7+ Tempat Makan Enak di Jogja Favorit Pecinta Wisata Kuliner

7+ Tempat Makan Enak di Jogja Favorit Pecinta Wisata Kuliner

Selain dikenal sebagai kota budaya dan wisata. Jogjakarta juga memiliki beragam menu kuliner khas dengan rasa enak. Banyak sekali tempat makanan enak di Jogja yang menawarkan menu lezat dan membuat siapa saja ketagihan.

Jika dalam waktu dekat ini, anda ada agenda ke Jogjakarta atau memang sudah berencana berwisata kesana. Cobalah meluangkan waktu sejenak untuk khusus berwisata kuliner di kota gudeg ini. Berikut rekomendasi tempat makan enak di Jogja yang harus anda coba sebelum balik ke kampung halaman.

 

The House of Raminten

gambar-the-house-of-raminten-tempat-makan-enak-di-jogja

Jika anda mencari cafe atau rumah makan keluarga di Jogja. Maka The House of Raminten bisa menjadi pilihannya. Apalagi kedai 24 jam ini memiliki dekorasi interior dan eksterior khas suasana Jogja.

Meskipun menggunakan Bahasa Inggris, rumah makan unik di Jogja ini tetap menyajikan daftar menu makanan Jawa, khususnya makanan khas daerah Jogja, seperti gudeg, nasi liwet, sego kucing, rawon, pepes ikan, dan lain sebagainya.

Sebagai salah satu tempat makan enak di Jogja, the House of Raminten selalu ramai dengan kunjungan wisatawan lokal dan manca negara.

Bagi anda yang ingin makan pada waktu tengah malam, atau sekedar ingin mencoba mencicipi kuliner malam Jogja. Anda bisa mengunjungi Rumah makan The House of Raminten yang berada di Jalan Faridan uridan Noto No. 7, Gondo Kusiman, Kota Baru, Yogyakarta.

 

Kedai Rumah Makan Pohon

gambar-kedai-rumah-pohon-dewo-tempat-makan-enak-di-jogja
sumber: https://marketing.co.id

Sebagai salah satu destinasi wisata utama Indonesia, rumah makan bernuansa Keraton Yogyakarta pasti bisa dengan mudah kalian temukan saat berkunjung ke Kota Pelajar Jogja.

Namun, bila kalian ingin mencoba suasana baru. Cobalah datang ke Kedai Rumah Pohon “Mas Dewo”. Rumah makan berkonsep eco-park pertama dan satu-satunya di Jogja ini memiliki lingkungan yang sangat asri, bahkan seluruh material bahan bangunan rumah makan sengaja dibuat dari kayu dan bambu.

Suasana rumah makan semakin terasa sejuk, teduh, dan asri dengan hiasan tanaman hias dari berbagai jenis bunga mawar serta dinding daun dari tanaman hidroponik.

Hidangan utama kedai makan yang terdiri dari 6 lantai ini adalah menu seafood, terutama menu spesial ikan kakap goreng saus tiram.  Bagi kalian yang ingin mampir berkunjung, Kedai Rumah Pohon terletak di Jalan Blunyahrejo TRII/808 Jogjakarta.

 

Ayam Goreng Suhartini

gambar-ayam-goreng-suhartini-tempat-makan-enak-di-jogja
sumber: https://www.money.id

Bagi kamu para pecinta makanan dari aneka olahan ayam. Mungkin makan ayam goreng kremes dan ayam bakar adalah hal yang biasa. Tapi saat kamu berada di Jogja, sempatkan diri untuk mampir dan mencicipi kelezatan Ayam Goreng Suhartini.

Resep Ayam Goreng Suhartini sudah sangat terkenal memiliki cita rasa bumbu spesial. Tekstur daging ayam empuk dengan balutan kecap manis membuat lidah para penikmatnya pasti menjadi ketagihan. Hal tersebut kemudian menjadikan Ayam Goreng Suhartini sebagia tempat makan enak di Jogja spesialis menu ayam goreng..

