7+ Kuliner Malam Jogja Paling Laris Yang Harus Kamu Coba

7+ Kuliner Malam Jogja Paling Laris Yang Harus Kamu Coba

Jelajah wisata kuliner malam Jogja- Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), selain terkenal dengan wisata alam dan budaya. Kota Yogyakarta juga terkenal dengan wisata kulinernya. Banyak ragam makanan khas daerah berselera yang bisa kita cicipi di Kota Budaya ini.

Didukung dengan pesatnya perkembangan sektor pariwisata dan sektor pendidikan. Yogyakarta menjadi tidak hanya ramai dengan wisatawan lokal dan internasional, tetapi juga menjadi pusat berkumpulnya pelajar dan mahasiswa dari berbagai pelosok negeri.

Besarnya jumlah penduduk Yogyakarta, tentu saja pasti berdampak pada tingginya permintaan kebutuhan perut. Ragam contoh makanan enak di jogja tidak pernah ada habisnya, selalu muncul menu makanan baru yang siap menggoyang lidah anda setiap bulannya.

Tidak hanya di waktu siang hari, saat malam hari pun kita tetap bisa kulineran ria dengan mudah dan aman. Mulai dari menu kuliner murah hinggga kuliner mahal, semua ada di Jogja.

Sangat jamak terjadi dan sering kita alami sendiri, setelah menghabiskan waktu dengan aktivitas di luar selama seharian penuh. Parut pasti bakal keroncongan, minta jatah untuk segera diganjal dengan makanan super yummy.

Tapi tenang saja, di Kota yang penduduknya masih menjunjung tinggi nilai budaya dan kental akan adat istiadatnya ini. Anda bisa dengan gampang menemukan beberapa tempat wisata kuliner malam Jogja dengan harga terjangakau plus memilikirasa lezat. Yuk langsung saja kita simak ulasan berikut:

 

Angkringan Jogja

gambar-angkringan-jogja-kuliner-malam-jogja-makan-enak-murah
sumber: https://explorewisata.com

Siapa yang tidak tahu dengan warung angkringan Jogja. Warung makan yang sering disebut juga dengan nama “kucingan” ini tidak hanya terkenal di Jogja, tetapi juga kondang hingga luar kota.

Angkringan Lik Man merupakan pionir sekaligus menjadi angkringan pertama di Jogjakarta. Menu istimewa Angkringan Lek Man adalah kopi joss.

Minuman kopi hitam yang diseduh dengan air panas dengan tambahan bara api arang saat disajikan ke konsumen. Manfaat arang ditambahkan sebagai campuran kopi adalah  untuk membuat kandungan kafein kopi menjadi lebih rendah.

Di Kota Jogja sendiri, sekarang telah menjamur warung angkringan yang sangat banyak jumlahnya. Beberapa diantaranya juga terkenal dan telah memiliki pelanggan setia, seperti warung Angkringan KR, Angkringan Wijilan, dan Angringan Stasiun Tugu Jogja.

Menu makanan angkringan, tidak hanya sego kucing (nasi kucing) saja. Numun juga ada aneka macam gorengan seperti bakwan jagung, tempe mendoan, tempe goreng, tempe bacem, maupun tahu bacem. Ada juga berbagai macam sate, mulai dari sate telur puyuh, sate ayam, sate usus, hingga sate kulit.

 

The House of Raminten

gambar-the-house-of-raminten-wisata-kuliner-malam-jogja-enak
sumber: http://www.anishidayah.com

Jika anda ingin mencari tempat makan malam romantis bersama pasangan, atau candle light dinner bersama kekasih. Cobalah suasana makan malam unik yang berbeda dari biasanya dengan datang ke House of Raminten.

The House of Raminten merupakan salah satu kafe di Jogja yang terkenal nyaman untuk dijadikan sebagai tempat kongkow bersama sahabat maupun sekedar kumpul dan ngobrol bersama teman.

Dekorasi tempat makan unik ini menggunakan perpaduan konsep kafe semi angkringan dengan interior dan ekserior kental nuansa Jawa. Menu makanan The House of Raminten juga unik karena berbeda dari menu kafe pada umumnya.

Mulai dari jajanan pasar jadul yang sudah mulai sulit ditemukan, hingga makanan tradisional dan berbagai macam minuman jamu disediakan di The House of Raminten. Saat menyantap hidangan, kita pun akan dihibur dengan iringan suara alat musik gamelan.

Lokasi House of Raminten berada di Jalan FM Noto No. 7 Kotabaru, Yogyakarta. Buka selama 24 jam, dengan menu favorit kafe berupa nasi kucing, nasi liwet, ayam koteka, jejamuran, dan aneka wedangan seperti wedang ronde, jamu beras kencur, es dawet, dan wedang uwuh.

