan semua wanita, temasuk wanita berjilbab. Begitu juga masalah rambut rontok, masalah ini dialami juga oleh hampir semua wanita, temasuk wanita berjilbab.

Meskipun rambut mereka tidak diperlihatkan di muka umum. Tetapi rambut yang sehat dan indah tetap menjadi dambaan mereka. Sebab hal tersebut akan menambah kepercayaan diri mereka, kelak ketika berumah tangga.

Pada dasarnya, rambut rontok pada wanita berjilbab bukanlah suatu hal yang aneh. Rambut mereka lebih lembab dibandingkan rambut wanita pada umumnya. Tetapi ternyata, bukanlah itu penyebab utama masalah kerontokan pada rambut wanita berjilbab. Terdapat faktor lain yang sering luput dari perhatian, seperti faktor berikut:

  • Bahan jilbab kurang tepat.
  • Ciput terlalu ketat.
  • Ciput tidak menyerap keringat.
  • Kurang teratur keramas.
  • Mengenakan jilbab saat rambut basah.
  • Mengikat rambut terlalu kencang.

 

 

Leave a Comment