Bisa dibilang, resep bumbu Ayam Goreng Suhartini masih bisa bersaing dengan resep ayam bakar Mas Mono maupun Ayam Bkar Malioboro. Bagi anda yang ingin mencoba Ayam Bakar Suhartini, lokasinya berada di Jalan Laksda Adisucipto Nomer 208.

 

Gudeg Pawon

gambar-gudeg-pawon-resep-gudeg-tempat-makan-enak-di-jogja
sumber: http://kotajogja.com

Sesuai dengan namanya, “pawon” adalah kata berbahasa Jawa yang berarti dapur. Di Warung Gudeg Pawon, kita bisa melihat langsung proses pembuatan gudeg sekaligus bersantap nasi gudeg di dapurnya.

Keunikan cara makan Gudeg Pawon inilah yang kemudian menjadi ciri khas sekaligus pembeda dari warung gudeg enak lainnya. Seperti Warung Gudeg Yu Djum Wijilan 167, Gudeg Bu Tjitro 1925, dan inovasi produk gudeg kaleng.

Sebagai salah satu tempat makan enak di jogja spesialis gudeg, warung yang baru buka tengah malam ini tidak pernah sepi calon konsumennya. Bahkan, sudah biasa para pengunjung rela antri beberapa jam sebelum warung dibuka.

Semua rela dilakukan demi bisa merasakan sepiring resep gudeg gurih dengancita rasa pas, tidak terlalu manis dan tidak terlalu pedas. Warung Gudeg Pawon beralamatkan di Jalan Janturan No.36, Warungboto, Umbulharjo. Jogjakarta, dan buka dari puluk 22.00 hingga dini hari.

 

Oseng Mercon Bu Narti

gambar-oseng-mercon-bu-Narti-tempat-makan-enak-di-jogja
sumber: http://jogja.kotamini.com

Bagi penggemar makanan pedas, selain Warung SS (Spesial Sambal) dan Lesehan Aldan, Jogja masih mempunyai oseng mercon pedas. Warung lesehan Oseng Mercon Bu Narti menyajikan menu kikil, lemak, dan balungan (tulang muda) yang diolah dengan resep bumbu super pedas.

Aneka menu masakan di warung Oseng Mercon Bu Narti memang sudah terkenal membuat lidah bergoyang dan banjir keringat. Namun bagi kamu yang punya penyakit maag atau tidak suka makanan bercitara rasa pedas, kamu tetap bisa menikmati kelezatan masakan Bu Narti kok.

Warung makan yang telah berdiri sejak 1998, juga menyediakan menu kuliner enak dari ikan lele, bebek, burung dara, dan sambel ati ampela yang tidak pedas.

Warung Oseng Mercon Bu Narti letaknya tidak jauh dari “Titik Nol KM” Jogja, tepatnya berada di Jalan K.H. Achmad Dahlan. Yogyakarta, dekat gang masuk SD Purwodiningatan.

 

Angkringan Lik Man

gambar-angkringan-lik-man-kopi-tempat-makan-enak-di-jogja
sumber: https://www.goodnewsfromindonesia.id

Banyak ungkapan yang berbunyi. “Jangan bilang pernah ke Jogja, kalau belum makan di Angkringan”. Mengapa demikian? Sebab di Jogja jumlah warung angkringan sangat banyak jumlahnya, menjamur di berbagai sudut Kota Batik Jogja.

Salah satu contoh warung angkringan terkenal dan terfenomenal di Jogja adalah warung angkringan Lik Man. Saking populernya, Angkringan Lik Man sampai memiliki banyak pelanggan setia. Apalagi lokasi warung sangat strategis, berada di sebelah Stasiun Tugu Jogja.

Selain harga menu makanan angkringan Lik Man murah, variasi menu makanannya pun sangat komplit, mulai dari sego kucing (nasi kucing), sate ayam, sate usus, sate telur puyuh, tahu, tempe, dan sate kulit.