 

Warung Sate Klatak

gambar-sate-klatak-wisata-kuliner-malam-jogja-enak-resep-sate
sumber: https://www.youtube.com

Mungkin bagi sebagian besar dari anda, sate ayam atau sate kambing merupakan suatu hal yang biasa, kurang istimewa. Warung yang menyediakan menu makanan olahan daging kambing pun banyak mulai dari nasi goreng kambing, gulai, tongseng dan tengkleng.

Atau anda justru pernah mencoba makan di warung tengkleng hohah atau tengkleng gajah Jogja. Tapi pernahkah anda mencoba sate klathak? Atau mungkin anda justru baru mendengarnya?

Sate klatak adalah sate daging kambing empuk, dengan rasa lezat tanpa bau amis (prengus). Bumbu sate klatak berbeda dengan resep sate pada umumnya, sebab hanya menggunakan garam dan merica sebagai tambahan bumbu penyedap rasa sate.

Cara membakar sate klatak juga berbeda, tidak dibakar menggunakan tusuk sate bambu, melainkan tusuk sate dari jeruji ban sepeda kayuh. Fungsi tusuk sate jeruji besi adalah untuk membuat daging matang merata dengan lebih cepat.

Berikut beberapa warung sate klatak terkenal di Jogja, diantaranya adalah Sate Klatak Pang Pong, Sate Klatak Pak Jede, dan Sate Klatak Pak Bari.

Khusus bagi anda penggemar film layar lebar drama Indonesia, pasti tidak asing dengan warung Sate Klatak Pak Bari. Sebab warung tersebut dijadikan sebagai salah satu lokasi syuting Film Ada Apa Dengan Cinta dimana Rangga dan Cinta menikmati wisata kuliner malam Jogja.

 

Warung Burjo

gambar-warung-burjo-gambar-burjo-wisata-kuliner-malam-jogja-enak
sumber: http://unycommunity.com

Bagi kalian orang luar Yogya, mungkin berlum tahu dan merasa asing dengan nama tersebut. Warung Burjo merupakan akronim singkatan kata dar Warung bubur kacang ijo. Tempat makan murah meriah ini sangat banyak jumlahnya di Yogya.

Namun perlu digarisbawahi, disini kamu tidak hanya bisa makan bubur kacang ijo saja lho. Terdapat banyak menu makanan sehat dan murah khas Burjo seperti nasi telor, mie goreng atau ebus telor, nasi sarden, magelangan, dan mie dok-dok.

Nasi dengan berbagai pilihan lauk bisa kita nikmati sesuai dengan selera lidah. Warung Burjo sangat mudah ditemukan di berbgai sudut kota Yogya, terutama di daerah sekitar kampus dan tempat kost-kostan. Warung Burjo termasuk ke dalam jenis kedai makan 24 jam, sehingga pas dijadikan tujuan menjajal kuliner malam Jogja.

 

Oseng-Oseng Mercon Bu Endang

gambar-oseng-mercon-wisata-kuliner-malam-jogja-cara-membuat-oseng

Kalau di dekat titik nol Jogja dan sekitar Jalan Malioboro ada lesehan Oseng-Oseng Mercon Bu Narti, maka di pusat Kota Jogja ada warung Oseng-Oseng Bu Endang. Lokasi Oseng-Oseng Bu Endang terletak sikitar 200 meter sebelah barat Mall Ambarukmo Plaza Jogja.

Harga oseng-oseng yang murah dengan cita rasa nikmat, membuat tempat ini tidak pernah sepi dari kunjungan konsumen setia. Menu makanannya juga lengkap mulai dari oseng udang, oseng pete, oseng tempe, oseng bunga pepaya, hingga nasi uduk dan gudeg. Salah satu tempat kuliner malam Jogja ini buka mulai maghrib – 01.00 WIB.

 

Nasi Campur Gejayan 

gambar-nasi-campur-gejayan-rames-demangan-wisata-kuliner-malam-jogja
sumber: http://www.caramudah.id

Nasi Campur Teri Gejayan Pak Yo atau yang oleh sebagian orang juga disebut dengan nama Nasi Rames Demangan, merupakan menu kuliner malam populer di Jogja. Apalagi udara malam Jogja yang dingin, pasti membuat lapar dan ingin menyantap makanan penghangat tubuh.

Rasa pedas dari nasi campur dijamin akan membuat kamu tidak kedinginan lagi. Kuliner malam Jogja ini sangat direkomendasi bagi kalian yang suka dengan kuliner pedas.

 

Mie Ayam Goreng Pak Min

gambar-mie-ayam-tumini-mie-enak-wisata-kuliner-malam-jogja
sumber: https://ngadem.com

Bagi penggemar mie ayam yang sedang berkunjung ke Jogja, selain warung Mie Ayam Tumini, ada juga Mie Ayam Pak Min yang siap memanjakan lidah. Disana anda bisa makan sambil duduk lesehan di temapt yang sudah disediakan.