Sedangkan untuk menu minuman, Ankringan Lik Man dikenal sebagai pioner dari sajian Kopi Joss. Kopi Joss adalah minuman kopi hitam yang dikemudian ditambahkan bara api arang ke dalam air kopi, sehingga berbunyi joss… Karena hal tersebut, Angkringan Lik Man kemudian lebih dikenal sebagia tempat makan enak di Jogja dengan menu spesial nasimkucing dan kopi joss.

 

Sate Klatak Pak Pong

gambar-sate-klatak-pak-pong-tempat-makan-enak-di-jogja
sumber: https://kokidol.blogspot.co.id

Kalian pernah mendengar kata sate klatak, belum? Sate Klatak itu bukan sate yang dibuat dari daging hewan klatak lho. Klatak sendiri adalah istilah untuk nama menu makanan sate khas Jogja.

Sate Klatak adalah menu makanan sate kambing yang dibakar menggunakan geruji ban sepeda angin. Tusuk sate dipilih menggunakan tusuk jeruji besi bukan tusuk sate bambu, dengan maksud agar daging kambing bisa matang secara merata dan sempurna.

Rahasia resep sate klatak terletak pada penggunaan bumbu sate yang hanya dibumbui dengan garam dapur dan merica saja. Tapi jangan pernah remehkan cita rasa sate klatak, meski bumbu minimalis tapi cita rasa sate klatak sangat nikmat.

Bagi kamu yang penasana ingin mencoba makan Sate Klatak Pak Pong. Kamu bisa datang ke Warung Klatak Pak Pong yang berada di Jalan Stadion Sultan Agung (Jalan Imgiri Timur Km. 7), Wonokromo, Bantul, Yogyakarta.

 

Sate Klatak Pak Bari

gambar-sate-klatak-pak-bari-tempat-makan-enak-di-jogja
sumber: https://alex-davies-ydls.squarespace.com

Kota Gudeg Jogjakarta, memang salah satu pusat kuliner enak di Indonesia. Bukan hanya nasi gudeng, tetapi juga ada menu makanan enak lainnya seperti nasi tiwul, geplek, tengkleng hohah, tengkleng gajah, jadah tempe, sate klatak, dan masih banyak lagi lainnya.

Sebagai pusat sate klatak, tentu saja pastinya terdapat banyak warung sate klatak terkenal di Jogja, seperti Sate Klatak  Pak Bari. Sebagaian dari kalian pasti sudah familier dengan warung sate kambing di Jogjakarta ini, apalagi bagi kalian pecinta film Indonesia.

Dalam box office film Indonesia terbaru, Sate Klatak Pak Bari menjadi salah satu destinasi wisata kuliner yang dikunjungi Rangga dan Cinta dalam film Ada Apa dengan Cinta 2″. Alasan inilah yang menjadi penyebab Sate Klatak Pak Bari semakin naik daun dan populer dikalangan pecinta kuliner kambing.

 

Jejamuran Resto

gambar-jejamuran-resto-resep-jamur-tempat-makan-enak-di-jogja
sumber: http://tourtravelmurahjogja.blogspot.co.id

Sesuai dengan namanya, Jejamuran adalah rumah makan yang khusus menyediakan berbagai menu makanan enak dari jamur. Tidak hanya cocok bagi para vegetarian yang mengkhususkan diri untuk tidak makan daging. Menu makanan Jejamuran juga sangat recommeded untuk kamu para pecinta daging.

Berikut beberapa jenis menu favorit di jejamuran resto, ada jamur tumis pedas, ca jamur, sate jamur, telur dadar jamur, dan puyonghai jamur. Adapun menu minuman andalah Jejamuran adalah es soda gembira. Karena hal tersebut resto ini kemudian lebih dikenal sebagia tempat makan enak di Jogja spesial jamur dan menu vegetarian.