Bumbu kuah mie ayam yang kental dan super lezat, menjadi ciri khas sekaligus pembeda dari resep mie ayam pada umumnya. Menunya juga komplit, mulai dari mie ayam pangsit, mie ayam ceker, hingga mie ayam bakso semuanya ada disini.

 

Bakmi Jawa Shibitsu

gambar-bakmi-jawa-bakmi-shibitsu-jogja-wisata-kuliner-malam-jogja
sumber: http://www.spotunik.com

Jangan kaget dengan nama bakmi yang sepertinya berbau bahasa Jepang tersebut. Resep bakmi jawa disini sama saja dengan resep bakmi jogja pada umumnya kok.

Asal penamaan Bakmi Jawa Shibitsu, konon berasal dari nama penjual sekaligus juru masak yang tuna wicara atau bisu, kemudian dipelesetkan menjadi shibitsu. Namun ada juga yang mengatakan kalau nama itu muncul karena saat kita memakan bakmi tersebut kita akan membisu karena saking lezatnya sampai tidak ada kata yang bisa keluar.

 

Gudeg Pawon

gambar-gudeg-pawon-gudeg-jogja-enak-wisata-kuliner-malam-jogja
sumber: http://ekonomi.metrotvnews.com

Kalau pada waktu pagi hari hingga sore hari ada banyak penjual gudeg enak di Jogja, seperti Gudeg Yu Djum, Gudeg Wijilan, dan Gudeg Bu Tjitro. Maka khusus pada malah hari, Gudeg Pawon menjadi legenda kuliner malam Jogja.

Keunikan Gudeg Pawon terletak pada tempat melayani sekaligus merangkap sebagai tempat makan konsumen gudeg yang berada langsung di dapur (pawon) rumah pemiliknya.

Soal rasa gudeg pawon, jangan ditanya lagi. Anda pasti akan ketagihan. Bahkan karena peminat gudeg pawon sangat banyak, kita harus rela antri berjam-jam hanya untuk menikmati seporsi gudeg. Kuliner malam Jogja ini cocok menjadi pilihan bagai anda yang kelaparan di tengah malam.

 

Bong Kopitown Jogja

gambar-bong-kopitown-jogja-wisata-kuliner-malam-jogja-makan-unik
sumber: https://www.qraved.com

Berbeda dengan tempat makan dan kafe Jogja pada umumnya yang berusaha menampilkan suasana cozy. Berwisata kuliner malam di Restoran Bong Kopitown Jogja, kamu akan suguhi tempat makan ala-ala penjara.

Lokasi Bong Kopitown Jogja berada di Jalan Sagan Kidul 4 Yogyakarta, tidak jauh dari bunderan UGM (Universitas Gajah Mada). Meski sudah buka sejak pagi, kita tetap bisa menikmati menu disana sampai dini hari.

Restoran dengan motto “The happiest prisoner on earth” ini, selalu berusaha menyediakan menu makanan yang sesuai dengan selera lidah orang Indonesia. Jika kamu ingin merasakan bagaimana rasanya dilayani oleh pelayan dengan seragam narapidana, maka datanglah ke Bong Kopitown Jogja.

 

Soto Sulung Stasiun Tugu

gambar-soto-sulung-stasiun-tugu-jogja-wisata-kuliner-malam-jogja
sumber: https://bonvoyagejogja.com

Bagi kalian penggemar makan berkuah segar, seperti soto ayam maupun soto sapi. Sudah saatnya kalian harus mencoba menjajal mencicipi Soto Sulung Stasiun Tugu Jogja, salah satu tempat makan soto enak yang ada di Jogja.

Lokasi Soto Sulung berada disekitar sekitar taman parkir stasiun Tugu Yogyakarta. Soto Sulung merupakan legenda soto di Kota Wisata ini. Makanan khas soto asli Madura ini biasanya berisi daging sapi, jeroan sapi, babat, dan usus dengan siraman kuah soto yang pekat dan gurih.

Meskipun menggunakan jerohan sapi yang terkenal sumber kolesterol tinggi. Penikmat soto sulung tetap berjubel setiap harinya, ini semua berkat resep soto sulung yang diturunkan secara turun temurun dan tetap dijaga kualitasnya.

Selain bumbu soto yang istimewa. Cara membuat soto sulung juga berbeda, daging sapi dan jeroan diolah melalui 2 kali proses pengolahan. Sehingga tekstur daging sapi empuk, dan daging tidak berbau amis dan yang penting bumbu soto meresap sempurna.

Harga Soto Sulung Stasiun Tugu dijual mulai dari Rp 7.000 – Rp 10.000, dan buka mulai jam 09.300 – 21.00 WIB.

Leave a Comment