Bagi anda yang ingin makan malam bersama keluarga sekaligus wisata edukasi di kebun jamur Jemamuran resto. Langsung saja, datang ke alamat Jejamuran di Jalan Prmaukan No. 53, Pandowoharjo, Sleman. Jejamuran buka mulai pukul 09.00 pagi hingga 21.00 malam.

 

Angkringan KR

gambar-angkringan-kr-angkringan-jogja-tempat-makan-enak-di-jogja
sumber: https://www.kompasiana.com

Kurang lengkap rasanya, kalau anda wisata kuliner di Jogjakarta namun belum pernah menjajal mencicipi makan di angkringan. Sebagai salah satu makanan rakyat Jogjakarta, anda bakal dengan mudah bisa menemukan angkringan di berbagai sudut kota.

Salah satu angkringan terbaik yang menyediakan banyak menu makanan dan minuman dengan harga murah serta tempat yang nyaman adalah angkringan KR Jogjakarta.

Sebagaimana namanya, Angkringan KR berada di depan Kantor Koran Kedaulatan Rakyat Jogjakarta atau lebih tepatnya berada di  Jalan P. Mangkubumi, Gowongan, Jetis.

Selain menyediakan menu khas angkringan seperti sate hati, aneka gorengan, dan berbagai macam nasi bungkus, Angkringan KR juga menjadi tempat yang nyaman buat nongkrong. Karena hal tersebut angkringan ini kemudian lebih dikenal sebagia tempat makan enak di Jogja spesial angkringan murah.

Angkringan yang berada di depan kantor surat kabar harian Kedaulatan Rakyat (KR) dengan jam buka mulai dari pukul 17.00 – 01.00, selalu dijadikan sebagai tempat kumpul berbagai komunitas di Jogjakarta.

Mulai dari dijadikan sebagai tempat nongkrong bersama kawan untuk menikmati malam, tempat meet up komunitas, hingga menjadi tempat diskusi seru bagi mahasiswa Jogjakarta.

 

Ayam Geprek Bu Rum

gambar-ayam-geprek-resep-geprek-tempat-makan-enak-di-jogja
sumber: https://hello-pet.com

Akhir-akhir ini, kuliner ayam geprek memang lagi naik daun dan menjadi makanan favorit para pecinta ayam goreng crispy. Sudah banyak pedagang ayam gerek yang bisa dengan mudah kita temukan di berbagai kota besar, seperti ayam geprek Bensu.

Tapi tahukan kalian, jika menu kuliner ayam geprek sebenarnya berasal dari Jogjakarta? Salah satu warung ayam geprek terkenal di Jogja adalah Warung Ayam Geprek Bu Rum yang berlokasi di Jlan Wulung Lor, Papringan, Depok.

Karena berada di lingkungan kampus, Ayam Geprek Bu Rum selalu rame dan menjadi makanan favorit mahasiswa Jogjakarta. apalagi harga ayam geprek yang ditawarkan sangat terjangkau, yakni Rp 10.000; – Rp 15.000; saja.

 

Nasi Goreng Kambing Kridosono

gambar-nasi-goreng-kambing-kridosono-tempat-makan-enak-di-jogja
sumber: http://www.info-jogja.com

Meski tempat makan Nasi Goreng Kambing Kridosono hanya berupa tenda lapak pedagang kaki lima, namun rasa Nasgor Kambing Kridosono serasa menu makanan restoran bintang 5.

Warung Nasi kambing Kridosono berlokasi di sekitar Stadion Kridosono Jogjakarta, tepatnya di Jlan Yos Sudarso, Kotabaru, Gondokusuman. Warung Nasgor Kambing Kridosono mulai buka sejak pukul 17.00 – 24.00.

Jangan pernah ragu dengan cita rasa menu nasi goreng spesial disini. Resep nasi goreng kambing yang terjaga kualitasnya menjadikan potongan daging kambing terasa tidak  berbau amis dan prengus. Karena hal tersebut warung ini kemudian lebih dikenal sebagia tempat makan enak di Jogja spesial Nasi Goreng Kambing.

Leave a Comment